Prodia Makassar, Pilihan Laboratorium untuk Skrining Hepatitis

  • Agustus 13, 2021

Hepatitis adalah penyakit hati yang terjadi akibat paparan virus. Salah satu cara untuk mendeteksi dan mendiagnosa hepatitis adalah melalui skrining. Anda bisa melakukan skrining hepatitis di laboratorium Prodia Makassar.

Laboratorium Prodia menyediakan banyak sekali layanan pemeriksaan medis. Skrining hepatitis merupakan salah satu layanan di Prodia yang bisa Anda andalkan.

Apa itu skrining hepatitis di Prodia Makassar?

Seperti yang disampaikan sebelumnya, skrining hepatitis dilakukan guna mendeteksi serta mendiagnosa kondisi hepatitis. Skrining ini mencakup berbagai rangkaian pemeriksaan untuk antibodi dan antigen hepatitis.

Perlu diketahui, antibodi dan antigen adalah dua hal yang berbeda. Antibodi merupakan protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi. Dalam hal ini, infeksi yang dimaksud adalah infeks virus penyebab hepatitis.

Sementara, antigen merupakan zat yang menyebabkan atau memicu adanya respon imun. Antigen hepatitis bisa dideteksi melalui skrining hepatitis, bahkan sebelum gejala hepatitis itu muncul.

Skrining hepatitis memungkinkan Anda untuk terdiagnosa hepatitis secara cepat. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan perawatan sedini mungkin untuk mencegah komplikasi.

Cakupan pemeriksaan skrining hepatitis

Ketika Anda melakukan skrining hepatitis di Prodia Makassar, kemungkinan besar Anda akan menjalani tes berupa:

  • Tes darah

Tes darah merupakan salah satu jenis tes yang paling umum dilakukan guna mendeteksi kondisi medis tertentu, termasuk hepatitis. Tes darah memungkinkan dokter untuk mengenali apa penyebab dari abnormalitas yang terjadi di organ hati Anda.

Selain itu, tes darah juga bisa menunjukkan virus yang menyebabkan hepatitis. Seringkali, tes darah juga dilakukan apabila Anda menderita jenis hepatitis yang lebih langka, seperti autoimun hepatitis.

  • Tes fungsi hati

Hampir serupa dengan tes darah, tes fungsi hati dilakukan dengan mengambil sampel darah Anda. Nantinya, sampel darah tersebut akan diuji di laboratorium.

Apabila hasil tes fungsi hati menunjukkan abnormalitas, maka dokter bisa mencurigai adanya kondisi medis tertentu. Abnormalitas ini dapat terlihat dari tingkat enzim yang tinggi. 

  • Ultrasonografi

Dalam beberapa kasus, skrining hepatitis juga melibatkan pemeriksaan dengan ultrasonografi. Bisa saja, Anda juga diminta untuk menjalani pemeriksaan ini ketika melakukan skrining di Prodia Makassar.

Ultrasonografi adalah alat yang menggambarkan bagian dalam organ tubuh Anda dengan mengandalkan gelombang suara. Hasil dari gambar alat ultrasonografi bisa membantu dokter untuk menganalisa organ dalam Anda secara langsung. 

Setiap laboratorium memiliki kebijakan yang berbeda dalam pelaksanaan skrining hepatitis. Anda bisa menghubungi pihak Prodia Makassar secara langsung untuk mendapatkan arahan yang lebih jelas sebelum menjalani skrining.

Kapan perlu menjalani skrining hepatitis?

Sebenarnya, skrining kesehatan sebaiknya dilakukan secara rutin. Tapi, secara khusus, skrining hepatitis sebaiknya dilakukan saat Anda mulai merasakan adanya gejala hepatitis, seerti: 

  • Penyakit kuning
  • Demam dan kelelahan
  • Hilang selera makan
  • Urin berwarna gelap
  • Mual dan muntah
  • Tinja tampak pucat saat buang air besar

Akan tetapi, skrining hepatitis juga bisa saja dilakukan oleh orang-orang yang berisiko terhadap hepatitis, meskipun tidak merasakan adanya gejala. Orang-orang tersebut meliputi orang dalam golongan faktor risiko:

  • Menderita penyakit menular seksual
  • Menjalani dialisis jangka panjang
  • Pernah melakukan kontak dengan penderita hepatitis
  • Menggunakan obat-obatan terlarang, khususnya melalui injeksi

Saat Anda merasakan adanya gejala hepatitis, Anda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda. Dokter akan memberikan arahan untuk melakukan skrining hepatitis di laboratorium klinik, sepert Prodia Makassar.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*