Vaksin Booster Adalah Penguat Imun, Pahami Dulu untuk Covid 19

  • Desember 17, 2021

Belakangan istilah mengenai vaksin booster menguat, khususnya terkait pemberian vaksin Covid 19 guna menyudahi pandemi yang sudah berlangsung 2 tahun belakangan ini. Namun, masih banyak orang sendiri yang sejatinya belum paham apakah arti dari vaksin booster yang sesunguhnya. 

Sederhananya, vaksin booster adalah dosis tambahan vaksin yang memang sengaja diberikan beberapa bulan setelah seri pertama. Tidak hanya untuk vaksin Covid 19, sudah banyak vaksin booster terkait berbagai vaksin virus lainnya yang mungkin sudah diterima sedari Anda bayi atau berusia kanak-kanak, namun Anda tidak menyadarinya. Apapun jenis vaksinnya, yang jelas vaksin booster adalah cara untuk bisa meningkatkan antibodi dan memberi perlindungan maksimal bagi tubuh Anda terhadap serangan virus tertentu. Pemberian vaksin booster ini juga digiatkan karena banyak jenis vaksin yang perlindungannya menurun setelah beberapa waktu. 

Khusus untuk vaksin booster Covid 19, ada beberapa fakta yang mesti Anda pahami terlebih dahulu sebelum berniat mengajukannya ke fasilitas kesehatan tertentu. Berikut ini adalah fakta-fakta soal vaksin booster Covid 19 yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. 

Memperpanjang Perlindungan 

Sama seperti vaksin booster lainnya, vaksin booster untuk Covid 19 tentu saja ditujukan guna memperpanjang perlindungan. Dengan adanya vaksin booster, antibodi tubuh untuk menghalau virus Covid 19 diharapkan tetap terjaga. Pasalnya tanpa vaksin booster, antibodi dari level sebelumnya dinilai semakin menurun, khususnya ketika negara-negara mulai memasuki musim gugur dan musim dingin di mana artinya kasus infeksi saluran pernapasan akan kembali merebak, tidak terkecuali Covid 19. 

Dosis Ketiga 

Khusus untuk Covid 19, vaksin booster adalah suntikan yang diberikan setelah level vaksin pertama diberikan. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan level vaksin bukanlah dosis yang Anda dapatkan. Kebanyakan jenis vaksin Covid 19 memiliki level pertama yang memerlukan dua kali suntikan. Artinya ketika Anda berbicara untuk mendapatkan vaksin booster ketiga, Anda memerlukan suntikan dosis ketiga terkait vaksin tersebut. Kecuali ketika Anda memperoleh vaksin Covid 19 level pertama berjenis Johnson and Johnson, artinya Anda membutuhkan dosis kedua sebagai vaksin booster. 

 Setengah Dosis dari Level Pertama 

Beberapa jenis vaksin sudah mulai menerapkan vaksin booster. Hampir semua jenis vaksin Covid 19 menerapkan dosis untuk vaksin booster adalah setengah dari level pertama. Ini khususnya bisa didapati pada pemberian vaksin Covid 10 jenis Pfizer maupun Moderna. Artinya, Anda hanya perlu mendapatkan sekali suntikan dosis vaksin untuk bisa meningkatkan perlindungan ataupun antibodi tubuh terhadap virus Covid 19. Diharapkan dengan pemberian vaksin booster ini, risiko gejala Covid 19 yang parah dan mematikan tidak Anda jumpai dan Anda tidak harus sampai dirawat di rumah sakit, walaupun terpapar Covid 19. 

Pertimbangkan Reaksi Terdahulu 

Kebanyakan orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid 19 level pertama dianggap layak untuk menerima vaksin booster. Namun, apabila pada penyuntikan vaksin terdahulu Anda mendapatkan reaksi yang berat, seperti sesak napas ataupun nyeri otot yang parah, Anda disarankan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan bisa atau tidaknya Anda mendapatkan vaksin booster Covid 19. 

Belum Bisa Diakses Bebas 

Saat ini ketersediaan vaksin Covid 19 di dunia belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan populasi dunia. Karena alasan ini pulalah, tidak tiap orang bisa mendapatkan vaksin booster Covid 19. Saat ini, kebanyakan negara hanya memberikan vaksin booster untuk Covid 19 pada tenaga medis maupun orang-orang pekerja umum. Jadi, tidak perlu marah-marah jika Anda belum diizinkan mendapatkan vaksin booster dari fasilitas kesehatan yang berada di dekat wilayah Anda. 

*** 

Vaksin booster adalah hal yang bisa sangat mempertahankan antibodi Anda dari suatu serangan virus, tidak terkecuali virus Covid 19. Namun yang mesti dipahami, jumlah vaksin Covid 19 yang masih terbatas membuat Anda mungkin belum tersentuh untuk menjadi penerima vaksin booster yang satu ini.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*