Tips agar Terhindar dari Bahaya Alkohol

  • Juni 17, 2020

Sama seperti hampir segala sesuatu yang ada di dunia, alkohol juga memiliki dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, alkohol bisa bermanfaat. Namun, di sisi lainnya bahaya alkohol juga tak kalah banyak.

Jika alkohol dikonsumsi (dalam bentuk minuman keras) dalam jumlah berlebihan, ia bisa menjadi sumber bencana. Apalagi jika peminumnya tidak mengonsumsi dengan bijak dan penuh tanggung jawab.

Banyak sekali tindak kriminal atau kejahatan lain dilakukan oleh mereka yang tengah dalam pengaruh alkohol. Belum lagi kecelakaan lalu lintas yang terjadi lantaran pengendaranya tidak bisa fokus setelah minum banyak alkohol.

Lantaran banyaknya bahaya dari alkohol itu sendiri, diharapkan seseorang dapat mengontrol konsumsinya. Jika perlu jangan pernah lagi dan jangan pernah sekali-kali menyentuhnya.

Berikut ini beberapa tip yang bisa dilakukan untuk menghindari keinginan atau mengurangi kecanduan akan alkohol:

  • Menjaga dan Melakukan Pola Hidup Sehat

Untuk mulai menghindari alkohol, kita bisa mulai mengubah kehidupan kita, salah satu caranya adalah menjalankan pola hidup yang sehat. Anda bisa memulai dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum minuman yang bergizi pula, seperti jus atau susu.

Selain itu lakukan olahraga dan tidur dengan teratur agar imunitas terjaga. Dengan menjaga kebiasaan yang baik akan sangat membantu mengurangi kecanduan alkohol dan bisa terhindar dari bahaya alkohol.

  • Memilih dan Menciptakan Lingkungan yang Positif

Berada di dalam lingkungan yang positif membuat orang menjadi lebih semangat dan mendapatkan aura positif. Jika psikis dan mental seseorang terjaga, tak ayal itu akan menciptakan imunitas tubuh yang kuat bagi mereka. 

Hal ini berlaku juga sebaliknya, ketika seseorang salah memilih teman atau lingkungan bergaul, bukan tidak mungkina dia akan ikut masuk ke dalam pusaran negatif. Biasanya, mereka akan merasa tidak enak jika tidak melakukan apa yang dilakukan teman-temannya.

Lingkungan positif bisa tercipta dari orang-orang yang berada di sana atau bisa juga tercipta karena berbagai hal baik yang dilakukannya, seperti mencoba berkebun bersama, menata ruangan, membuat karya, atau kegiatan bermanfaat lainnya.

  • Melakukan Kegiatan yang Bermanfaat

Cobalah untuk selalu melakukan berbagai macam kegiatan agar tubuh tetap terjaga dan pikiran tidak teralihkan ke hal negatif, termasuk alkohol. Kegiatan bisa melibatkan keluarga, teman, atau kerabat agar lebih menyenangkan.

Dengan begitu, akan sangat membantu pikiran dan hati untuk menjauhi alkohol. Dan menyadarkan diri bahwa banyak hal yang bermanfaat yang bisa dilakukan.

  • Meminta Dukungan Keluarga

Keluarga memiliki peran yang sangat besar jika ada anggota keluarganya yang memiliki ketergantungan pada alkohol. Dukungan keluarga sangat penting dalam kesembuhan seseorang pecandu.

Oleh karena itu, keluarga akan selalu menjadi tempat yang paling nyaman guna memberikan dukungan terbaik. Sehingga tidak lagi mengkonsumsi alkohol dan keluarga yang akan mengingatkan akan bahaya alkohol itu sendiri.

  • Meminta Bantuan Medis

Jika sudah melakukan berbagai macam hal positif namun masih tetap terhindar dari alkohol. Maka orang tersebut harus segera mencari bantuan medis.

Pelayanan medis akan lebih bisa menangani masalah yang terjadi pada pecandu alkohol. Ada beberapa terapi dan prosedur yang harus dilalui oleh pasien sehingga akhirnya pasien dinyatakan sembuh terhadap alkohol.

***

Jika Anda adalah salah satu orang yang ketergantungan dengan alkohol, cobalah beberapa tip di atas untuk menghindari bahaya alkohol. Kita semua tidak pernah tahu kapan alkohol yang dikonsumsi itu akan berbalik membahayakan peminumnya.

Daripada menyesal lantaran telah merasakan bahaya alkohol, lebih baik kita mencegah dan menghindarinya, bukan?

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*