Tips Memilih dan Merawat Brush, Tidak Sulit!

  • Mei 16, 2021

Bukan hanya produk makeup seperti lipstik, bedak, maupun perona pipi yang penting membuat hasil riasan tampak memukai. Penggunaan brush atau kuas yang tepat juga bisa sangat menentukan sukses tidaknya proses makeup Anda. 

Banyak brush yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses makeup. Namun, jangan pernah sembarangan dalam memilihnya. Jangan pernah pula menggunakannya secara asal karena berpotensi membuat makeup Anda berantakan, bahkan kulit menjadi teriritasi. 

Jadi, bagaimana cara memilih dan menggunakan brush yang tepat? Sebenarnya tidak sulit kok. Anda hanya perlu mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk benar-benar yakin bahwa pemilihan dan penggunaan kuas untuk makeup Anda sudah tepat. 

  1. Hindari Membeli Paket 

Brush untuk makeup memang banyak macamnya. Kuas untuk mengaplikasikan bedak tentu berbeda dibandingkan kuas untuk mengaplikasikan pewarna bibir ataupun eyeshadow. Anda mungkin berpikir gampang untuk membeli semua kuas tersebut secara paket. Banyak pula produsen yang menawarkan paket kuas untuk rias. Namun, sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut. Membeli kuas secara paket seperti membeli kucing dalam karung. Anda mungkin cocok dengan 1—2 brush, namun tidak untuk yang lain. Ujung-ujungnya, Anda bisa rugi karena akan banyak kuas yang tidak terpakai. 

  1. Pilih Brush dengan Bulu Alami 

Berdasarkan bahan bulunya, ada 2 jenis brush, yaitu yang berbulu alami ataupun sintetis. Brush dengan bulu alami memang lebih mahal, namun cenderung lebih lembut dan enak dipakai. Kuas model ini pun lebih tahan lama, walau memang harganya juga cenderung lebih tinggi. Banyak keluhan di mana pemakaian brush berbulu sintetis justru menyulitkan saat Anda sedang memadukannya untuk mendapatkan kulit yang mulus dan sempurna. 

  1. Perhatikan Panjang Bulu 

Anda mungkin bingung apakah brush yang hendak Anda pilih lembut untuk kulit wajah Anda dna bagus untuk diaplikasikan atau tidak. Cara termudah untuk melihat kualitas brush adalah dari panjang bulu sikatnya. Semakin panjang bulu kuas, bisa dipastikan brush tersebut lebih lembut saat digunakan. Cakupannya di wajah Anda untuk produk makeup pun akan terlihat lebih alami. 

  1. Pahami Perbedaan Kegunaan 

Banyak jenis brush dengan kegunaan yang berbeda-beda. Brush untuk mengaplikasikan bedak tidaksalah sama dengan brush untuk mengaplikasikan eyeshadow di kelopak mata Anda. Untuk itu, sangat penting memahami apa saja brush yang Anda butuhkan dan bagaimana kegunaannya. Dengan memahami perbedaan kegunaan tersebut, Anda tidak akan beli dan pemakaiannya pun bisa tepat. 

  1. Bersihkan Sesering Mungkin

Brush atau kuas riasan Anda adalah aplikator yang bisa sangat kotor. Ini karena brush dapat mengangkat semua kotoran dan minyak dari wajah Anda. Jika tidka sering dibersihkan, kotoran dan minyak yang menempel di kuas bisa mengendap kembali di kulit Anda saat Anda menggunakannya lagi. Karena itul, sangat penting untuk sesering mungkin membersihkan brush yang Anda miliki. Anda cukup menggunakan sabun dan air untuk membersihkan kuas. Biasakanlah membersihan brush saat selesai berias ataupun hendak memulai makeup. 

  1. Jangan Merendam Brush 

Jangan pernah berpikir untuk membersihkan kuas makeup Anda dengan cara merendamnya di air. Merendam brush sama saja Anda merusaknya. Soalnya ketika merendam kuas ke air, lem pada bulu kuas akan mudah memudar dan merusak bulu. Tidak hanya itu, proses merendam juga bisa merusak bagian gagang dari kuas tersebut. Jangan lupa untuk mengaplikasikan brush secara hati-hati ke kulit wajah Anda. Jangan melakukan penekanan yang berlebihan sebab tidak baik untuk kulit, sekaligus rentan merusak bulu brush.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*