Tingkatkan Kesehatan Jantung dengan Rekomendasi Olahraga Berikut Ini

  • Maret 5, 2021

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor utama seseorang terkena penyakit jantung. Padahal hal tersebut adalah sesuatu yang bisa Anda kendalikan. 

Salah satu cara meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan menjalani gaya hidup aktif, termasuk rutin berolahraga. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa orang yang tidak berolahraga dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung.

Lalu apa saja pilihan olahraga yang tepat untuk penderita penyakit jantung?

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat olahraga untuk jantung

Rajin berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung dan tubuh, antara lain:

  • Memperkuat jantung dan sistem kardiovaskular
  • Meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen
  • Meringankan gejala gagal jantung
  • Meningkatkan energi sehingga Anda tidak akan lelah meski aktivitas padat
  • Meningkatkan ketahanan tubuh
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan kekuatan otot

Rekomendasi olahraga untuk membuat jantung sehat

Agar jantung tetap sehat, para ahli merekomendasikan untuk berolahraga ringan selama minimal 150 menit per minggu. Berikut pilihan olahraga yang bisa Anda coba:

  1. Berjalan kaki

Berjalan kaki, terutama jalan cepat adalah cara yang mudah dan efektif untuk menguatkan jantung. Berjalan kaki dapat meningkatkan detak jantung dengan usaha yang minimal. 

Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Melakukan olahraga ini di minggu pagi sambil mendengarkan musik, podcast, atau olahraga bersama teman akan terasa lebih menyenangkan.

  1. Latihan beban

Bagi orang dengan berat badan berlebih, menjalani latihan beban bisa mengurangi lemak tubuh sekaligus menurunkan kolesterol LDL (jahat). Keduanya termasuk faktor risiko penyakit jantung.

Latihan beban identik dengan penggunaan alat, seperti dumbell dan barbel. Tapi melatih ketahanan menggunakan beban tubuh sendiri juga termasuk efektif. Pilihan olahraganya meliputi push up, squat, dan sit up

Menurut American College of Sports Medicine, dua hari berturut-turut dalam seminggu adalah aturan yang baik. 

  1. Berenang

Berenang tidak hanya memperkuat otot tubuh, tapi juga jantung. Berenang juga termasuk olahraga yang ramah persendian dan memungkinkan Anda menggerakkan seluruh anggota tubuh dengan tidak terlalu sakit.

  1. Yoga

Yoga bukan sekedar kegiatan untuk mendukung relaksasi, tapi juga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Yoga membantu tubuh lebih fleksibel, dan memperkuat serta mengencangkan otot.

Beberapa jenis yoga dana meningkatkan detak jantung sekaligus memberi manfaat penurunan tekanan darah tinggi.

  1. Pelatihan interval

Latihan interval berarti melakukan olahraga secara bergantian antara latihan intensitas tinggi dan periode pemulihan. Misalnya, berlari selama satu menit, dan dilanjutkan dengan berjalan selama 3 menit. Ulangi siklus tersebut. 

Latihan interval dapat meningkatkan detak jantung, membakar kalori, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

  1. Bersepeda

Bersepeda telah terbukti membuat Anda terhindar dari penyakit jantung. Dimulai dengan gerakan dari otot besar di kaki, yang membantu meningkatkan detak jantung.

Catatan

Sebelum menentukan rutinitas olahraga untuk menjaga kesehatan jantung, disarankan untuk berdiskusi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Ini untuk menentukan olahraga apa yang cocok bagi Anda, terutama untuk orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. 

Selain itu, penting untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga. Peregangan membuat otot lebih siap sehingga terhindar dari cedera saat berolahraga.

Jangan paksa tubuh Anda untuk melakukan olahraga melebihi kemampuan. Menaikkan tingkat kesulitan sedikit demi sedikit lebih baik untuk tubuh Anda. 

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait kesehatan jantung, jangan ragu untuk memulai diskusi di forum tanya jawab SehatQ. Dokter kami akan memberikan jawaban dan penjelasan sebaik mungkin agar Anda mengerti.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*