dokter gizi di jakarta selatan

Perhatikan Ini Sebelum Konsultasi ke Dokter Gizi di Jakarta Selatan

  • Januari 4, 2021

Pernahkah Anda berobat ke dokter gizi di Jakarta Selatan? Beberapa orang mengira dokter gizi memiliki peran yang sama dengan ahli diet. Padahal, kedua spesialisasi ini sebenarnya berbeda.

Anda bisa menemukan dokter gizi di berbagai rumah sakit di Indonesia, termasuk di Jakarta Selatan. Sebelum berobat, Anda mungkin perlu memahami dulu apa itu dokter gizi dan kapan Anda perlu melakukan konsultasi.

Pekerjaan seorang dokter gizi

Latar belakang seorang dotker gizi memang serupa dengan ahli diet. Namun, seorang dokter gizi memiliki pemahaman yang lebih luas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan gizi dan nutrisi.

Seorang dokter gizi baru bisa menjalankan tugasnya setelah menjalani spesialisasi khusus di bidang tersebut. Jika Anda ingin berobat ke dokter gizi, pastikan dokter gizi tersebut sudah lulus kualifikasi.

Konsultasi pertama dengan seorang dokter gizi mungkin akan memakan waktu sekitar 45 menit sampai dengan 90 menit. Dokter akan menanyakan mengenai riwayat medis Anda serta obat-obatan yang pernah atau sedang Anda konsumsi.

Selain itu, dokter juga akan menanyakan tentang kebiasaan makan Anda serta pola hidup sehari-hari.

Biasanya, diperlukan konsultasi lanjutan yang dilakukan sekitar 6 bulan setelah kunjungan pertama. Akan tetapi, hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Rekomendasi dokter gizi di Jakarta Selatan

Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Jakarta Selatan, berikut ini beberapa nama dokter gizi di Jakarta Selatan yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Retno Muji Muliany di Klinik AP&AP Pediatric, Growth, and Diabetes Center
  • dr. Yayok Witarto, Sp.GK di RS Tria Dipa
  • dr. Tirta Prawita Sari, Sp.GK, M.Sc di RS Pondok Indah (RSPI) Pondok Indah
  • dr. Verawati Sudarma, Sp.GK di Siloam Hospitals Asri
  • dr. Raissa Edwina Djuanda, Sp.GK, M.Gizi di RS Metropolitan Medical Center
  • dr. Kwan Francesca Gunawan, Sp.GK di MRCC Siloam Hospitals Semanggi
  • dr. Endang Widyastuti, Sp.GK, M.Gizi di Brawijaya Hospital Saharjo

Tips berobat ke dokter gizi di Jakarta Selatan

Supaya pengobatan dengan dokter gizi di Jakarta Selatan semakin maksimal, cobalah untuk mengikuti tips berikut ini:

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan

Sebelum berobat, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up terlebih dahulu. Hal ini penting, karena dokter gizi nantinya perlu mengetahui status kesehatan Anda sebelum bisa memberikan panduan konsumsi nutrisi.

Selain itu, dokter gizi juga akan memerlukan informasi kesehatan Anda secara keseluruhan, seperti kadar gula darah, kadar trigliserida, dan kadar hematokrit.

  • Sampaikan harapan

Jangan lupa untuk menyampaikan harapan kesehatan yang ingin Anda capai pada dokter Anda. Apa pun harapan Anda, dokter bisa memberikan masukan yang menyesuaikan dengan tujuan tersebut.

Misalnya, jujurlah pada dokter apabila target yang ingin Anda capai adalah penurunan atau penambahan berat badan.

  • Catat asupan harian

Sebelum berobat, akan lebih baik kalau Anda bisa mulai mencatat asupan makanan harian Anda setiap harinya. Hal ini nantinya bisa Anda serahkan ke dokter untuk membantu dokter melihat kebiasaan serta pola hidup Anda.

Buatlah catatan mengenai jam makan Anda, frekuensi makan, serta makanan yang Anda konsumsi. Catat juga informasi detail mengenai makanan tersebut, misalnya apakah makanan itu dipanggang, digoreng, direbus, dan lain sebagainya.

Siapkan diri untuk mendengar semua masukan dari dokter ketika Anda berobat ke dokter gizi di Jakarta Selatan. Jangan lupa juga untuk mengajukan pertanyaan apabila ada hal-hal yang Anda tidak mengerti.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*