Rasa ASI Bisa Berubah-ubah, Ini Faktor Penyebabnya

Rasa ASI Bisa Berubah-ubah, Ini Faktor Penyebabnya

  • Juni 16, 2021

Tahukah Anda bawa rasa ASI bisa mengalami perubahan? Anda sendiri mungkin tidak tahu rasa dari ASI tersebut. Akan tetapi, bayi bisa merasakan apabila ada perbedaan rasa ketika menyusui.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perubahan rasa pada ASI. Ini secara khusus dipengaruhi oleh gaya hidup Anda sebagai sang ibu yang menyusui.

Hal yang mempengaruhi rasa ASI

Bayi yang sensitif bisa mendeteksi perbedaan rasa pada ASI ketika menyusui. Perubahan rasa tersebut akan mempengaruhi kondisi bayi Anda. Pengaruh ini bisa positif, namun bisa juga negatif.

Anda perlu tahu apa saja yang membuat rasa dari ASI menjadi berbeda. Berikut ini hal-hal yang mempengaruhinya:

  • Olahraga

Ketika Anda melakukan olahraga berat di tengah masa menyusui, maka ASI akan mengalami perubahan rasa. Ini terjadi karena adanya penumpukan asam laktat serta produksi keringat yang asin pada payudara. 

Karena itu, di tengah masa menyusui, sebaiknya jangan melakukan aktivitas olahraga yang terlalu berat. Pertahankan olahraga yang ringan atau sedang. 

Selain itu, sebaiknya Anda mencuci payudara terlebih dahulu sebelum menyusui bayi. Ini bisa membantu menghilangkan rasa yang asin akibat keringat. 

  • Konsumsi alkohol

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi alkohol akan mempengaruhi rasa ASI. Apalagi jika Anda menyusui bayi Anda hanya beberapa saat setelah selesai meminum minuman beralkohol.

Dibutuhkan waktu paling sedikit dua jam bagi alkohol untuk bisa meninggalkan tubuh Anda sepenuhnya. Karena itu, sebaiknya berikan jeda waktu yang cukup lama sebelum memberikan ASI usai meminum alkohol.

  • Kebiasaan merokok

Menurut penelitian, ASI yang diproduksi dari tubuh ibu menyusui yang merokok memiliki rasa yang berbeda. ASI ini cenderung memiliki bau dan rasa asap. 

Karena itu, selama masa menyusui, sang ibu sangat tidak disarankan untuk menerapkan kebiasaan merokok. Kalau Anda masih merokok, sebaiknya berikan jeda waktu sekitar dua jam setelah merokok sebelum memberikan ASI.

Ini bisa membantu meminimalisir bau dan rasa asap pada ASI. Namun, upaya ini tetap tidak bisa menetralkan rasa ASI sepenuhnya. 

  • Hormon

Hormon Anda juga akan mempengaruhi perubahan rasa pada ASI. Perubahan hormon ini bisa terjadi sebagai proses dari pulihnya tubuh setelah menstruasi atau kehamilan. 

Selama masa menstruasi, tidak masalah bagi Anda untuk menyusui. Jadi, meskipun terjadi perubahan rasa pada ASI, namun menyusui di masa menstruasi tidak menimbulkan dampak negatif bagi bayi Anda. 

  • Obat-obatan

Beberapa ibu menyusui mungkin memiliki kondisi medis tertentu yang mengharuskan untuk konsumsi obat-obatan secara rutin. Obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi perubahan rasa pada ASI Anda.

Terkadang, perubahan rasa pada ASI akibat obat-obatan dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi bayi. Akibatnya, bayi jadi tidak berselera untuk menyusui. Ini biasanya terjadi apabila Anda baru saja mengonsumsi obat tertentu.

Akan lebih baik kalau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini. Pastikan obat yang Anda gunakan tidak mempengaruhi kualitas ASI Anda. 

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi rasa pada ASI. Hal-hal di atas sebagian besar berhubungan dengan gaya hidup Anda.

Sebaiknya, selama masa menyusui, Anda membiasakan diri untuk menjalankan pola hidup sehat. Hal ini dilakukan bukan hanya demi kesehatan Anda sendiri, tapi juga kesehatan bayi Anda.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat, maka Anda bisa mempertahankan rasa ASI serta kualitasnya. Bayi Anda pun bisa menikmati ASI dengan lebih nyaman.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*