Obati Mata yang Mengalami Iritasi dengan Visine Tetes Mata

  • Juli 15, 2021

Obat tetes mata merupakan jenis cairan yang berfungsi untuk meredakan berbagai gejala pada mata, seperti mata kering, mata terasa gatal, mata merah, alergi mata, atau pun sakit mata. Anda bisa saja membeli obat seperti visine tetes mata atau merek lain, tapi perlu disesuaikan dengan gejala atau kondisi mata yang Anda alami.

Ada beragam jenis dengan pilihan merek obat tetes mata yang dijual di pasaran. Anda perlu memilih mana yang terbaik untuk mengobati masalah mata yang dialami. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui gejala dan kondisi mata sebelum membeli obat tetes mata.

Cara Memilih Obat Tetes Mata yang Sesuai Kebutuhan

  1. Obat tetes untuk mata kering

Mata kering bisa disebabkan oleh terlalu lama menatap layar komputer, laptop, atau gadget, atau berada di luar ruangan saat udara kering maupun kondisi berangin. Mata kering juga bisa disebabkan karena kelelahan. 

Anda bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengobatinya. Obat tetes mata yang cocok adalah air mata buatan atau artificial tears. Ini akan memberikan sedikit kesegaran pada mata Anda. 

Artificial tears ini bekerja dengan menambahkan elemen air mata untuk membuat mata kering Anda tetep basah.

Hindari obat tetes mata yang mengandung dekongestan untuk mata kering. Hal ini biasanya untuk mengobati mata iritasi dan merah. Zat dekongestan justru bisa memperburuk kondisi mata kering sebab obat ini mengecilkan pembuluh darah.

Mata kering yang semakin parah bisa menggunakan gel atau salep. Namun, obat ini biasanya membuat penglihatan jadi kabur untuk sementara. Sebagian orang menggunakan gel atau salep ini sebelum tidur agar tidak mengganggu berbagai aktivitas. 

  1. Obat tetes untuk mata gatal dan alergi

Mata gatal bisa disebabkan oleh bulu hewan peliharaan, serbuk sari, jamur, atau hal-hal lainnya. 

Kondisi ini bisa diobati dengan mengurangi histamin di jaringan mata sehingga rasa gatalnya bisa teratasi. Obat tetes mata yang mengandung dekongestan biasanya juga mengandung antihistamin. Sehingga bisa mengatasi gatal karena alergi. Namun, obat tetes mata dekongestan tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Jika kondisi mata gatal semakin parah meskipun sudah menggunakan obat tetes yang dijual bebas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

  1. Obat tetes untuk mata merah

Mata merah biasanya bisa diatasi dengan menggunakan obat tetes mata dekongestan. Di dalamnya terdapat kandungan vasokonstriktor yang bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah sehingga membuat sklera jadi terlihat lebih putih. 

Penggunaan obat dekongestan jangka panjang berisiko menyebabkan kondisi serius, seperti mata keirng, pupil melebar, iritasi, dan kondisi lainnya. 

Anda tidak disarankan menggunakan obat ini jika mencerita glaukoma. Jika mata merah disebabkan oleh kurang tidur, mata kering, atau pun iritasi, maka bisa menggunakan air mata buatan untuk meringankan gejalanya.

Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat tetes mata. Agar Anda tahu penyebab mata merah yang dialami.

  1. Obat tetes untuk mata bengkak dan infeksi

Mata bengkak dan infeksi perlu diketahui penyebabnya sebelum membeli obat tetes mata. Mata bengkak umumnya disebabkan karena kondisi yang kering, kelelahan, atau tegang. Jika kondisi mata bengkak Anda justru makin serius setelah menggunakan obat tetes, sebaiknya Anda perlu menemui dokter untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya.

  1. Obat tetes untuk konjungtivitis

Konjungtivitis adalah salah satu penyebab mata infeksi. Anda perlu tahu penyebabnya jika ingin menggunakan tetes mata. 

Konjungtivitis akibat virus dan alergi, bisa menggunakan obat tetes jenis air mata buatan atau obat tetes antihistamin. 

Kondisi konjungtivitis akibat bakteri perlu obat tetes mata antibiotik yang harus diresepkan oleh dokter. Jadi, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Obati Mata yang Mengalami Iritasi dengan Visine Tetes Mata

Visine Original tetes mata berkhasiat untuk meredakan iritasi mata ringan. Biasanya penyebab iritasi ini adalah karena polusi, asap, angin, kurang tidur, aktivitas berenang, hingga menatap layar laptop atau menonton TV terlalu lama. 

Visine tetes mata digunakan dengan cara meneteskan pada mata yang mengalami iritasi. Di dalam Visine tetes mata ini mengandung bahan aktif tetrahidrozolin hidroklorida yang berkhasiat meredakan pembesaran pembuluh darah di mata. 

Ada pula kandungan Benzalkonium klorida yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab mata iritasi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*