Perhatikan Hal Ini Sebelum Memakai Bedak untuk Kulit Kering

  • Juli 23, 2021

Kondisi kulit yang kering adalah salah satu tanda dari kulit yang tidak sehat. Saat kulit terlalu kering, riasan wajah akan lebih sulit untuk menempel dan bertahan lama. Oleh sebab itu, Anda juga harus lebih bijak dalam memilih bedak untuk kulit kering.

Bedak untuk kulit kering harus memiliki formula yang melembapkan kulit

Beberapa produk bedak sudah dirancang dan diformulasikan khusus untuk pengguna yang memiliki kondisi kulit kering. Jangan pakai bedak yang sebenarnya ditujukan untuk pemilik kulit berminyak, karena berpotensi membuat kulit Anda semakin mengalami kekeringan.

Apa yang bisa ditemukan dalam bedak untuk kulit kering?

Umumnya, produk bedak menggunakan bahan utama dari talc. Bahan ini merupakan mineral alami yang bekerja dengan menyerap minyak serta kelembaban yang berlebihan. Bagi pemilik kulit berminyak, ini akan menimbulkan efek kulit yang lebih lembut dan terlihat lebih segar.

Tapi, efek seperti ini tidak akan dirasakan oleh Anda yang memiliki kondisi kulit kering. Karena, talc akan menyerap kelembaban yang sebenarnya berjumlah sangat sedikit pada kulit Anda. Akibatnya, kulit akan menjadi semakin kering.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mencari bedak dengan formulasi yang lebih aman. Sama seperti pada skincare, kandungan pelembab yang digunakan pada bedak untuk kulit kering adalah hyaluronic acid.

Cobalah untuk mencari produk bedak yang diperkaya dengan kandungan ini. Kandungan ini mampu bekerja dengan meningkatkan kelembaban kulit Anda, sehingga mencegah kerusakan yang lebih parah akibat kekeringan.

Selain itu, hindari juga memakai bedak yang memberikan hasil akhir matte. Karena, bedak jenis ini akan menyerap lebih banyak minyak dari bedak biasa, membuat kulit semakin tampak kering dan tidak sehat.

Perhatian dalam memilih bedak untuk kulit kering

Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa Anda sebaiknya menghindari bedak dengan hasil akhir matte. Anda juga disarankan untuk memilih bedak yang diformulasikan dengan kandungan hyaluronic acid.

Tapi, selain kedua hal tersebut, Anda juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut saat akan memilih bedak:

  • Memaksimalkan pemakaian skincare 

Sangat penting bagi Anda untuk rutin menggunakan skincare baik sebelum maupun sesudah memakai bedak. Secara khusus, pakailah skincare yang memiliki efek untuk meningkatkan kelembaban kulit.

Contohnya seperti pelembab. Pelembab pada dasarnya memiliki fungsi utama untuk meningkatkan kelembaban kulit, melindunginya dari kekeringan.

Selain itu, bisa juga mencoba sheet mask untuk mencegah kulit dari kekeringan setelah memakai bedak untuk kulit kering.

  • Bijak memilih foundation

Sebelum menggunakan bedak, biasanya Anda akan melapisi wajah Anda dengan foundation terlebih dahulu. Apabila Anda memiliki kondisi kulit yang kering, pastikan Anda bijak dalam memilih jenis foundation.

Jangan gunakan foundation yang ditujukan untuk kulit berminyak. Hal ini akan membuat kulit Anda semakin kering karena minyak pada kulit akan diserap lebih banyak.

Selain itu, hindari pemakaian foundation hingga beberapa lapis, karena semakin banyak foundation yang digunakan, maka semakin banyak kelembaban kulit Anda yang terserap oleh foundation tersebut.

  • Hindari pemakaian di area pipi

Umumnya, area pipi adalah area yang paling sensitif pada wajah. Pipi cenderung lebih kering apabila dibandingkan dengan area T zone, yaitu area dahi, hidung, dan dagu.

Karena itu, jangan pakai bedak terlalu banyak di pipi Anda. Ini akan membuat kulit pipi semakin mudah kering.

Pakailah bedak untuk kulit kering yang tepat dengan cara yang sesuai. Dengan begitu, kondisi kesehatan dan kelembaban kulit Anda bisa tetap terjaga.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*