Waspadai Ciri-ciri Gangguan Medis yang Menyerang Sistem Imun

Waspadai Ciri-ciri Gangguan Medis yang Menyerang Sistem Imun

  • Desember 22, 2021

Setiap manusia memiliki sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Sistem ini bekerja dengan memberikan perlindungan terhadap tubuh, melawan bakteri, virus, serta parasit yang menyerang tubuh dan menyebabkan penyakit. 

Agar sistem kekebalan ini bekerja dengan maksimal, Anda perlu melakukan upaya perawatan mandiri guna memastikan kesehatan sistem kekebalan Anda. Ketika sistem kekebalan melemah, secara otomatis tubuh tidak dapat dilindungi secara maksimal, sehingga Anda jadi lebih mudah jatuh sakit. 

Gangguan medis pada sistem imun

Melemahnya sistem kekebalan tubuh bisa juga terjadi karena adanya kondisi medis tertentu. Sistem ini sebenarnya bekerja dengan cara yang sangat kompleks. 

Terkadang, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat sistem kekebalan tidak mampu bekerja secara maksimal tanpa diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Berikut ini beberapa kemungkinan gangguan medis yang bisa menyerang imunitas tubuh Anda. 

Defisiensi imun

Kondisi defisiensi imun terjadi ketika ada salah satu atau beberapa bagian sistem kekebalan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit karena tidak mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Defisiensi imun bisa terjadi karena berbagai faktor. Ada yang diturunkan secara genetik, tapi ada juga yang terjadi akibat obesitas serta kebiasaan mengonsumsi alkohol. 

Autoimun

Gangguan lainnya yang bisa terjadi pada sistem imun Anda adalah autoimun. Tidak seperti defisiensi imun, pada penderita autoimun, seluruh sistem kekebalan tubuh tetap bisa bekerja. 

Hanya saja, sistem kekebalan Anda tidak mampu mengenali mana jaringan yang sehat dan yang tidak, sehingga secara keliru akan menyerang sel-sel yang sebenarnya merupakan sel sehat. 

Hipersensitivitas

Ada juga gangguan lain yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh, yaitu hipersensitivitas. Dalam hipersensitivitas, sistem kekebalan tubuh Anda akan bekerja atau memunculkan reaksi yang terlalu berlebihan.

Reaksi berlebih ini akan menyebabkan kerusakan pada jaringan yang sehat sekalipun. Contohnya seperti saat sistem imun menunjukkan reaksi alergi yang sangat parah. 

Menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat

Penting bagi Anda untuk memastikan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga kesehatannya. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan, contohnya dengan: 

Beristirahat yang cukup

Tidur yang cukup bisa membantu mengembalikan kekuatan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Banyak orang yang lebih mudah sakit ketika mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup. 

Ketika Anda tidur, sistem imunitas akan bekerja dengan maksimal untuk menyerang bakteri serta virus yang menjadi sumber penyakit Anda. 

Makan makanan bergizi

Mulai sekarang, cobalah untuk berhenti mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti produk-produk daging olahan maupun makanan cepat saji. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayur, buah-buahan, biji-bijian, serta kacang-kacangan. 

Nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bisa diserap oleh tubuh dan disalurkan juga ke sistem kekebalan tubuh Anda. Ketika sistem ini mendapatkan asupan nutrisi yang memadai, sistem mampu bekerja dengan lebih baik dalam melindungi tubuh Anda. 

Biasakan olahraga

Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang rutin berolahraga, setidaknya 150 menit dalam seminggu, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Anda tidak harus langsung melakukan aktivitas olahraga yang berat.

Olahraga ringan saja sebenarnya sudah cukup membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan. Misalnya dengan berjalan kaki, bersepeda, atau jogging. 

Ingatlah bahwa sistem imun memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan tubuh Anda tetap sehat. Oleh sebab itu, terapkan gaya hidup sehat demi menjaga sistem kekebalan bekerja secara normal.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*