Pelajari Perkembangan Janin Anda Di Usia 7 Minggu

  • Agustus 11, 2020

Jika Anda hamil 7 minggu, berarti Anda berada di bulan ke-2 kehamilan Anda. Perjalanan Anda masih panjang, namun Anda perlu mempelajari mengenai perkembangan janin 7 minggu.

Pada usia kehamilan 7 minggu, berat badan Anda mungkin bertambah beberapa kilogram atau bahkan turun karena mual di pagi hari. Bagaimanapun juga, pasti ada beberapa perubahan besar yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Tidak ada orang lain yang bisa melihat perkembangan janin mereka. Dan pada minggu ke 7 kehamilan, Anda mungkin bertanya-tanya akan seperti apa perkembangan janin yang tumbuh di perut Anda. Berikut beberapa perkembangan pada janin di usia 7 minggu:

  • Pada usia kehamilan 7 minggu, bayi Anda seukuran blueberry. Janin Anda berukuran sekitar 0,51 inci, perkembangannya menjadi dua kali lipat sejak minggu lalu. 
  • Tali pusar muncul di rahim Anda. Tabung ini menghubungkan janin dan plasenta, mengalirkan oksigen dan nutrisi dan bahkan membuang limbah ke aliran darah Anda.
  • Sumbat lendir berkembang. Sumbat lendir Anda muncul pada penutupan minggu ini, menetap di bukaan  serviks Anda. Gabus alami ini menyegel dan melindungi rahim Anda dari bakteri.
  • Tangan dan kaki berselaput. Calon bayi Anda telah mengembangkan rintisan tangan dan kaki seperti jaring. Tak lama kemudian, mereka akan tumbuh dan berubah menjadi memiliki jari tangan dan kaki. Tetapi pada perkembangan janin di usia 7 minggu, tangannya akan terlihat seperti dayung kecil.
  • Pada usia kehamilan 7 minggu, sebagian besar pertumbuhan dan perkembangan janin terkonsentrasi di kepala. Saat sel-sel otak baru dihasilkan dengan kecepatan 100 per menit.
  • Perkembangan janin Anda di minggu ke 7 juga termasuk mulut dan lidah bayi Anda. Begitupun dengan ginjal, yang siap untuk memulai pekerjaan penting mereka dalam pengelolaan limbah.

Selama minggu ke 7 kehamilan Anda, Anda mungkin menghadapi serangkaian gejala awal kehamilan. Ingatlah bahwa memiliki banyak gejala adalah hal yang wajar, sama seperti halnya memiliki sedikit gejala. 

Ketidaknyamanan awal kehamilan Anda akan berlanjut, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin yang cepat. Pada usia kehamilan 7 minggu, Anda mungkin bersiap untuk kunjungan prenatal pertama Anda. Jika Anda khawatir dengan gejala yang Anda miliki, segera hubungi dokter Anda.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*