Ternyata Manfaat Gelatin Bisa Merugikan Jika…

  • Januari 14, 2022
Manfaat gelatin untuk kesehatan

Anda sudah mengetahui manfaat gelatin bagi kesehatan seperti dapat menurunkan berat badan, menyehatkan kulit wajah dan rambut, serta menyehatkan rambut.

Anda bisa mendapatkan semua manfaat itu dari beberapa produk konsumsi seperti suplemen, jeli, agar-agar, dan puding serta kosmetik untuk perawatan wajah.

Mengenai perawatan wajah sendiri salah satu produk dari gelatin yang sering digunakan adalah masker wajah.

Masker wajah ini sendiri mempunyai manfaat bisa menambahkan kolagen baru dan mengganti kolagen yang sudah lama, dengan mendorong pertumbuhan kolagen baru.

Selain itu dalam aplikasinya, masker wajah dari gelatin mudah digunakan karena dapat bercampur dengan cairan lain serta mudah mengering.

Karena itulah, masker wajah dari gelatin sangat digemari. Namun ternyata masker ini juga mempunyai efek samping yang perlu Anda ketahui. Apa itu? Simak di bawah ini!

Menimbulkan rasa sakit

Rasa sakit umumnya ditimbulkan saat mengelupaskan masker dari kulit. Sakit yang dirasakan ini sangat besar meskipun masker gelatin yang Anda pakai itu tanpa susu atau Anda melakukannya secara tertib. Hal ini ironis karena ketika pemasangan sangat mudah namun saat pelepasan sebaliknya.

Ada kemerahan pada kulit

Selain susah dilepaskan kenyataannya masker wajah dari gelatin bisa menyebabkan kemerahan pada kulit.

Meskipun begitu kondisi ini hanya berlangsung sementara. Supaya kemerahan pada kulit ini tidak menjadi perhatian orang lain yang bisa menurunkan rasa percaya diri Anda, sebaiknya lepaskan masker saat malam hari saja.

Mengapa? Karena pada malam hari terutama sebelum tidur, Anda tentu tidak akan keluar rumah, dan malam hari juga merupakan waktu yang sangat tepat bagi kulit untuk bisa memulihkan dan meremajakan.

Menimbulkan reaksi alergi

Reaksi alergi yang ditimbulkan dari masker wajah berbahan gelatin adalah berupa dermatitis kontak.

Kondisi ini bisa berasal dari gelatin itu sendiri atau memang kulit Anda yang tidak cocok sehingga sangat sensitif.

Pada akhirnya kulit Anda menjadi merah dan gatal bahkan bisa mengelupas. Kondisi ini umumnya bisa terjadi selama lebih dari satu minggu, dan jika demikian Anda harus menemui dermatologis atau ahli kesehatan kulit.

Membuat kulit menjadi kering

Banyak orang hanya mengetahui manfaat gelatin itu sendiri pada wajah daripada efek samping yang dihasilkan.

Akibatnya, Anda akan terkejut ketika tahu masker wajah dari gelatin bisa membuat kulit Anda kering.

Timbulnya kulit kering pada wajah ini akibat pengelupasan yang sulit sehingga membuat kulit memerah.

Menyebabkan pori-pori tersumbat

Tanpa disadari masker kulit dari gelatin juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Pori-pori sendiri sangat penting bagi kulit wajah karena dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat melalui minyak yang dikandungnya.

Jika pori-pori tersumbat, akan menyebabkan penumpukan minyak yang bercampur dengan sel kulit mati sehingga menimbulkan jerawat.

Mudah terkena flek hitam

Ini akibat dari proses pengelupasan yang sulit, yang akhirnya membuatnya sensitif saat terpapar sinar matahari.

Jika pengelupasan terlalu dalam, akibatnya akan timbul flek hitam pada kulit saat terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Iritasi pada kulit kepala

Tidak hanya pada kulit wajah, kulit kepala pun bisa terkena dampak dari masker wajah berbahan gelatin.

Adapun dampak yang dirasakan itu adalah iritasi saat masker hendak dilepaskan dari wajah dan kulit kepala. Karena itu, Anda disarankan tidak menggunakan masker ini setiap hari.

Itulah beberapa dampak negatif selain manfaat gelatin bagi wajah saat digunakan sebagai masker sehingga Anda tidak perlu terkejut dan siap.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*