sering sendawa

Penyebab Sering Sendawa dan Cara Mengatasinya

  • April 21, 2021

Pernahkah Anda bersendawa ketika sudah selesai makan? Sendawa adalah proses yang wajar dan alamiah, terjadi ketika tubuh Anda mengeluarkan udara dari sistem pencernaan. Tapi, beberapa orang mungkin mengalami sering sendawa yang berbeda dengan orang pada umumnya.

Sendawa yang berlebihan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Anda perlu mengetahui apa penyebabnya untuk bisa mengatasinya. 

Kebiasaan buruk yang menyebabkan sering sendawa

Sadar atau tidak, kebiasaan yang buruk bisa menjadi salah satu faktor utama yang membuat Anda sendawa berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, cara paling tepat adalah mengubah kebiasaan atau gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Berikut ini macam-macam kebiasaan buruk yang membuat Anda jadi sendawa berlebihan:

  • Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat dalam jumlah banyak akan meningkatkan jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sebagian udara tersebut tidak sampai ke perut, melainkan hanya menetap di kerongkongan.

Lama-kelamaan, udara di kerongkongan akan keluar kembali melalui mulut Anda. Inilah yang membuat Anda jadi bersendawa. 

  • Makanan pedas dan asam

Bagi Anda yang suka atau sering mengonsumsi makanan pedas, Anda mungkin juga sering sendawa. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan pedas dan mengandung asam tinggi bisa menimbulkan intensitas sendawa yang tinggi.

Makanan seperti bawang, tomat, cabai, dan jeruk bisa menyebabkan mulas pada sebagian orang. Sendawa yang dikeluarkan akibat makanan ini akan disertai dengan sensasi terbakar di bagian belakang tenggorokan. 

  • Sering mengunyah permen karet

Permen karet memiliki tekstur yang memungkinkan Anda untuk mengunyahnya dalam jangka waktu yang lama. Selama Anda mengunyah, udara akan masuk melalui mulut Anda. Semakin lama Anda mengunyah permen karet, maka semakin banyak juga udara yang masuk.

Udara tersebut akan didorong keluar lagi oleh sistem pencernaan melalui mulut, membuat Anda bersendawa. Bila Anda mengunyah permen karet yang bebas gula, kemungkinan Anda akan semakin sering sendawa. 

  • Terlalu banyak gula buatan

Pada dasarnya, fruktosa adalah gula alami yang dapat ditemukan pada buah. Beberapa produk jus dan olahan buah-buahan membuat fruktosa buatan dengan kadar manis yang tinggi. 

Fruktosa buatan ini bisa menyebabkan banyaknya gas yang keluar ketika diolah dan dipecahkan di sistem pencernaan. Gas ini kemudian akan didorong keluar melalui sendawa. 

Masih ada banyak kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan Anda jadi sering bersendawa. Dalam beberapa kasus, sendawa yang terlalu berlebihan juga bisa disebabkan oleh adanya kondisi medis tertentu yang mendasarinya. 

Bagaimana mengatasi sering bersendawa?

Apabila Anda sering bersendawa karena memiliki kebiasaan yang buruk, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengubah kebiasaan tersebut. Ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat dengan cara: 

  • Hindari makan berlebihan ketika stres
  • Makan dan minum dengan durasi yang diperlambat
  • Berhenti merokok
  • Jika memakai gigi palsu saat makan, pastikan gigi palsu terpasang dengan benar
  • Rutin jalan sebentar atau berolahraga ringan setelah selesai makan
  • Menghindari minuman berkarbonasi seperti soda dan bir
  • Berhenti mengunyah permen karet maupun menghisap permen yang keras terlalu sering
  • Hindari minum dengan menggunakan sedotan

Cara-cara di atas adalah cara paling tepat untuk mengatasi sendawa yang berlebihan karena kebiasaan hidup yang buruk. Sebaiknya, perhatikan juga apakah sendawa disertai dengan gejala lain, seperti mulas. 

Ketika sering sendawa disertai dengan rasa mulas dan gejala lainnya, mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*