Pahami Faktor Berikut Ini untuk Keefektifan Vaksin Influenza

  • September 10, 2021

“Perhatikan faktor berikut ini agar vaksin influenza bekerja secara efektif.”

 —

Vaksin influenza memiliki manfaat yang berbeda setiap tahunnya. Manfaat utamanya, tentulah melindungi tubuh Anda dari penyakit flu.

Formula yang berbeda tersebut berdasar pada apa yang diyakini para ahli sebagai jenis yang penyakit pada musim berikutnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan vaksin influenza setiap tahun. 

Biasanya, kinerja atau keefektifan vaksin influenza membutuhkan waktu 2 minggu setelah disuntikkan ke tubuh Anda. Jadi, sebaiknya Anda jangan menunggu sampai orang-orang di sekitar Anda mulai terkena lu sebelum Anda divaksinasi. 

Perlu diketahui bahwa beberapa jenis influenza beredar setiap tahun. Sementara itu, vaksin influenza bisa melindungi Anda dari 3 jenis flu (trivalen) atau 4 jenis flu (kuadrivalen)

Siapa yang harus mendapatkan vaksin influenza?

Berdasar Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yang harus mendapatkan vaksin influenza setiap tahunnya ialah siapa pun kelompok yang berusia di atas 6 bulan. Bahkan, mendapatkan vaksin influenza dinilai sangat penting apabila Anda merupakan seorang yang berisiko tinggi mengalami komplikasi yang terkait dengan flu. 

Misalnya, orang dewasa berusia lebih dari 65 tahun serta mereka yang menderita penyakit kronis seperti penyakit jantung, asma, diabetes, dan asama.

Terdapat beberapa kelompok yang berisiko tinggi terkena influenza musiman seperti berikut ini: 

  • Kelompok alita yang berusia di bawah 2 tahun
  • Kelompok orang yang berusia lebih dari 65 tahun 
  • Orang yang memiliki perawatan medis dalam jangka panjang
  • Kelompok orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah
  • Wanita yang masuk dalam kelompok wanita hamil atau mereka yang melahirkan dalam dua minggu terakhir
  • Orang-orang yang memiliki komorbid atau kesehatan kronis yang berisiko tinggi seperti penyakit jantung, asma, gangguan hati atau ginjal, hingga penyakit diabetes. 

Faktor yang memengaruhi keefektifan vaksin influenza 

Melakukan vaksin influenza di waktu yang tepat menjadi hal yang penting yang wajib diperhatikan. CDC merekomendasikan untuk melaksanakan vaksin influenza sekitar September hingga akhir Oktober agar menjadi paling efektif atau memilih saat bukan dalam musim hujan.

Sebab, dibutuhkan sekitar 2 minggu sejak Anda menerima vaksin flu bagi tubuh Anda untuk mengembangkan antibodi yang cukup untuk melindungi Anda dari flu. Apabila terlambat mendapatkan vaksin influenza, maka antibodi dalam tubuh Anda tidak berkembang dengan baik.

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat kerja vaksin influenza lebih efektif seperti berikut ini. 

  1. Istirahat yang cukup

Kekebalan tubuh Anda harus selalu diperhatikan agar kondisi Anda selalu prima. Salah satu cara agar vaksin influenza tersebut bekerja dengan efektif adalah maksimalkan waktu tidur Anda. Sebab, mereka yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan rentan terserang flu.

Berdasar, studi di International Journal of Behavior Medicine memaparkan, mereka yang tidak tidur lebih dari 5 jam per malam menjelang vaksinasi influenza mengakibatkan kinerja vaksin tersebut hanya setengah efektif jika dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup. Itu karena sistem kekebalan manusia memperbaiki dan membangun dirinya sendiri saat kita tidur. Dengan begitu, apabila kurang tidur efektivitas kerja vaksin tidak akan optimal.

  1. Rajin menggerakkan tubuh agar lebih sehat

Selain memperhatikan waktu tidur yang cukup, olahraga juga membantu tubuh Anda sehat dan siap untuk mendapatkan vaksin influenza. 

Apabila tetap bugar, fit, serta menjaga berat badan yang sehat, Anda bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis yang dapat membuat Anda jauh lebih rentan terhadap komplikasi flu. 

Berdasar penelitian di Journal of the American Geriatric Society, olahraga kardiovaskular secara teratur mampu meningkatkan respons orang terhadap vaksin flu selama percobaan 10 bulan. 

  1. Penting untuk menjaga kesehatan usus Anda

Meski tidak ada makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara langsung, makan-makanan yang sehat bisa sangat bermanfaat untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh Anda agar lebih sehat. 

Makanan tertentu, terutama, probiotik, mampu memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga Anda agar tetap sehat serta mampu melawan serangga. Ada perlu banyak mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk tubuh Anda seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, hingaa yogurt dan makanan fermentasi. 

Tujuannya, mengonsumsi makanan tersebut berguna untuk menjaga tubuh Anda tetap memiliki banyak gizi yang juga mengoptimalkan kinerja vaksin influenza. 

Memilih waktu vaksinasi yang tepat, memiliki waktu tidur cukup, rajin berolahraga, hingga mengonsumsi makanan yang sehat mampu membantu mengoptimalkan kinerja vaksin influenza yang Anda dapatkan. Yang terpenting, Anda juga harus menjaga kebersihan tangan serta menjauhkannya dari wajah, terutama saat berada di ruang public atau tempat umum. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*