Operasi Katarak Fakoemulsifikasi di SMEC Pekanbaru

  • November 25, 2021

SMEC Pekanbaru merupakan klinik khusus mata yang ditunjang dengan teknologi modern yang dapat menunjang dalam mengatasi berbagai masalah mata seperti operasi mata katarak.

Perlu kamu ketahui, katarak menjadi penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia lho. Salah satu menghilangkan katarak hanya dapat dilakukan dengan operasi katarak atau fakoemulsifikasi.

Operasi ini tidak sakit dan cenderung aman, lho. Ketahui lebih lanjut tentang operasi fakoemulsifikasi di bawah ini!

Apa itu operasi katarak fakoemulsifikasi?

Operasi katarak adalah prosedur yang dilakukan untuk mengangkat bagian depan lensa mata yang mengalami katarak dengan menggunakan sebuah mesin yang disebut Fako.

Dalam proses pengangkatan lensa mata ini tidak merusak kapsul posterior di mata setelah fakoemulsifikasi, dokter akan memasangkan lensa buatan (IOL) agar mata dapat melihat dengan jelas kembali.

Metode operasi fakoemulsifikasi tidak sakit. Cara kerja mesin ini adalah dengan menghancurkan partikel lensa dengan ultrasonografi. 

Siapa yang harus operasi fakoemulsifikasi?

Para pasien katarak sangat dianjurkan untuk menjalani operasi fakoemulsifikasi, terutama mereka yang memang dalam pekerjaannya membutuhkan penglihatan jelas dan tajam.

Tidak perlu khawatir karena prosedur operasi ini sangat aman untuk semua pasien, bahkan juga termasuk bayi yang menderita katarak bawaan.

Tidak hanya yang sudah mengalami katarak, tapi bila kamu punya risiko tinggi mengalami katarak juga bisa menjalani operasi fakoemulsifikasi. Biasanya orang yang memiliki diabetes, darah tinggi, atau obesitas memiliki risiko tinggi mengalami katarak. 

Operasi fakoemulsifikasi juga bisa dijalankan oleh mereka yang mengalami kelainan penglihatan akibat cedera.

Tingkat keberhasilan

Prosedur operasi ini bisa dikatakan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Banyak pasien yang sudah menjalani operasi ini mengaku mereka kembali mampu melihat dengan lebih jelas dan tajam serta mampu mengenali warna lebih akurat. 

Cara kerja operasi fakoemulsifikasi

Sebelum memulai prosedur terlebih dahulu dokter akan memeriksa mata kamu. dengan alat yang disebut ultrasound.

Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk menentukan jenis IOL terbaik.

Perlu kamu ketahui, fakoemulsifikasi sendiri merupakan prosedur rawat jalan yang dilakukan di bawah pengaruh bius lokal pada pasien dewasa dan bius total pada pasien anak.

  • Dengan bantuan mikroskop dokter akan membuat sayatan kecil pada mata. Letaknya tepat di samping kornea. Setelah membuat sayatan dekat kornea, dokter akan menyuntikan cairan viskoelastik.
  • Cairan ini untuk melindungi jaringan intraokuler dan mengurangi syok pada mata. Lalu dokter akan lanjut membuat sayatan pada membran di sekitar katarak. Ini agar katarak mudah dipisahkan dari korteks dengan aliran air.
  • Setelah itu, dokter akan memasukkan jarum titanium atau probe phaco ke kornea. Diarahkan ke bagian katarak yang paling pekat. Alat ini bekerja dengan cara bergerak dengan sangat cepat untuk memecah katarak sehingga menjadi bagian-bagian kecil. 
  • Pecahan kecil dari katarak tersebut lalu akan disedot melalui lubang kecil yang ada pada alat. Setelah inti katarak berhasil dipecah dan disedot, selanjutnya alat pun akan diarahkan ke bagian tepi lensa. 
  • Dokter akan menggunakan injector untuk memasang lensa intraokuler buatan pada kapsul lensa. Implan tersebut dipasang secara permanen dan akan menggantikan bagian depan lensa mata. 

Setelah semua proses selesai, dokter pun akan mengeluarkan cairan viscoelastic yang tadi disuntikan. Fakoemulsifikasi juga bisa menggunakan teknologi laser dengan metode menggunakan alat khusus.

Alat digunakan untuk membuat sayatan dan menghaluskan katarak sehingga katarak jadi lebih mudah dihancurkan.

Jangan tunggu katarak hingga buta, segera lakukan operasi fakoemulsifikasi di SMRC Pekanbaru, dokter profesional dan alat modern yang tidak perlu diragukan lagi. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*