Tips supaya Terhindar dari Neuropati Radialis

  • Januari 12, 2022

Pernahkan Anda mengalami rasa sakit di pergelangan tangan hingga membuatnya sulit untuk digerakkan dan kondisi tersebut sering terjadi berulang? Bisa jadi Anda tengah mengalami neuropati radialis. Ini merupakan salah satu gangguan saraf yang terjadi di saraf radial. Saraf radial sendiri terletak di bagian bawah lengan, yang fungsinya mengontrol pergerakan dan memberikan respons sensasi di bagian lengan. 

Neuropati radialis bisa terjadi secara tiba-tiba karena cedera. Kondisi ini juga dapat menjadi akumulasi dari kebiasaan yang salah terkait pengunaan lengan Anda. Karena itulah, menjadi sangat penting untuk mengecek ulang kebiasaan-kebiasaan Anda selama ini. Bisa jadi ada kebiasaan yang tidak disadari menjadi penyebab dari penyakit tertentu, seperti penyakit neuropati radialis. 

Jadi supaya terhindar dari neuropati radilias, melakukan pencegahan dengan tidak melakukan kebiasaan yang mendukung munculnya kerusakan saraf radialis ini adalah kunci suksesnya. Berikut ini tipsnya khusus bagi Anda. 

Jangan Terbiasa Menopang Dagu

Kebiasaan menopang dagu oleh sebagian orang memang bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Namun, pose menopang dagu tidaklah besahabat bagi saraf radial Anda. Ini memberi tekanan berlebih pada bagian bawah lengan. Jika hanya sesekali, mungkin dampaknya tidak terasa. Namun, jangan menyesal jika di kemudian hari Anda terkena neuropati radialis hanya karena kebiasan menopang dagu. Jadi, mulai kurangi kebiasan itu sekarang, yuk. 

Beri Jeda di Depan Layar 

Duduk di depan layar komputer mungkin bukan tanpa tujuan. Ini sangat bisa berkaitan dengan pekerjaan Anda. Namun, cobalah untuk memberi jeda setiap 1—2 jam sekali dengan durasi istirahat sekitar 10—15 menit. Ketika duduk di depan layar, hampir bisa dipastikan bagian bawah lengan tangan Anda akan tertekan oleh meja atau posisi mengetik. Lama-kelamaan, ini bisa memicu kerusakan saraf radial. 

Perhatikan Posisi Tidur 

Tidak jarang seseorang akhirnya terdiagnosis neuropati radialis karena pola tidur yang salah selama ini. Bisa jadi Anda juga. Memang sulit mengatur pola tidur. Namun, beberapa orang yang terkena kerusakan saraf sering menopangkan kepala di tangan mereka sebelum akhirnya benar-benar terlelap. Hal inilah yang akhirnya memicu kerusakan saraf, tidak terkecuali di bagian radial. Punya kebiasaan yang sama? Mulai ubah dari sekarang demi kesehatan tangan yang terjaga sampai tua. 

Sedikit Longgarkan Jam dan Gelang 

Tekanan di pergelangan tangan bukan hanya bisa terjadi karena posisi duduk atau tidur yang salah. Tekanan di pergelangan yang memicu neuropati radialis juga dapat terpantik karena kebiasaan Anda menggunaka jam tangan ataupun gelang dengan kondisi yang terlalu ketat. Cobalah mulai sekarang untuk sedikit melonggarkan jam tangan dan gelang Anda ketika memakainya. Ini lebih aman untuk saraf radial Anda sehingga fungsi tangan tidak terganggu nantinya. 

Hindari Terburu-buru 

Punya kebiasaan terburu-buru? Mulai sekarang, cobalah untuk bersikap lebih tenang. Terburu-buru bisa meningkatkan risiko terjatuh hingga menimbulkan cedera pada tubuh Anda. Jika cedera tersebut berupa benturan cukup keras pada pergelangan tangan ataupun lengan, peluang Anda terkena neuropati radialis secara mendadak pun terbuka cukup lebar. 

Pastikan Kecukupan Cairan 

Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi. Ini merupakan sumber berbagai penyakit. Pasalnya, kondisi dehidrasi ini yang dapat memicu peradangan, tidak terkecuali di bagian tangan. Peradangan yang kerap terjadi bisa saja membuat beberapa bagian tubuh rusak, tidak terkecuali saraf di tangan Anda.

Batasi Makanan Manis

Diabetes merupakan penyakit yang bisa merusak saraf tepi. Karena itulah, penderita diabetes akan lebih mudah mengalami neuropati radialis. Untuk mencegah hal ini terjadi, mulai sekarang batasi asipan makanan manis Anda. Tujuannya supaya terhindar dari kondisi kadar gula darah tinggi sehingga kesehatan saraf radial pun lebih terjamin. 

*** 

Adagium mencegah lebih baik daripada mengobati berlaku untuk semua jenis penyakit, tidak terkecuali neuropati radialis. Jadi, lebih baik melakukan tips di atas bukan daripada harus berhadapan dengan rasa sakit akibat terkena neuropati radialis? 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*