Untuk Para Wanita, Waspada Gejala Kanker Vagina Ini

Untuk Para Wanita, Waspada Gejala Kanker Vagina Ini

  • Januari 20, 2021

Sesuai namanya, kanker vagina merupakan jenis kanker yang menyerang salah satu organ pada wanita, yaitu vagina. Kanker pada area vagina bisa juga disebabkan oleh kanker lainnya yang terjadi pada alat reproduksi wanita, seperti kanker serviks.

Jenis kanker ini tergolong sebagai jenis kanker yang cukup langka. Pada stadium awal, jenis kanker ini tidak menunjukkan adanya gejala signifikan. Hal ini membuat kanker jenis ini lebih sulit untuk dideteksi. 

Mewaspadai gejala kanker vagina

Dengan mengetahui apa saja gejala dari kanker vagina, Anda bisa mewaspadai tanda-tanda kanker ini. Gejala pada setiap pasien bisa saja berbeda-beda. 

Beberapa gejalanya juga serupa dengan kondisi lainnya yang menyerang vagina. Ini menjadi salah satu faktor sulitnya mendeteksi kanker jenis ini.

Berikut ini beberapa gejala kanker vagina yang perlu Anda waspadai: 

  • Massa vagina

Gejala ini ditandai dengan munculnya benjolan yang dapat Anda rasakan pada area vagina. Akan tetapi, benjolan massa pada area vagina tidak selalu menandakan kanker. Bisa saja, ada kondisi lain yang menyebabkan hal ini. 

  • Keputihan

Keputihan sebenarnya umum terjadi pada semua wanita di seluruh dunia. Akan tetapi, wujud keputihan yang tidak normal bisa menjadi pertanda kanker jenis ini.

Misalnya, apabila keputihan tampak lebih berair dari biasanya, serta bercampur dengan darah atau berbau, bisa jadi Anda menderita gejala kanker. 

  • Pendarahan abnormal

Saat Anda menderita kanker jenis ini, Anda juga akan mengalami pendarahan vagina yang tidak normal. Pendarahan ini bisa terjadi setelah melakukan hubungan seksual atau pada wanita yang sudah menopause. Gejala ini adalah gejala kanker vagina yang paling umum.

  • Perubahan urin

Gejala lainnya pada kanker jenis ini adalah perubahan wujud urin. Urin Anda mungkin berwarna kemerahan karena bercampur dengan darah. Selain itu, Anda juga bisa merasakan nyeri luar biasa ketika buang air kecil. 

  • Nyeri panggul

Nyeri ini dirasakan ketika sel kanker semakin bertumbuh dan mulai menyebar ke area-area lainnya. Nyeri yang Anda rasakan berupa tekanan pada area perut di bawah pusar.

Rasa nyeri ini bisa terjadi terus menerus maupun datang dan pergi secara berkala. Banyak penderita mengaku rasa nyeri ini disertai dengan sensasi menusuk yang tajam. 

Mengapa seseorang bisa mengalami kanker vagina?

Sebenarnya, sama seperti kebanyakan jenis kanker, jenis kanker yang satu ini juga tidak diketahui dengan pasti penyebabnya. Para ahli masih melakukan penelitian untuk mengetahui faktor penyebab dari kanker ini.

Akan tetapi, ada juga beberapa hal lain yang dipercaya bisa menyebabkan kanker, yaitu: 

  • Kanker serviks

Saat Anda menderita kanker pada organ reproduksi, seperti kanker serviks, maka sel kanker tersebut bisa menyebar dan menimbulkan kanker vagina. Hal ini juga bisa dipicu oleh perkembangan virus tertentu. 

  • Human Papilloma Virus (HPV)

Penyakit ini merupakan infeksi virus yang ditularkan melalui aktivitas seksual. HPV menjadi salah satu penyakit menular seksual yang patut diwaspadai. Berdasarkan penelitian, HPV menjadi penyebab paling umum kanker vagina. 

  • In-utero exposure to diethylstilbestrol (DES)

DES adalah obat yang diberikan kepada wanita hamil untuk mencegah keguguran. Akan tetapi, saat ini penggunaan obat ini sudah jarang dilakukan. Karena, kanker vagina menjadi efek samping utama dari DES. 

Saat merasakan adanya gejala kanker vagina, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter bisa membantu mencari tahu apa penyebabnya dan menentukan upaya pengobatan yang paling efektif.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*