Tes Golongan Darah Anda di Kimia Farma Batam

  • September 13, 2021

Tes golongan darah dapat Anda lakukan di Kimia Farma Batam, sebelum seseorang mendapat transfusi darah dan untuk memeriksa golongan darah ibu hamil. Darah manusia memiliki penanda tertentu yang disebut antigen pada permukaan sel darah merah. Tes golongan darah juga dapat dilakukan untuk melihat apakah dua orang kemungkinan memiliki hubungan darah.

Antigen yang paling penting adalah antigen golongan darah (ABO) dan antigen Rh, yang ada (positif, +) atau tidak ada (negatif, -). Jadi dua tes golongan darah yang paling umum adalah tes ABO dan Rh.

Tes ABO

Tes ABO menunjukkan bahwa orang memiliki salah satu dari empat golongan darah: A, B, AB, atau O. Jika sel darah merah Anda memiliki:

Antigen A

Anda memiliki golongan darah A. Bagian cair darah Anda (plasma) memiliki antibodi yang menyerang darah tipe B. 

Antigen B

Anda memiliki golongan darah B. Plasma Anda memiliki antibodi yang menyerang darah tipe A. 

Antigen O

Anda memiliki golongan darah O. Plasma Anda memiliki antibodi yang menyerang darah tipe A dan tipe B. 

Antigen AB

Anda memiliki golongan darah AB. Plasma Anda tidak memiliki antibodi terhadap darah tipe A atau tipe B. 

Darah yang diterima dalam transfusi harus memiliki antigen yang sama dengan Anda (darah yang kompatibel). Jika Anda mendapatkan transfusi yang memiliki antigen berbeda (darah yang tidak kompatibel), antibodi dalam plasma Anda akan menghancurkan sel darah donor. Ini disebut reaksi transfusi, dan itu terjadi segera ketika darah yang tidak cocok ditransfusikan. Reaksi transfusi bisa ringan atau menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian.

Golongan darah O-negatif tidak memiliki antigen. Ini disebut tipe “donor universal” karena kompatibel dengan semua golongan darah. Tipe darah AB-positif disebut tipe “resipien universal” karena seseorang yang memilikinya dapat menerima darah jenis apa pun. Meskipun jenis “donor universal” dan “penerima universal” dapat digunakan untuk mengklasifikasikan darah dalam keadaan darurat, tes golongan darah selalu dilakukan untuk mencegah reaksi transfusi.

Antigen minor (selain A, B, dan Rh) yang terjadi pada sel darah merah terkadang juga dapat menyebabkan masalah. Jadi mereka juga diperiksa kecocokannya sebelum memberikan transfusi darah. Reaksi transfusi yang serius jarang terjadi saat ini karena tes golongan darah.

Tes Rh

Golongan darah Rh memeriksa antigen Rh (juga disebut faktor Rh) pada sel darah merah. Jika sel darah merah Anda:

– Memiliki antigen Rh, darah Anda Rh-positif.

– Tidak memiliki antigen Rh, darah Anda Rh-negatif.

Misalnya, jika Anda memiliki antigen A dan Rh, golongan darah Anda adalah A-positif (A+). Jika darah Anda memiliki antigen B tetapi tidak memiliki antigen Rh, golongan darah Anda adalah B-negatif (B–).

Golongan darah Rh bahkan lebih penting bagi wanita hamil. Masalah dapat terjadi ketika seorang wanita yang memiliki darah Rh-negatif menjadi hamil dengan bayi (janin) yang memiliki darah Rh-positif. Ini disebut ketidakcocokan Rh. Jika darah bayi Rh-positif bercampur dengan darah ibu Rh-negatif selama kehamilan atau persalinan, sistem kekebalan ibu membuat antibodi. Respon antibodi ini disebut sensitisasi Rh dan, tergantung kapan itu terjadi, dapat menghancurkan sel darah merah bayi.

Sensitisasi Rh umumnya tidak mempengaruhi kesehatan bayi selama kehamilan di mana sensitisasi terjadi. Tetapi kesehatan bayi dengan darah Rh-positif selama kehamilan berikutnya lebih mungkin terpengaruh. Setelah sensitisasi terjadi, bayi dapat mengalami masalah ringan hingga berat (disebut penyakit Rh atau eritroblastosis fetalis). Dalam kasus yang jarang terjadi, jika penyakit Rh tidak diobati, bayi dapat meninggal.

Tes Rh di Kimia Farma Batam dilakukan pada awal kehamilan untuk memeriksa golongan darah wanita. Jika dia Rh-negatif, dia bisa mendapatkan suntikan imunoglobulin Rh yang hampir selalu mencegah terjadinya sensitisasi. Masalah dari sensitisasi Rh telah menjadi sangat jarang sejak imunoglobulin Rh dikembangkan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*