akilen

Tak Perlu Cemas, Atasi Infeksi Telinga dengan Akilen

  • Juni 3, 2021

Infeksi telinga bisa terjadi pada siapa saja, terlepas dari faktor usia maupun jenis kelamin. Ada banyak jenis infeksi yang bisa terjadi, dan semuanya mungkin disebabkan oleh bakteri maupun virus yang berbeda-beda. Salah satu obat yang efektif untuk mengatasinya adalah Akilen.

Obat ini merupakan obat tetes telinga untuk mengatasi infeksi. Sesuai namanya, pemakaiannya dilakukan dengan meneteskan cairan obat ke dalam telinga. 

Akilen bisa Anda dapatkan di apotek, baik melalui resep dokter maupun secara bebas. Akan lebih baik lagi jika sebelum memakainya, Anda berkonsultasi mengenai kondisi Anda kepada dokter terlebih dahulu. 

Bagaimana cara kerja Akilen?

Obat tetes mata yang satu ini mampu mengatasi masalah pada telinga berupa iritasi telinga. Secara khusus, iritasi yang diatasi adalah iritasi pada telinga tengah maupun iritasi telinga bagian luar. 

Untuk iritasi telinga tengah, area yang terkena meliputi gendang telinga. Biasanya, infeksi di gendang telinga ini bisa juga dikenali dengan keluarnya cairan berupa nanah dari telinga. 

Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi dari paparan bakteri Proteus mirabilis, Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus.

Sementara, untuk infeksi telinga bagian luar, areanya meliputi daun telinga, lubang telinga, serta saluran liang telinga. Infeksinya bisa terjadi karena bakteri Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa atau Staphylococcus aureus.

Untuk penggunaannya, dosis obat tetes telinga ini dianjurkan untuk orang dewasa dan anak-anak dengan ketentuan sebagai berikut: 

  • Dewasa sebanyak 6-10 tetes sebanyak 2 kali dalam sehari
  • Anak-anak dengan dosis yang diturunkan sesuai instruksi dari dokter

Pemakaian obat ini bisa dilakukan dalam posisi berbaring. Ketika sudah diteteskan, diamkan cairan di dalam telinga selama 10 menit. 

Anda bisa mendapatkan obat tetes telinga ini dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp76.790. Ukuran obat ini 5 ml. 

Perhatian khusus sebelum memakai Akilen

Setiap obat pasti memiliki risiko efek samping. Hal ini pun juga berlaku untuk Akilen. Penggunaannya juga bisa memicu efek samping tertentu pada sebagian orang.

Hanya saja, efek samping yang mungkin dirasakan oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh masing-masing. Umumnya, efek samping dari pemakain obat tetes telinga ini meliputi:

  • Telinga berdenging
  • Gangguan pendengaran
  • Peradangan kulit bagian atas
  • Pusing dan sakit kepala

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping di atas selama Anda memakai obat ini dengan cara yang tepat, serta sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Untuk mengurangi risiko efek samping berupa pusing dan sakit kepala, Anda bisa mencoba untuk memperbanyak istirahat serta meminum banyak cairan. Tapi, jangan minum terlalu banyak alkohol.

Apabila rasa sakit sangat parah, Anda juga bisa meminta apoteker untuk merekomendasikan obat pereda nyeri atau pereda sakit. Biasanya, efek samping berupa sakit kepala akan hilang dengan sendirinya setelah pemakaian selama kurang lebih satu minggu. 

Tapi, jika rasa sakit terus berlangsung dan justru semakin memburuk, maka konsultasikan hal tersebut dengan dokter Anda. 

Ketika akan membeli obat tetes telinga, pastikan kemasan tidak rusak dan masih tersegel. Ini penting guna memastikan originalitas serta kebersihan obat. 

Bila obat yang Anda gunakan memiliki pipet pada kemasannya, maka pastikan pipet tersebut tidak sobek, tidak retak, dan tidak kotor. Hindari juga penggunaan Akilen bersamaan dengan orang lain untuk mengurangi potensi penularan bakteri atau virus.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*