Perhatikan Hal Ini Ketika Memakai Salep Cacar Air

  • November 13, 2020

Cacar air adalah infeksi virus yang menyebabkan demam dan ruam gatal dengan bercak di sekujur tubuh. Kebanyakan anak mudah merasa tidak dengan ruam ini, namun terdapat beberapa obat yang dapat mengatasi ketidaknyamanan cacar air, salah satunya salep cacar air atau krim.

Ruamnya cacar air bisa sangat gatal, namun ruam tersebut disarankan untuk tidak digaruk. Dulu penyakit ini merupakan penyakit anak yang umum, terutama pada anak-anak di bawah usia 12 tahun. Sekarang lebih jarang, berkat vaksin varicella.

Cacar air sering dimulai tanpa ruam, dengan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau sakit perut. Gejala ini dapat berlangsung selama beberapa hari, dengan demam pada kisaran 38,3 ° –38,8 ° C. Ruam kulit yang merah dan gatal biasanya dimulai di perut atau punggung dan wajah. Kemudian menyebar ke hampir semua tempat di tubuh, termasuk kulit kepala, mulut, tangan, kaki, dan alat kelamin.

Ruam dimulai dari banyak benjolan merah kecil yang terlihat seperti jerawat atau gigitan serangga. Mereka muncul dalam gelombang selama 2 sampai 4 hari, kemudian berkembang menjadi lepuh berdinding tipis berisi cairan. Dinding lepuh pecah, meninggalkan luka terbuka, yang akhirnya mengeras menjadi keropeng coklat kering.

Karena cacar air sangat menular, orang yang mengidapnya harus tinggal di rumah dan beristirahat sampai ruamnya hilang dan semua lepuh telah mengering. Kondisi ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu. Jika Anda tidak yakin apakah Anda atau anak Anda siap untuk kembali beraktivitas di luar, tanyakan kepada dokter Anda.

Metode pengobatan rumahan dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat ruam cacar air. Berikut beberapa pengobatan yang bisa Anda coba dan lakukan di rumah:

  • Mandi

Mandi air hangat hingga dingin dapat membantu meredakan gatal. Mandi selama 20 hingga 30 menit sesering yang diperlukan untuk tetap bersih dan menenangkan kulit yang gatal. Tambahkan segenggam oatmeal (digiling menjadi bubuk) ke bak mandi atau Anda bisa mencoba produk mandi oatmeal. Tepuk-tepuk kulit hingga kering setelah mandi, jangan menggosok kulit.

  • Kompres

Anda bisa mengoleskan kompres dingin ke area yang gatal. Gunakan kain penyerap yang lembut, seperti waslap lembut. Basahi kain dengan air dingin dan tempelkan kompres dingin langsung ke kulit. Anda juga bisa membuat pasta oatmeal dan mengoleskannya ke area yang gatal. Ambil sedikit oatmeal yang telah ditumbuk menjadi bubuk, lalu campur dengan sedikit air hangat untuk membuat pasta. 

  • Losion

Anda dapat mengoleskan losion atau salep penenang yang dapat membantu mengeringkan lepuh cacar air. Tetapi bicarakan dengan dokter Anda sebelum menggunakan lotion yang mengandung antihistamin. Anda bisa mencoba lotion atau salep dengan fenol, mentol, dan kapur barus, seperti losion kalamin serta oatmeal, seperti Aveeno Lotion.

Lotion atau salep yang mengandung antihistamin tidak boleh digunakan untuk cacar air. Namun terkadang antihistamin yang diminum akan membantu meredakan gatal. Antihistamin yang diminum dapat membantu mencegah Anda atau anak Anda menggaruk ruam dan lepuh, terutama saat tidur. Beberapa antihistamin dapat dibeli bebas. Jika Anda menggunakannya, ikuti petunjuk pada label dengan cermat. Periksa dengan dokter Anda sebelum Anda memberikannya kepada anak Anda.

Perlu diingat, ketika mengoleskan losion atau salep kalamin pada area yang gatal Anda harus menghindari daerah pada wajah, terutama di dekat mata. Untuk mencegah cacar air, Anda disarankan untuk mengimunisasi anak Anda terhadap cacar air setelah usia 12 bulan dan sekali lagi pada usia 4 sampai 5 tahun.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*