Rekomendasi Minuman Elektrolit dan Manfaatnya untuk Tubuh

  • Januari 15, 2022

Sesuai namanya, minuman elektrolit merupakan minuman yang memiliki kandungan elektrolit di dalamnya. Elektrolit adalah mineral yang menghasilkan ion ketika larut dalam darah, keringat dan urin. Elektrolit berperan untuk mengatur dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh.

Manfaat Minuman Elektrolit

Minuman elektrolit mampu mendukung kesehatan saraf, otot, tulang, jantung, dan otak. Lebih lengkapnya, minuman elektrolit memiliki manfaat seperti:

  1. Meningkatkan Performa Latihan

Minuman dengan kandungan elektrolit berperan untuk mengisi air, mineral dan energi yang hilang selama Anda berolahraga. Saat olahraga, Anda akan kehilangan 1-2 persen berat badan melalui keringat, hal tersebut mampu menurunkan kekuatan, kecepatan dan fokus. Bahkan saat Anda berkeringat dengan banyak, maka jumlah elektrolit yang hilang juga sama banyaknya. Karena itu, usahakan untuk konsumsi minuman berelektrolit setiap Anda berolahraga.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Elektrolit mampu menjaga agar sistem pencernaan bekerja sebagaimana mestinya. Kalium pada minuman elektrolit memungkinkan otot-otot di usus berkontraksi. Namun kadar kalium yang rendah mampu menghambat pencernaan yang sehat.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Elektrolit mampu mengatasi sakit kepala karena dehidrasi. Dalam sebuah penelitian menemukan jika 10% orang mengalami sakit kepala karena dehidrasi. Ini bisa disebabkan karena kehilangan air, elektrolit atau bahkan keduanya. Kadar magnesium dan natrium memainkan peranan penting untuk mengatasi sakit kepala akibat dehidrasi. Dan minuman elektrolit mampu mencegah dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala.

Rekomendasi Minuman Elektrolit

Saat berkeringat, maka Anda bisa kehilangan elektrolit. Karena itu, penting untuk mengonsumsi minuman kaya elektrolit. Berikut beberapa rekomendasinya.

  1. Air kelapa

Anda mungkin sering mendengar saran untuk minum air kelapa saat sakit. Hal itu ternyata berhubungan dengan kandungan berbagai elektrolit yang ada pada air kelapa. Air kelapa mengandung elektrolit seperti natrium, kalium, kalsium dan magnesium. Bahkan air kelapa juga rendah gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Susu

Susu sapi merupakan minuman kaya elektrolit seperti kalsium, natrium dan kalium. Bahkan dalam segelas susu memiliki kombinasi karbohidrat dan protein yang bermanfaat untuk meningkatkan perbaikan jaringan otot setelah berolahraga.

Beberapa penelitian juga menunjukkan jika susu memiliki manfaat jika Anda mengonsumsinya setelah latihan daripada minuman olahraga kemasan. Anda bisa memilih susu murni, rendah lemak atau skim.

  1. Jus Buah

Jus buah seperti semangka menyediakan 6% nilai harian untuk kalium dan magnesium serta juga memberikan elektrolit dalam jumlah kecil seperti fosfor dan kalsium. Semangka juga memiliki kandungan L-citrulline yang mampu meningkatkan aliran oksigen dan kinerja atletik.

Selain jus semangka, jus jeruk dan ceri asam juga memiliki kandungan elektrolit seperti kalium, magnesium dan fosfor. Jus buah mampu berfungsi sebagai sumber vitamin dan antioksidan.

Jika Anda berkeringat dalam waktu lama dan mencoba untuk tetap terhidrasi jangan memilih minuman yang tidak mengandung natrium karena berisiko mengalami kadar natrium yang rendah dalam darah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencampurkan jus buah dengan garam dan air.

  1. Smoothie

Smoothie merupakan minuman yang terdiri dari campuran berbagai buah hingga biji-bijian. Smoothie juga pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan minuman setelah berolahraga. Karena smoothie mampu mengganti elektrolit yang hilang serta mampu mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot terutama jika Anda menambahkan beberapa tambahan yang kaya protein.

Namun smoothie bukanlah minuman elektrolit yang tepat jika untuk dikonsumsi saat melakukan olahraga berat karena dapat membuat Anda merasa kenyang.

Anda bisa mendapatkan elektrolit yang cukup dari makanan. Namun bagi Anda yang berolahraga intens atau yang sedang sakit, minuman elektrolit bermanfaat untuk mencegah Anda mengalami dehidrasi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*