perbedaan primer dan pelembab

Primer atau Pelembab Dulu? Perbedaan Primer dan Pelembab

  • Februari 12, 2021

Tidak peduli apakah Anda seorang “beauty guru” atau pemula yang baru saja tertarik dalam dunia makeup dan kecantikan, ada kemungkinan Anda sudah tahu seberapa penting dalam menggunakan primer dan pelembab secara konsisten. Apabila Anda ingin memiliki wajah dengan tampilan sempurna, penggunaan kedua produk tersebut perlu dilakukan. Akan tetapi, mungkin Anda tidak tahu mana yang perlu digunakan terlebih dahulu, apakah primer atau pelembab, serta apa yang menjadi perbedaan antara primer dan pelembab. Meskipun ada keleluasaan saat Anda menggunakan produk makeup tertentu dalam rutinitas harian, hal ini berbeda dengan primer dan pelembab, karena Anda ingin menggunakan keduanya dengan cara yang tepat. Artikel ini akan membahas hal ini dengan lebih mendalam.

Apakah primer sama dengan pelembab?

Percaya atau tidak, banyak orang menganggap bahwa primer dan pelembab adalah satu produk yang sama atau masing-masing dapat mengganti fungsi penggunaan satu sama lain. Akan tetapi, faktanya, perbedaan primer dan pelembab cukup besar, dan masing-masing memiliki fungsi dan tujuan penggunaan yang tidak bisa tergantikan. Sederhananya, primer adalah sebuah produk makeup yang didesain untuk memberikan makeup Anda dasar yang rata agar aplikasi makeup lebih halus dan membuat tampilan lebih tahan lama. Cara terbaik dalam membayangkan primer adalah produk ini bertindak sebagai pembatas antara kulit dan produk makeup yang Anda pakai. Tergantung formula yang terkandung di dalam primer, produk ini dapat memberikan efek “matte” atau meningkatkan kelembaban pada kulit untuk membantu tampilan makeup terlihat lebih cemerlang.

Disisi lain, pelembab adalah sebuah produk perawatan kulit yang diformulasikan secara khusus untuk melembabkan kulit. Seperti halnya primer, pelembab hadir dengan banyak formula yang didesain secara khusus untuk jenis kulit yang berbeda. Tidak peduli apakah minyak berlebih, kulit kering, atau tampilan kulit tampak kusam yang menjadi masalah kulit wajah Anda, produk pelembab akan menyediakan nutrisi dalam jumlah yang tepat dan dapat mengatasi masalah kulit lain sekaligus.

Apa yang perlu dioleskan terlebih dahulu?

Setelah Anda mengetahui perbedaan primer dan pelembab, yang menjadi pertanyaan penting berikutnya adalah, apakah Anda harus mengoleskan primer atau pelembab terlebih dahulu? Faktanya, Anda harus selalu mengoleskan pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan primer. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan dari pelembab adalah untuk mengunci kulit Anda dengan kelembaban jangka panjang agar kulit wajah menjadi tidak kering. Apabila Anda menggunakan primer terlebih dahulu, akan ada kemungkinan kulit menjadi kering setelah beberapa saat. Karena primer tidak diformulasikan dengan khusus menyediakan kelembapan bagi kulit, hal ini akan mempengaruhi tampilan makeup Anda apabila tidak digunakan dengan cara yang tepat.

Perbedaan primer dan pelembab ada pada fungsi atau tujuan penggunaan serta kapan produk tersebut harus digunakan. Namun, kini ada pula jenis primer yang dapat memberikan kelembaban. Seperti yang disebutkan sebelumnya, primer hadir dengan berbagai formula yang menawarkan banyak manfaat. Salah satu pilihan paling populer adalah primer pelembab, yang menyediakan penawaran berbeda daripada primer tradisional yang dengan memberikan hidrasi sembari mempersiapkan kulit Anda sebelum penggunaan makeup. Primer jenis ini digunakan untuk kulit yang sangat kering yang sering memiliki masalah dengan penggunaan makeup (bercak tidak rata). Primer pelembab hadir dalam bentuk krim, cairan, atau formula minyak tergantung dengan kebutuhan dan kulit Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa primer pelembab tidak untuk menggantikan fungsi dari pelembab. Primer pelembab hanya akan memberikan kelembaban ekstra.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*