TORCH Kimia Farma Cihampelas Untuk Penyakit Apa Saja?

  • Juni 29, 2021

Jika Anda adalah seorang ibu hamil, Anda perlu mendapatkan tes TORCH segera untuk mencegah terjadinya komplikasi kesehatan bagi anak dan ibu. TORCH adalah singkatan dari 4 kelompok penyakit menular yang dapat menyebabkan penyakit pada ibu hamil dan mengakibatkan cacat lahir bawaan pada bayi baru lahir, tergantung pada tahapan kehamilan kapan ibu terinfeksi penyakit ini. Tes ini adalah tes screening untuk melihat apakah ada antibodi terhadap infeksi tersebut. Konfirmasi untuk adanya infeksi yang aktif membutuhkan tes yang lebih spesifik. Tes TORCH bisa dilakukan di Kimia Farma Cihampelas

Beberapa penyakit yang dapat dideteksi lewat tes screening TORCH Kimia Farma Cihampelas di antaranya adalah:

  • Toxoplasmosis. Ini merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh parasite T. gondii yang masuk ke dalam tubuh lewat mulut. Parasit ini dapat ditemukan di kotoran kucing, serta daging yang dimasak kurang matang serta telur mentah. Bayi yang terinfeksi toxoplasmosis di dalam kandungan biasanya tidak menunjukkan gejala apapun selama beberapa tahun. Gejala, yang akan dirasakan di kemudian hari, dapat meliputi hilangnya penglihatan, keterlambatan mental, hilangnya kemampuan mendengar, dan kejang-kejang. 
  • Rubella. Juga dikenal dengan sebutan cacar Jerman, rubella adalah sebuah virus yang dapat menyebabkan ruam. Efek samping dari virus ini bersifat ringan pada anak-anak. Akan tetapi, apabila rubella menyerang janin, hal ini dapat menyebabkan cacat bawaan lahir yang serius, seperti cacat jantung, gangguan penglihatan, dan perkembangan yang tertunda. 
  • Cytomegalovirus. Cytomegalovirus, atau disingkat CMV, merupakan sebuah virus yang masuk ke dalam keluarga virus herpes. Biasanya virus ini tidak menyebabkan gejala yang parah pada orang dewasa. Namun, CMV dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, epilepsy, dan gangguan intelektual apabila menyerang bayi yang masih berada di dalam kandungan dan sedang berkembang. 
  • Herpes simplex. Virus herpes simplex biasanya akan menular dari ibu ke bayi di saluran persalinan pada saat proses persalinan berlangsung. Sangat mungkin pula bagi bayi untuk tertular virus ini saat masih berada di dalam kandungan. Infeksi dapat menyebabkan berbagai macam gangguan serius pada bayi, seperti kerusakan otak, gangguan pernapasan, dan kejang-kejang. 
  • Lain-lain. Huruf “O” dalam tes TORCH merupakan singkatan dari kata “other” yang berarti lain-lain. Dalam kategori ini, beberapa penyakit menular di antaranya adalah cacar air, virus Epstein-Barr, penyakit hepatitis B dan hepatitis C, HIV, parvovirus manusia, campak, penyakit gondok, dan sipilis. Semua penyakit tersebut di atas dapat ditularkan dari ibu ke janin pada saat proses kehamilan berlangsung ataupun saat persalinan. 

Tes screening TORCH biasanya melibatkan pengambilan sampel darah dalam jumlah sedikit. Darah tersebut akan diambil dari pembuluh darah yang berada di lengan. Anda perlu mengunjungi Kimia Farma Cihampelas dan petugas medis di sana akan mengambil darah Anda. Pertama-tama, petugas akan membersihkan daerah yang akan mendapatkan suntikan, dan menggunakan jarum suntik untuk mengambil darah. Petugas akan mengumpulkan darah di dalam tabung atau wadah kecil. Anda akan merasa adanya sensasi seperti tertusuk atau menyengat saat darah diambil, namun biasanya tidak akan ada pendarahan setelahnya. Mereka akan menempatkan plester tekanan ringan di atas daerah bekas suntikan setelah proses pengambilan darah berhasil dilakukan. Tes screening TORCH di Kimia Farma Cihampelas merupakan sebuah prosedur medis berisiko rendah dan sangat jarang menyebabkan komplikasi kesehatan. Efek samping dari prosedur ini hanya sebatas rasa nyeri di daerah bekas suntikan yang akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*