Pescaterian Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Pescaterian Sebaiknya Hindari Makanan Ini

  • Desember 22, 2021

Pescaterian kadang-kadang disebut pesco-vegetarians. Mereka adalah orang yang masih boleh makan ikan dan kerang air tawar dan air asin selain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, dan produk susu yang biasanya dikonsumsi vegetarian. Kombinasi dari manfaat yang diketahui dari gaya hidup vegetarian dengan efek kesehatan yang terbukti dari ikan kaya asam lemak omega-3 menjadikan pescetarianisme sebagai sekutu yang berpotensi kuat dalam interaksi antara nutrisi dan kesehatan jangka panjang.

Pescetarian adalah kelompok yang beragam dan mereka biasanya adalah individu yang sangat sadar akan kesehatan. Mereka ingin mengendalikan kesehatan melalui pilihan makanan yang mereka lebih sehat. Bagi sebagian orang, pescetarianisme mungkin merupakan batu loncatan menuju vegetarianisme sejati, atau kompromi bagi vegetarian yang merasa perlu menambahkan sumber protein. “Orang yang memiliki masalah kesehatan atau ingin menurunkan berat badan dapat mencoba pescetarianisme,” kata Janis Jibrin, MS, RD, penulis The Pescetarian Plan.

Sama seperti vegetarian, seorang pescetarian tidak dianjurkan  mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Beberapa daftar makanan diet pescatarian yang harus dihindari, seperti berikut ini.

1. Ikan merkuri tinggi

Merkuri merusak tubuh dan cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menghindari ikan yang mengandung jejak merkuri tertinggi. Aturan praktis yang baik adalah semakin besar ikan, semakin tinggi kandungan merkurinya. Anda harus menghindari beberapa jenis ikan tertentu  seperti hiu, tilefish, ikan todak, ikan kembung, ikan marlin, ikan bass chili, dan ikan kerapu.

2. Daging merah

Seperti yang Anda ketahui sekarang, semua daging merah dihindari dalam diet pescatarian dan ikan adalah satu-satunya sumber daging yang boleh dikonsumsi. Daging merah yang tidak dikonsumsi pada diet pescatarian antara lain babi, daging sapi, domba, daging sapi muda, kerbau dan banteng.

3. Unggas 

Selain daging merah ada beberapa daftar daging putih tertentu yang sebaiknya dihindari saat Anda ingin melakukan diet pescaterian. Anda harus menghindari semua jenis unggas seperti ayam, ayam turki, bebek, angsa, burung merpati, ayam hutan, burung puyuh dan burung unta. 

4. Gula halus

Gula rafinasi sama sekali tidak memberikan manfaat bagi kesehatan karena telah mengalami proses yang menghilangkan semua vitamin dan mineral dan dianggap sebagai racun racun oleh tubuh. Anda sebaiknya  menghindari gula putih, gula bubuk, gula pasir. Anda juga harus membatasi asupan madu agave dan lainnya yang disebut “pengganti sehat”, semua jenis ini harus dibatasi karena tubuh masih menganggapnya sebagai gula biasa.

5. Buah gula tinggi

Buah-buahan dikemas dengan antioksidan dan dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit. Akan tetapi, beberapa buah sangat tinggi gula dan harus dimakan dalam jumlah yang lebih kecil. 

Terlalu banyak gula dari buah-buahan masih dapat mempengaruhi kadar insulin dan jika Anda penderita diabetes atau kelebihan berat badan, Anda harus menghindari atau setidaknya membatasi buah-buahan yang mengandung gula lebih tinggi. Anda harus menghindari semangka, pisang, anggur, kiwi, buah ara, mangga, ceri, buah delima, apel, jeruk keprok, nanas, bluberi, buah pir, plum dan aprikot.

6. Makanan yang diproses

Makanan olahan dikemas dengan bahan kimia, pengawet, dan bahan acak yang sebaiknya jangan Anda konsumsi. Hindari seluruh jenis mie instan, margarin, buah kering, permen, makan malam beku, popcorn microwave termasuk bar energi. Pada dasarnya, apapun makanan yang ada  di dalam kotak dengan daftar bahan-bahan sebaiknya tidak boleh Anda konsumsi.

7. Minuman ringan

Minuman ringan sarat dengan gula, sirup jagung fruktosa tinggi, pengawet, kafein, dan mungkin bahan lain yang belum pernah Anda dengar. Gula dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan gigi, diabetes, dan bahkan mungkin kanker.

Untuk alasan ini sebaiknya penggiat diet pescaterian tidak mengkonsumsi minuman ringan ini sama sekali. Jika Anda menginginkan minuman manis, pilihlah jus buah murni 100%, tetapi pastikan untuk membatasinya hingga satu gelas kecil sehari karena kandungan gulanya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*