22 Fakta Menarik Soal Permainan Baseball yang Mungkin Belum Kamu Tahu

22 Fakta Menarik Soal Permainan Baseball yang Mungkin Belum Kamu Tahu

  • September 8, 2021

Menyukai permainan baseball? Olahraga satu ini memang menarik, mungkin ada banyak fakta yang belum benar-benar Anda tahu. 

Baseball adalah olahraga unik yang mempertandingkan dua tim, masing-masing tim diisi 9 pemain di lapangan, tentunya dengan cadangan. Sisi unik dari baseball adalah karena poin dihitung berdasarkan pemain yang mencapai base.

Sebagai perbandingan, sepak bola atau bola basket menghitung poin dengan bola yang masuk ke gawang atau jaring. Baseball berbeda, yang dihitung adalah ketika pemain bisa berlari melewati 3 base dan kembali ke home base, itu berarti satu poin.

Nah permainan baseball ini mungkin lebih ramai dimainkan di Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara lain. Di Indonesia, baseball masih digemari, tapi tidak terlalu populer.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam soal permainan baseball. Yuk simak 22 fakta menarik soal olahraga ini!

1. Kata “baseball” pertama kali disebut dalam A Little Pretty Pocket-Book karya John Newbery.

Sekitar tahun 1744, buku anak diisi dengan syair singkat dan ilustrasi permainan baseball.

2. Sweet spot di baseball bat

Ada titik terbaik di baseball bat (tongkat baseball) untuk memukul bola, yaitu 5-7 inci dari ujung atas bat. Memukul bola di area ini meningkatkan peluang home-run.

3. Permainan baseball profesional paling cepat hanya berlangsung selama 31 menit

Ini dicatat di Amerika Serikat, salah satu panggung baseball terbesar di dunia. Ada duel antara The Winston-Salem Twins kontra Asheville Tourists, Agustus 1916.

4. Major League Baseball (MLB) tercepat berlangsung selama 51 menit

Masih di Amerika Serikat dengan liga baseball terbesar di dunia, Major League Baseball (MLB). Pertandingan tercepat hanya berjalan selama 51 menit.

5. MLB paling lama berlangsung selama 8 jam 6 menit

Duel antara Chicago White Sox kontra Milwaukee Brewers harus dituntaskan dalam waktu dua hari. Pertandingan dimulai pada 8 Mei 1984, skor imbang 3-3 setelah 17 innings, pertandingan dilanjutkan besoknya sampai 25 innings.

6. Rekor home runs terbanyak oleh satu pemain adalah 4 home run

Ada 18 pemain profesional yang pernah membungkus 4 home run di MLB Amerika Serikat.

7. Pitch paling cepat oleh wanita 111,05 km/jam

20 September 2013, Lauren Boden membuat rekor lemparan baseball tercepat hingga mencapai 111,05 km per jam.

8. Tanda tangan termahal

5 Mei 2006, Heritage Auction Galleries menjual bola baseball bertanda tangan termahal. Ada tanda tangan legenda USA, Joe DiMaggio dan istrinya saat itu, Marilyn Monroe.

9. Nomor punggung pertama

Tim pertama yang mengenakan nomor punggung dalam permainan baseball adalah New York Yankees pada tahun 1920.

10. Siapa penemu baseball?

Sulit mencari tahu sumber pertama yang melahirkan permainan baseball. Setidaknya ada dua olahraga kuno dari Inggris yang memengaruhi baseball, yakni cricket dan rounders.

11. Ada 2 versi baseball

Ada dua versi baseball yang populer di Amerika Serikat hingga Civil War (1861-1865), ada yang menggunakan softball, ada yang menggunakan hardball.

12. Baseball pernah dipertandingkan di Olimpiade

Permainan baseball masuk dalam daftar olahraga olimpiade pada tahun 1992-2008. Namun, komite olimpiade memutuskan menarik olahraga ini pada tahun 2012 lalu. Hingga kini, komunitas baseball dunia masih terus berusaha memasukkan baseball kembali jadi olahraga olimpiade.

13. Rekor pitch baseball tercepat

Pada 24 September 2010, Aroldis Chapman mencetak rekor pitch tercepat dalam sejarah baseball, yakni mencapai 169,14 km/jam. Saat itu dia bermain untuk Cincinnati Reds kontra San Diego Padres.

14. Bahan pembuat bola

Bola baseball yang digunakan di MLB cukup khas. Bola terdiri dari tiga lapis benang wol dan gulungan benang katun atau polyester yang mengelilingi gabus berlapis karet. Lalu ada kulit sapi yang menutupi perekat lateks atau lapisan karet. Lantas, ada 108 jahitan yang mengelilingi bola dengan benang katun merah.

15. Harus 108 jahitan

Lingkar bola harus mencapai 9-9,25 inci dengan berat 5-5,25 ons. Jahitan benang katun merah yang mengelilingi bola harus persis 108 jahitan.

16. Bat kayu dan bat metal

Liga baseball level top mengharuskan penggunaan wooden baseball bats alias bat dari kayu. Sedangkan untuk liga amatir atau pertandingan di level universitas, bat metal diperbolehkan.

17. Pitcher adalah pemain defensif

Sekilas pitcher tampak seperti pemain ofensif karena bertugas melempar bola. Faktanya, pitcher adalah pemain defensif yang bertugas menggugurkan batter lawan (bisa dengan strike).

18. Catcher memegang komando tim

Catcher adalah satu-satunya pemain yang menghadap ke area lapangan dari tim bertahan. Catcher adalah otak dari permainan tim.

19. First baseman paling defensif

Dalam pembagian posisi di lapangan, first baseman lebih banyak bertugas defensif karena harus bisa menangkap bola sebelum terlempar terlalu jauh.

20. Second baseman tingkatkan efektivitas

Second baseman penting dalam meningkatkan efektivitas pertahanan karena merekalah yang menjadi jangkar permainan tim di tengah lapangan, pemilihan posisi mereka sangat penting.

21. Peran shortstop

Ada satu posisi unik dalam baseball, shortstop, yang terletak di antara second base dan third base. Tugasnya adalah mencegat bola yang mungkin gagal di second base.

22. Tim yang mencetak skor terbanyak dalam 9 innings memenangi pertandingan

Tim akan bertukar posisi sebagai batter (ofensif) dan fielders (defensif). Pertukaran posisi ditentukan oleh 3 pemain dari tim ofensif yang dikeluarkan (out). Batter mencoba memukul bola dan mencetak skor.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*