Tips Memilih Baju Renang Muslimah untuk Perempuan Berhijab

  • Oktober 29, 2021

Bagi perempuan muslim, memilih baju renang tidaklah semudah memilih baju renang biasa. Sebab, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan serta kenyamanan saat dikenakan. Salah satunya adalah dapat menutup aurat. Ya, meskipun saat ini sudah cukup banyak merek yang menyediakan baju renang muslimah dengan kualitas terbaik dan dirancang menutup aurat. Namun, dalam pemilihannya tetap harus teliti. Jika Anda masih bingung harus memilih baju renang muslimah yang seperti apa, berikut tips memilih baju renang untuk perempuan berhijab.

Baju renang muslimah dirancang khusus dengan model tertutup
  1. Pilih Baju Renang yang Tidak Ketat 

Menghindari pakaian yang ketat menjadi syarat utama memilih pakaian bagi seorang muslimah. Sebab, pakaian ketat dapat membentuk lekuk tubuh yang mana hal tersebut sudah melanggar syarat memilih pakaian bagi seorang muslimah. Syarat ini juga berlaku ketika memilih baju renang. 

Pilihlah baju renang yang longgar atau tidak ketat. Tenang saja, meskipun longgar, tidak akan mengganggu gerakan saat berenang asalkan Anda memilih bahan yang tepat. 

  1. Model yang Bisa Menutupi Bagian Belakang 

Selain menghindari baju renang yang ketat, perempuan muslimah juga disarankan memilih baju renang muslimah dengan model yang bisa menutupi bagian belakang dengan baik. 

Kabar baiknya, sekarang banyak merek baju renang muslimah yang didesain panjang hingga menutupi bagian belakang, terutama atasannya atau tunik. Ada yang modelnya lurus panjang, tapi ada pula model rok rimpel yang menyatu dengan atasan. Berikut beberapa merek pakaian renang muslimah yang dirancang bisa menutupi bagian belakang. 

  • Nike – Victory Swimsuit Set
  • Speedo – S120 Women’s Swimwear
  • Nay Sportswear – Almeera Swimwear 2
  • Edora Sportswear – Kayla Swimwear
  1. Model yang Menutupi Dada

Tak hanya memilih pakaian renang yang menutupi bagian belakang saja, tapi sebaiknya juga bisa menutupi bagian dada. Apalagi ketika keluar dari kolam atau air, biasanya baju akan mengetat di tubuh, terutama bagian dada sehingga membuat Anda merasa kurang nyaman. 

Untuk menjawab permasalahan perempuan muslimah tersebut, beberapa merek ini menyediakan baju renang muslimah dengan desain rompi yang bisa menutupi bagian dada dengan baik. Alhasil, Anda bisa berenang dengan leluasa tanpa merasa kurang nyaman ketika hendak keluar dari kolam atau air. 

  • Sporte – Bolero Swimwear
  • Nay Sportswear – Khirani Swimwear 2
  • Edora Sportswear – Kayla Swimwear
  • CoreNation – ActiveDiandra Top
  1. Bahan yang Nyaman

Memilih baju renang muslimah yang terbuat dari bahan nyaman juga perlu Anda pertimbangkan. Biasanya bahan-bahan, seperti nylon, spandex, dan lycra sering digunakan dalam pembuatan baju renang. Bahan-bahan ini nyaman, lembut, ringan, dan tidak ketat saat dikenakan. 

Selain itu, ada juga baju renang yang berbahan polyester. Bahan ini anti kusut dan cepat kering karena dapat menyerap panas sehingga Anda tidak perlu khawatir masuk angin begitu keluar dari kolam renang. Kendati demikian, hal tersebut membuat baju renang yang terbuat dari bahan ini sulit menyerap keringat. 

Tak hanya itu, bagi Anda yang khawatir dengan paparan sinar matahari saat berenang, kini sudah ada baju renang muslimah yang dilengkapi dengan fitur UV protection, seperti Nike Victory Swimsuit Set dan Veilkini Sporty Full Cover SwimSuit. 

  1. Warna Gelap

Tips memilih baju renang muslimah selanjutnya adalah pilihlah warna-warna gelap, seperti hitam, navy, abu-abu, coklat, dan warna gelap lainnya. Hal ini dikarenakan warna gelap dipercaya dapat menyamarkan lekukan tubuh sehingga tidak membuat Anda risih saat memakai baju renang dan tidak menjadi pusat perhatian saat berenang. 

  1. Sesuaikan dengan Budget

Harga baju renang muslimah biasanya berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal ini tergantung dari kualitas bahan dan fitur-fitur yang ditawarkan. Namun, Anda bisa memilih baju renang muslimah yang sesuai dengan budget. Tidak perlu terlalu mahal, yang penting nyaman digunakan, tahan lama, dan sesuai dengan syarat berpakaian perempuan muslimah. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*