Obat Sakit Kepala Sebelah Alami yang Mudah Dibuat

  • April 9, 2020

Sakit kepala sebelah atau yang sering dikenal dengan migrain adalah suatu kondisi neurologis yang menyebabkan rasa sakit dan berdenyut di salah satu sisi kepala. Kondisi ini juga dapat disertai dengan rasa mual dan muntah, serta gangguan lain, seperti sensitif terhadap cahaya atau pandangan yang kabur.

Dalam beberapa kasus tertentu, migrain yang hanya datang sesekali, dapat diatasi dengan obat sakit kepala sebelah yang dijual secara bebas. Namun, jika kasus sakit kepala sebelah ini sudah bertambah parah, sehingga mengganggu aktivitas dan kualitas hidup seseorang, obat tersebut sudah tidak dapat mengatasi rasa sakit secara efektif.

Pengobatan alami menjadi alternatif lain dari pengobatan dengan obat-obatan medis. Beberapa orang memilih pengobatan alami karena bebas dari efek samping. Obat sakit kepala sebelah alami yang dapat Anda buat dengan mudah di rumah, antara lain:

  • Jahe

Menurut sebuah penelitian di tahun 2014, menghasilkan data bahwa efektivitas dan manfaat jahe jika dibandingkan dengan obat sakit kepala sebelah pada umumnya, tidak kalah signifikan. Kabar baiknya, jahe tidak memiliki efek samping, seperti obat-obatan kimia. Walaupun begitu, Anda perlu memerhatikan alergi yang dimiliki. Beberapa orang memiliki alergi terhadap jahe, sehingga tidak memungkinkan mereka untuk mengobati sakit kepala sebelah dengan cara ini.

Membuat obat sakit kepala sebelah alami dengan jahe dapat dilakukan dengan merebus sepotong jahe yang telah digeprak dengan air gula merah. Sebagai pilihan, Anda juga dapat merebus air yang dicampur dengan madu atau jus lemon.

  • Magnesium

Seseorang yang tidak memiliki asupan mineral yang cukup, seperti magnesium, berisiko mengalami migren aura. Kondisi ini dapat mengganggu penglihatan penderita. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan, seperti pisang dan alpukat. Selain itu, kandungan magnesium juga dapat Anda temukan di dalam bayam, brokoli, salmon, kedelai, atau susu. Walaupun begitu, Anda tetap harus memerhatikan kebutuhan asupan magnesium yang dapat ditoleransi oleh tubuh Anda.

  • Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks ternyata dapat meredakan dan mengurangi peluang seseorang mengalami migrain. Kandungan ini berfungsi untuk mengatur zat kimia pada otak. Tidak perlu khawatir jika memiliki asupan vitamin B kompleks berlebih. Pasalnya, vitamin ini mudah larut dalam air, sehingga asupan berlebihan tadi dapat dibuang bersama dengan urine.

Makanan yang kaya akan vitamin B kompleks, antara lain kerang, telur, daging, susu, yoghurt, sayuran hijau, kacang-kacangan, salmon, dan juga biji bunga matahari. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks jika dirasa perlu.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*