makanan pasca operasi

Percepat Pemulihan, Ini Makanan Pasca Operasi yang Aman

  • November 14, 2020

Jika Anda baru saja menyelesaikan prosedur operasi, Anda tentu harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Dokter Anda mungkin memberikan peringatan untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan pasca operasi.

Menjaga konsumsi makanan setelah melewati operasi penting untuk menghindari efek samping. Tidak hanya itu, hal ini juga perlu dilakukan bila Anda ingin mempercepat proses pemulihan.

Macam-macam makanan pasca operasi

Anda perlu memastikan untuk mengonsumsi makanan yang aman setelah menjalani operasi. Berikut ini beberapa makanan pasca operasi yang bisa Anda coba:

  • Daging unggas

Setelah operasi, tubuh Anda memerlukan asam amino spesifik yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Asam amino ini merupakan bahan penyusun protein.

Daging unggas, termasuk ayam, mengandung dua asam amino yang disebut dengan glutamin dan arginin. Glutamin memberikan perlindungan untuk mengatasi stres dari sakit dan cedera, sementara arginin membantu produksi kolagen untuk penyembuhan luka.

  • Makanan berserat

Salah satu komplikasi yang paling sering terjadi pasca operasi adalah gangguan pencernaan. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

Serat membantu memperlancar kerja sistem pencernaan Anda. Kandungan serat bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan gandum, dan lain sebagainya.

  • Buah dan sayuran segar

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa buah dan sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Tidak hanya menghindarkan Anda dari penyakit, buah dan sayuran pun mampu memperlancar proses pemulihan setelah Anda menjalani operasi.

Sayur-sayuran dan buah-buahan segar mengandung nutrisi dan serat yang penting untuk memperlancar penyembuhan. Akan tetapi, Anda mungkin akan lebih sering buang gas karena efek samping dari konsumsi sayur dan buah adalah banyaknya gas dalam tubuh.

  • Ubi

Ubi merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi karbohidrat. Karbohidrat bisa memberikan Anda energi yang diperlukan oleh sel untuk mendukung proses pemulihan setelah operasi.

Tidak hanya itu, karbohidrat pada ubi juga memberikan enzim yang membantu dalam memperbaiki luka. Asupan karbohidrat yang tidak memadai akan menghambat proses penyembuhan luka.

Selain karbohidrat, ubi juga mengandung nutrisi lainnya yang penting untuk tubuh Anda, termasuk vitamin C, karternoid, vitamin, mineral, dan senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi.

  • Ikan salmon

Ikan salmon juga termasuk sebagai makanan pasca operasi yang diperlukan untuk tubuh. Akan lebih baik lagi kalau Anda mengonsumsi ikan salmon yang sudah dimasak dengan matang, bukan ikan salmon mentah seperti pada sushi.

Dalam setiap ikan salmon, terdapat kandungan protein, vitamin B, selenium, zat besi, zinc, dan lemak omega-3. Lemak omega-3 ini memiliki fungsi untuk menyembuhkan luka, meningkatkan respon kekebalan tubuh, serta mengurangi peradangan.

Meskipun salmon dianggap aman untuk dimakan setelah operasi, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter Anda. Karena, konsumsi ikan salmon, terutama minyak ikan salmon, pasca operasi hingga saat ini masih banyak menuai pro dan kontra.

  • Telur

Beberapa orang beranggapan bahwa telur tidak baik dikonsumsi setelah operasi karena bisa memicu munculnya nanah. Tapi, sebenarnya telur termasuk sebagai makanna yang cukup aman karena mengandung banyak protein.

Protein dari telur bisa membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebagian besar makanan pasca operasi memiliki efek yang baik untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini sebenarnya wajar, karena luka setelah operasi memang memerlukan perawatan khusus untuk bisa benar-benar pulih.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*