Ragam Jenis Tali Skipping untuk Olahraga di Rumah

  • Juni 25, 2021

Sebagaimana olahraga pada umumnya, olahraga lompat tali atau skipping membutuhkan peralatan olahraga yang bagus. Karena itu, sangat penting untuk memilih tali skipping dengan kualitas yang baik untuk memaksimalkan kualitas olahraga Anda.

tali skipping terbaik

Selama masa pandemi dan kebijakan untuk di rumah saja, untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap bugar, beberapa orang memilih olahraga yang ringan dan dapat dilakukan di rumah. Tidak heran, skipping menjadi salah satu pilihan yang paling diminati. Olahraga kardio ini terbilang mudah, murah, dan memberikan hasil yang signifikan. Anda cukup memiliki tali skipping dan dapat melatih otot dan badan Anda.

Tetapi, masih banyak orang yang belum tahu tali skipping juga memiliki banyak tipe. Setiap produk pun memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing. Berbeda bahan yang digunakan, beda pula kegunaannya. Ada banyak tali skipping yang dapat kamu peroleh di pasaran. Namun, tidak ada salahnya memilih yang terbaik untuk mendukung olahraga Anda.

  1. Tali kain

Tali skipping berbahan kain sangat cocok bagi pemula untuk melatih kebugaran fisik sehari-hari. Tali berbahan kain memiliki bobot yang cukup berat karena terbuat dari benang polyester, kapas, atau nylon. Sehingga membuat tali dapat lebih fleksibel saat digunakan dan mudah dilompati. Karena itu, tali skipping kain ini sering digunakan oleh anak-anak usia taman kanak-kanak hingga murid sekolah dasar. 

Tali bahan ini pun juga memungkinkan Anda untuk menguasai cara lompat tali lebih mudah. Bahan kain yang digunakan membuatnya mengurangi rasa sakit berlebih ketika tali menyentuh kaki. Bagi pemula, tali bahan kain sangat cocok untuk melatih otot atau melatih kecepatan lompat.

  1. Tali vinyl

Vinyl menjadi bahan yang sering digunakan untuk membuat tali skipping. Tali berbahan ini memiliki karakteristik yang ringan dan mudah diputar. Tali skipping berbahan vinyl juga dapat membantu mengencangkan tubuh. Anda dapat melakukan double jump dan cross jump yang memerlukan kecepatan tali. Dengan begitu, Anda dapat sekaligus melatih otot lengan. Semakin cepat lompatan yang dilakukan, semakin kuat pula otot tubuh bagian bawah.

  1. Tali manik atau plastic beads

Tali skipping dengan manik-manik atau plastic beads merupakan tali skipping yang menyenangkan. Tali ini juga sangat populer saat kompetisi lompat tali. Meski terlihat ringan, nyatanya, tali ini memiliki bobot yang lebih berat dari tali berbahan vinyl.

Bobot yang berat dari tali manik membuat tali jenis ini cocok untuk menstimulasi otot-otot tubuh bagian atas karena memberikan beban sedang saat melompat. Selain itu, tali manik menimbulkan suara saat menyentuh lantai yang dapat membantu pemula dalam menemukan ritme dan irama saat melakukan lompat tali.

Salah satu kekurangan dari tali ini adalah manik-manik plastik dapat pecah sewaktu-waktu. Dan, setelah Anda mampu menguasai lompat tali, Anda menginginkan tali yang dapat mendukung lompatan yang lebih cepat.

  1. Tali plastik

Bahan plastik menjadi sangat populer untuk tali skipping. Tali berbahan plastik memiliki karakteristik berbahan sangat tebal dan berat, bahkan bobotnya 10 kali lipat dari tali berbahan vinyl. Namun tali plastik sangat baik digunakan untuk meningkatkan kekuatan lengan dan bahu, bersamaan dengan latihan aerobik.

Tali ini biasanya dapat digunakan oleh pemula maupun profesional. Tetapi perlu diingat, kecepatan bukanlah keunggulan utama tali skipping berbahan plastik. Jika Anda pemula dengan tali plastik, Anda juga dapat memilih tali skipping yang ringan untuk menghindari cedera lengan. Meski berat, tali skipping berbahan plastik akan bertahan lama tidak seperti tali dengan manik.

  1. Tali Kabel

Terakhir, tali skipping berbahan kabel atau kawat digunakan oleh mereka yang sudah ahli berolahraga lompat tali. Tali ini menawarkan kecepatan dan sering digunakan oleh atlet lompat tali di kompetisi yang menghitung jumlah kecepatan.Terdapat dua tipe tali skipping berbahan tabel, yaitu tali dengan ketebalan kawan 4 mm dan 2,5 mm. Bagi pemula tidak disarankan menggunakan 2,5 mm karena tali akan berputar dengan sangat cepat. Ketika menggunakan tali skipping berbahan kabel memerlukan kekuatan otot bagian atas dan bawah. Sehingga, tali ini sangat cocok untuk melatih otot core.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*