Neocate LCP untuk alergi susu sapi

Pilih Susu Formula Neocate LCP untuk Bayi yang Alergi Susu Sapi

  • September 10, 2021

Alergi merupakan bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap pemicu alergi atau biasa disebut alergen. Reaksi ini disebabkan oleh alergen yang dianggap benda asing dan berbahaya oleh tubuh. Salah satu bentuk alergi yang cukup umum terjadi pada bayi yaitu alergi susu sapi. Namun kerap kali alergi susu sapi disamakan dengan intoleransi laktosa, padahal keduanya merupakan masalah yang berbeda. Mari kenali perbedaan alergi susu sapi dengan intoleransi laktosa dan juga tips memilih alternatif susu formula seperti Neocate LCP.

Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi menjadi jenis alergi yang paling umum dialami oleh anak-anak, dimana pada penderita alergi susu sapi sistem tubuh yang tidak normal bereaksi terhadap susu dan produk makanan yang mengandung susu.

Susu sapi menjadi penyebab paling sering terhadap alergi susu. Tidak hanya susu sapi, susu kambing, susu domba, dan susu kerbau juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Gejala yang timbul akibat dari alergi susu sapi hampir sama dengan intoleransi laktosa. Yang membedakannya yaitu pada alergi susu sapi dapat menyebabkan reaksi pada bagian-bagian tubuh yang lainnya seperti sistem pernapasan dan juga kulit. Sebagai alternatif bagi bayi yang mengalami kondisi ini Anda dapat memberikan produk susu formula Neocate LCP.

Intoleransi Laktosa

Intoleran laktosa adalah kondisi dimana terdapat gangguan pada sistem pencernaan yang menyebabkan tubuh tidak mampu untuk mencerna laktosa. Laktosa merupakan sejenis karbohidrat yang umum ditemukan pada susu maupun produk susu seperti yogurt dan keju.  

Intoleran laktosa cukup umum terjadi, gejala umumnya terjadi pada usia anak-anak dan dapat berlanjut hingga dewasa, bahkan dapat semakin memburuk seiring bertambahnya usia. Pada penderita intoleran laktosa, laktosa yang tidak bisa tercerna dengan baik akan diteruskan ke usus besar, lalu dipecah oleh bakteri yang menyebabkan adanya penumpukan gas.

Perbedaan Alergi Susu Sapi dengan Intoleransi Laktosa

Sangatlah penting bagi para orang tua untuk mengetahui perbedaan alergi susu sapi dengan intoleransi laktosa. Agar dapat memberikan penanganan yang tepat.

Banyak yang mengira jika alergi susu sapi sama dengan intoleransi laktosa, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Intoleransi laktosa adalah kondisi ketika sistem pencernaan si kecil kesulitan untuk mencerna laktosa yang mana merupakan gula alami yang ditemukan didalam susu. Sedangkan alergi susu sapi terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap salah satu protein yang terkandung didalam susu.

Umumnya para penderita intoleran laktosa masih bisa mengonsumsi susu ataupun produk turunan susu seperti keju dan yogurt tanpa mengalami gejala yang berat. Namun pada penderita alergi susu sapi benar-benar harus menghindari produk-produk makanan yang berbahan dasar susu sapi. Karena pada penderita intoleran laktosa hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, sedangkan pada penderita alergi susu bisa mengancam nyawa.

Tips Memilih Alternatif Susu Formula

Alergi susu sapi memang tidak dapat disembuhkan, tetapi biasanya reaksinya bisa berkurang bahkan hingga menghilang seiring bertambahnya usia si kecil. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya reaksi alergi yaitu dengan memberikan susu formula yang tidak ada kandungan protein susu sapi.

ASI sebenarnya merupakan pilihan terbaik jika bayi anda memiliki alergi susu sapi. Namun tidak jarang ditemui kondisi Ibu yang tidak memungkinkan memberi ASI. Jika bayi Anda menderita alergi susu sapi dan Anda juga tidak dapat menyusui, Anda dapat menggunakan produk susu formula seperti Neocate LCP.

Produk Neocate LCP merupakan produk susu formula untuk bayi berusia 0-12 bulan dengan keperluan medis khusus yaitu alergi susu sapi dan juga intoleransi protein atau Hipoalergenik. Bahan dasar dari Neocate LCP yaitu asam amino non-alergenik dan juga tidak mengandung protein susu sapi. Penggunaannya juga perlu pengawasan tenaga medis.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*