Wajib Tahu Ini Perbedaan Sepatu Olahraga Wanita dan Pria

Wajib Tahu Ini Perbedaan Sepatu Olahraga Wanita dan Pria

  • September 8, 2021

Melakukan olahraga lari dengan rutin dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Maka tidak heran setiap akhir pekan banyak orang meluangkan waktunya untuk olahraga lari. Lagi pula berlari tidak memerlukan alat ataupun berbayar, cukup memiliki sepatu olahraga Anda bisa lari sepuasnya.

Sepatu olahraga terbagi untuk wanita dan pria, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Namun masih banyak orang yang awam dengan perbedaan ini, mereka masih menganggap bahwa keduanya itu sama saja saat digunakan untuk berlari.

Membeli sepatu yang salah ternyata berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh. Saat digunakan untuk berlari jauh atau kencang tubuh bisa saja tiba-tiba oleng atau terjatuh. Oleh karena itu penting membeli sepatu yang tepat untuk berolahraga.

Agar tidak salah beli, berikut perbedaan sepatu olahraga wanita dan prai yang perlu kamu ketahui!

  1. Bentuk Tumit

Perbedaan ini cukup menonjol saat membeli sepatu olahraga wanita dan pria. Pada bagian tumit untuk sepatu wanita memiliki ukuran yang lebih sempit dibanding pria. Itu karena wanita memiliki karakteristik kaki berbeda-beda. Biasanya sepatu wanita memiliki fitur tambahan seperti midsole dan outsole berbahan rubber solid yang dapat terjamin kenyamanannya.

  1. Lengkungan Kaki

Anda bisa melihat perbedaan sepatu dari lengkungan kaki yang berada di antara tumit dan jari kaki. Biasanya wanita memiliki lengkung lebih daripada pria. Dari bentuk sepatu juga bisa terlihat, jika bentuknya kecil dengan lengkungan tajam maka itu adalah sepatu olahraga khusus wanita.

  1. Ruang Jari Kaki

Jari kaki wanita dengan jari kaki pria memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Wanita memiliki bentuk jari kaki panjang sedangkan pria mempunyai jari kaki yang lebar. Di bagian jari kaki sepatu Anda sudah bisa melihat perbedaan keduanya dengan jelas.

  1. Titik Tumpu Kaki

Umumnya titik tumpu kaki wanita dan pria itu berbeda. Wanita titik tumpuannya berada di tengah kaki, sedangkan pria berada di tumit kaki. Tentunya kondisi ini mempengaruhi desain sepatu olahraga khususnya pada bagian cushion dan sol. Jika diperhatikan bentuk outsole sepatu olahraga pria lebih lebar dibandingkan sepatu olahraga untuk wanita.

  1. Ukuran Kaki

Wanita memiliki ukuran kaki yang lebih kecil dari pria. Itulah kenapa sepatu wanita terlihat lebih ramping daripada sepatu olahraga pria. Pada beberapa sepatu olahraga wanita terbuat dari bahan softride rubber dan mesh upper untuk meresap keringan kaki dengan cepat.

  1. Pergelangan Kaki

Saat berolahraga coba perhatikan bagian pergelangan kaki wanita dan pria. Pergelangan kaki wanita terlihat lebih kecil sehingga bentuk kerah sepatu tidak terlalu lebar. Pria memiliki pergelangan kaki lebar bisa dilihat dari bentuk kerah sepatu yang cenderung lebih besar.

  1. Midsole

Bagian sepatu ini dibuat ringan untuk mencegah benturan atau cedera pada bagian telapak kaki wanita saat menyentuh tanah. Midsole wanita bahannya lebih lembut dan ringan dari sepatu olahraga pria.

  1. Warna

Kalau perbedaan yang satu ini sudah terlihat sangat mencolok, ya. Warna sepatu wanita rata-rata menggunakan warna soft atau merah muda untuk mencerminkan kepribadian wanita yang anggun dan lemah lembut. Sedangkan pria warna sepatu terkesan gelap dan dan netral seperti warna hitam dan putih.

Itulah perbedaan sepatu olahraga wanita dan pria yang perlu kamu tahu, biar gak salah beli lagi ya!

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*