Sel Natural Killer

  • Juni 22, 2020

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Meskipun demikian, setiap orang perlu menjaga pola hidup yang sehat untuk mengurangi risiko tersebut. Tidak hanya melalui pencegahan seperti mengkonsumsi makanan sehat, namun juga terdapat sel natural killer (NK) untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel Natural Killer?

Sel natural killer merupakan bagian dari sel darah putih yang mampu membunuh sel kanker atau sel lain yang dapat memicu risiko pada tubuh. Sel natural killer juga merupakan sel yang dapat menjaga kekebalan tubuh manusia secara alami. Sel natural killer diklaim sebagai cara yang lebih efektif dibandingkan dengan terapi imun lainnya.

Penelitian Tentang Sel Natural Killer

Penelitian mengenai sel natural killer telah dikembangkan dari tahun ke tahun. Penelitian tersebut bertujuan untuk memastikan adanya stimulus sehingga tubuh manusia memiliki kemampuan untuk bertahan. Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut terkait dengan hal tersebut.

Lebih dari satu abad yang lalu, seorang ahli bedah onkologis dari New York bernama William Coley, telah menerapkan gagasan bahwa sistem kekebalan tubuh secara alami mampu melawan kanker. Konsep tersebut ditemukan setelah melihat perkembangan salah satu pasiennya yang mengalami infeksi kulit, hasilnya menunjukkan bahwa kondisinya dapat diatasi.

Dalam penelitiannya, Coley melakukan injeksi bakteri yang sudah dilemahkan untuk 1.000 pasien. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan stimulus demi bisa bertahan dari penyakit seperti kanker. Hasilnya menunjukkan bahwa kondisi pasien membaik.

Sejak saat itu, Coley disebut sebagai “father of immunotherapy” karena sukses melakukan percobaan tersebut. Meskipun demikian, masih ada beberapa celah yang tidak bisa dijelaskan bagaimana metodenya bisa membunuh sel-sel kanker atau sel-sel yang berbahaya di dalam tubuh.

Sejak saat itu, para peneliti masih mencoba menemukan potensi sel natural killer. Hal tersebut merupakan bagian yang penting untuk menjaga kondisi tubuh manusia.

Kegunaan Sel Natural Killer

Sel natural killer merupakan bagian penting dari sistem imun manusia. Sel natural killer juga merupakan turunan limfosit dan bagian dari sel darah putih yang dapat digunakan untuk membunuh sel-sel mematikan di dalam tubuh manusia. Manusia memiliki jumlah sel natural killer sebesar 10 hingga 15% dari seluruh limfosit perifer darah.

Sel natural killer memiliki cara kerja dengan memberikan respons pada mikroba intraseluler dengan cara membunuh sel yang terinfeksi dan memproduksi sitokinin sehingga makrofag bisa aktif. Sel natural killer mengandung banyak granula sitoplasma, dan di bagian permukaannya terdapat penanda yang khas.

Artinya, sel natural killer adalah bagian penting dari tubuh manusia untuk mengatasi gangguan di dalam tubuh. Gangguan tersebut bisa berupa virus, bakteri, zat radikal bebas, serta sel kanker.

Jika terdapat sel-sel abnormal di dalam tubuh, maka sel natural killer akan mengelilingi dalam tubuh dan menyerangnya. Sel natural killer bekerja sama dengan sel darah putih lainnya. Sel natural killer bersifat patogen dan hanya menyerang sel abnormal.

Sel natural killer dihasilkan di bagian sumsum tulang belakang, kelenjar timus, tonsil, dan kelenjar limpa. Pasalnya, sel natural killer menyerang sel patogen sebelum sel tersebut menyerang sel-sel yang sehat sehingga dapat memicu terjadinya infeksi di dalam tubuh manusia.

Ketika berhadapan dengan sel kanker, sel natural killer akan menyerang sel-sel abnormal sebelum menduplikasi diri secara masif. Sel kanker akan melepaskan diri dari koloni dan menyebar ke bagian organ tubuh lainnya. Karena kemampuannya, sel natural killer diklaim sebagai metode alami untuk mencegah kanker.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*