Upaya Alami Atasi Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Upaya Alami Atasi Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

  • April 8, 2021

Ada banyak sekali organ tubuh yang tersimpan di dalam perut. Dengan begitu, tentu masalah dan kondisinya menjadi sangat kompleks. Ada banyak sekali kemungkinan masalah kesehatan yang dapat terjadi di dalam perut. Sementara sakit perut sebelah kiri bawah, mungkin, hanya satu manifestasi dari berbagai kemungkinan lain ada. 

Pada umumnya, sakit perut dianggap sebagai sakit yang biasa. Padahal jika seseorang mengalami sakit perut sebelah kiri bawah, bisa saja itu disebabkan oleh berbagai macam hal dan tentunya memiliki dampak yang juga beragam. Sehingga jika tidak ditangani segera, dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Sebelum mengunjungi dokter, kamu bisa melakukan sesuatu untuk meredakan rasa sakit perut sebelah kiri bawah yang dirasakan. Upaya ini bisa dilakukan sebagai semacam upaya melakukan pertolongan pertama. Perlu digarisbawahi, kamu perlu tetap mendatangi fasilitas kesehatan, kendati upaya alami di bawah ini berhasil meredakan sakit perut sebelah kiri bawahmu:

  • Manfaatkan air hangat

Kehangatan dapat menjadi cara terbaik untuk mengatasi rasa perut yang sakit. Seseorang yang sakit perut sebelah kiri bawah, bisa memanfaatkan air hangat untuk meredakan keluhannya. 

Kamu bisa coba mandi dengan air hangat untuk melemaskan otot perut yang menegang. Setelah mandi, kamu juga bisa menggunakan kantong pemanas dan menempelkannya di perut selama kurang lebih 20 menit dalam rangka mengompresnya. 

Rasa hangat dari kantong pemanas dapat membantu meringankan rasa mual dan sakit di perut. Jika kamu tidak memiliki alat ini, kamu bisa menggunakan botol minum yang diisi air hangat. Jangan lupa juga untuk banyak-banyak minum air hangat untuk membuat rasa nyaman di dalam perut.

  • Coba perhitungkan cuka sari apel

Cuka sari apel juga dapat mengatasi rasa sakit yang terasa di perut. Cuka sari apel dapat dimanfaatkan sebagai pereda sakit perut, termasuk sakit perut sebelah kiri bawah karena bahan ini mampu mengatasi kondisi kelebihan pati atau karbohidrat yang tidak larut dalam air. Cuka buah ini dapat membantu proses pencernaannya.

Cara memanfaatkan cuka sari apel untuk mengatasi sakit perut cukup dengan menyampurkan satu sendok cuka sari apel dengan air putih dan satu sendok teh madu, lalu minum secara perlahan.

  • Tak ada salahnya melirik daun mint

Kandungan mentol yang terdapat dalam daun mint berperan sebagai analgesik alami yang dapat mengurangi rasa perih di perut, termasuk mengurangi mual. Redakan rasa sakit perut melilit dengan meminum daun mint yang diseduh dengan air putih hangat atau teh hangat. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengisap permen mint atau mengunyah daunnya secara langsung.

  • Jahe si tanaman sejuta manfaat

Jahe merupakan salah satu rempah yang mampu mengatasi beragam masalah kesehatan, termasuk sakit perut. Caranya cukup mengunyah sedikit jahe atau memasukkan beberapa potong jahe segar ke dalam secangkir teh. Selain itu, saat ini sudah banyak tersedia produk suplemen yang mengandung jahe sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi. Namun, untuk mendapat khasiat yang maksimal, sebaiknya kamu tetap menggunakan jahe segar, ya.

Itulah beberapa upaya yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi rasa sakit perut sebelah kiri bawah yang dirasakannya. Cara di atas tentu saja tidak dapat dijadikan sebagai pertolongan utama. Kamu tetap perlu meminta bantuan dokter atau petugas medis, apalagi jika rasa sakit terlampau parah dan tak kunjung membaik.

Dikhawatirkan sakit perut sebelah kiri bawah yang kamu alami disebabkan oleh masalah medis yang parah. Jika sudah begini, kamu perlu mendapatkan pertolongan— termasuk tindakan medis yang lebih kompleks dan memadai agar dapat menyembuhkan kondisi ini.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*