hypafix

Rekomendasi 5 Plester Elastis Selain Hypafix

  • Agustus 24, 2021

Saat Anda mengalami luka karena benturan atau goresan, plester luka Hypafix bisa dijadikan andalan karena elastis dan bahannya menyerap keringat sehingga proses penyembuhan luka berjalan lancar.

Namun ternyata Anda juga bisa menggunakan merek lain jika ternyata merek yang Anda gunakan itu tidak tersedia sama sekali.

Berikut adalah rekomendasi produk plester pembalut luka yang perlu Anda miliki.

1. Hansaplast Jumbo Elastis

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Hansaplast, merek plester terkemuka di Indonesia, dan berasal dari Jerman. Selain itu, Hansaplast adalah produk plester luka pelopor di sini.

Plester luka ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada plester luka reguler pada umumnya. Kainnya terbuat dari bahan yang cukup elastis, dan memiliki bahan berdaya rekat yang cukup berkualitas. 

Yang menarik adalah kainnya memiliki warna yang serupa dengan kulit sehingga dapat menyamar dan tidak terlihat terlalu mencolok.

Selain itu, bagian kasa plester ini memanfaatkan Teknologi Perak (Silver Technology) yang berguna sebagai antiseptik untuk luka. Keunggulan ini cocok untuk berbagai jenis kulit serta efektif menyembuhkan dan terbukti manjur.

Karena elastis, plester ini bukanlah penghalang saat beraktivitas. Anda  tetap dapat dengan mudah bergerak, termasuk untuk posisi menekuk! 

Karena itu, plester cocok sekali untuk luka di bagian sendi yang sering bergerak, seperti lutut dan siku.

2. OneMed Ultrafix 

Untuk produk asli Indonesia terdapat Onemed Ultrafix yang diproduksi oleh OneMed, salah satu brand alat kesehatan dari Surabaya, Jawa Timur.

Plester buatan OneMed ini mempunyai 5 cm x 5 m. Di dalam boksnya,  Anda akan mendapatkan satu gulungan panjang plester perekat ini. Memotong plester ini juga mudah dan rapi karena ada garis potong sebagai pemandunya.

Produk terbuat dari bahan nonwoven yang lembut, fleksibel, dan lentur dengan daya rekat yang baik. 

Karena ukurannya yang panjang, Anda perlu memotongnya sesuai kebutuhan terlebih dahulu. Yang tidak boleh dilupakan,  plester ini hanya terdiri dari perekatnya sehingga Anda perlu menyiapkan kasanya secara terpisah.

Setelah dipotong, tekuk sedikit di bagian tengahnya, dan Anda akan melihat kertas perekatnya tersobek menjadi dua. 

Kemudian sobek dan rekatkan di atas kasa perlahan. Plester luka OneMed ini mempunyai kelebihan berupa bahannya yang aman untuk kulit sensitif karena adanya perekat Polyacrylate yang Hypoallergenic dan nonlateks.

3. 3M Nexcare Bandages Waterproof Transparent

Selain untuk mengobati luka di lutut dan siku, ada juga plester luka selain Hypafix, yaitu 3M Nexcare Bandages Waterproof Transparent yang mampu mengatasi luka lecet yang ada pada muka.

Warna bening dari plester produksi Nexcare ini didapat dari bahan clear film sebagai pengganti kain di plester standar lainnya. 

Bahan ini memberikan keunggulan dari segi warna sekaligus dari ketahanannya terhadap air. Plester anti-air yang bagus ini sangat cocok juga digunakan untuk luka di tubuh yang terluka pada Anda yang mempunyai aktivitas di dunia air.

Meskipun anti air, kulit tetap dapat bernapas karena produk ini memiliki pori-pori yang menjamin mengalirnya sirkulasi udara.

Selain itu, di balik ukurannya yang mini, plester ini ternyata dapat melekat erat di kulit dengan baik. 

Bahan perekatnya merata di segala sisi membuat plester tidak mudah bergeser meskipun Anda aktif bergerak.

4. Master Plast Non Woven Adhesive Plaster

Ini adalah plester multifungsi karena dapat juga menjadi perban serbaguna yang bisa dijadikan sebagai penempel kasa.

Produknya sendiri tersedia dalam bentuk gulungan alias rol sehingga sangat siap digunakan karena lengkap dengan tape cutter yang mempermudah penggunaannya. 

Bahan plester terbuat dari non-woven yang termasuk tipis dan mudah disobek. Karena itu, cukup tarik plester kemudian sobek dengan bantuan gerigi di tape cutter, dan aplikasikan sesuai kebutuhan.

Jika dilihat secara keseluruhan plester ini memang tipis, namun dia dapat merekat dengan kuat pada kulit yang terluka. Terdapat  pori-pori yang membuat kulit tetap bisa bernapas meskipun tertutup. 

Selain itu, bahannya sudah teruji sehingga tidak menimbulkan alergi pada semua jenis kulit (Hypoallergenic).

5. Keloplast Silicone Keloid Reduction

Plester luka dari Keloplast adalah plester luka untuk dapat menghilangkan bekas luka di tubuh yang berupa keloid.

Plester ini memiliki tekstur yang lembut dan juga elastis. Berbeda dari plester lainnya, produk ini terbuat dari bahan gel silikon medis.

Supaya dapat merekat pada kulit, Keloplast dilengkapi perekat yang siap pakai. Bahan perekat ini tak hanya tahan lama, tapi juga dapat digunakan berulang kali, hingga maksimal 2 minggu lamanya. Apabila ukuran plester terlalu besar, cukup gunting saja untuk menyesuaikan kebutuhan.

Bagian paling luar dari Keloplast terbuat dari bahan waterproof sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja tanpa khawatir.

Untuk efek samping pemakaian, tidak ada sama sekali. Namun Anda hanya mendapatkan keloid yang semakin mengempis. Produk ini juga cocok digunakan bagi Anda yang baru saja menjalani operasi untuk mencegah timbulnya keloid.

Cara memilih plester luka yang tepat

Selain rekomendasi berikut cara memilih plester yang tepat

  1. Pilih yang sesuai dengan jenis luka
  2. Pilih yang sesuai dengan ukuran luka
  3. Perhatikan bahannya 

Itulah rekomendasi 5 plester luka elastis selain Hypafix yang perlu Anda miliki saat mengalami luka karena goresan atau benturan atau sehabis operasi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*