Obat Ginjal Saat Anda Menderita Infeksi Ginjal

  • Agustus 3, 2020
Air putih merupakan salah satu obat ginjal alami untuk menjaganya tetap sehat

Infeksi ginjal merupakan sebuah penyakit yang tidak nyaman dan menyakitkan yang umumnya disebabkan oleh sistitis, sebuah infeksi yang umum dijumpai di usus. Kebanyakan orang yang menderita sistitis tidak akan menderita infeksi ginjal. Namun, terkadang, bakteri dapat menyebar dari usus menuju satu atau kedua ginjal. Apabila dirawat dengan segera, infeksi ginjal tidak akan menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Namun, apabila dibiarkan saja dan tidak mendapatkan perawatan yang memadai, infeksi dapat berubah menjadi bertambah parah dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Artikel ini akan membahas obat ginjal saat Anda menderita infeksi ginjal. 

Antibiotik merupakan obat ginjal pertama yang diberikan ketika seseorang menderita infeksi ginjal. Apabila infeksi ginjal tersebut tidak parah, dokter akan memberikan antibiotik oral yang perlu diminum satu hingga dua kali setiap hari selama 10 hingga 14 hari. Anda harus terus meminum antibiotik tersebut sesuai dengan yang diresepkan, bahkan ketika Anda sudah merasa lebih baik setelah beberapa hari. Dokter juga akan menyarankan untuk minum banyak air. Sementara itu, infeksi ginjal yang parah membutuhkan rawat inap di rumah sakit. Anda akan diberi cairan dan antibiotik melalui IV, keduanya dapat membantu merawat infeksi. 

Perawatan tambahan yang dapat dilakukan di rumah

Mengingat infeksi ginjal merupakan sebuah kondisi yang serius, sangat penting bagi Anda untuk mengikuti rekomendasi perawatan yang telah diresepkan oleh dokter. Anda juga bisa menggunakan “home remedies” berikut ini untuk menghindari infeksi saluran kemih dan meningkatkan fungsi ginjal. 

  • Minum banyak air

Dengan minum banyak air dapat membantu membersihkan bakteri dari dalam tubuh dan mengatasi infeksi dengan lebih cepat. Minum banyak air juga dapat membersihkan seluruh sistem saluran kemih. Minum air juga dapat mencegah infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan infeksi ginjal. Minumlah sedikitnya 8 gelas air putih setiap harinya. 

  • Minum jus cranberry

Jus cranberry telah lama digunakan sebagai obat untuk infeksi saluran kemih dan infeksi usus. Bahkan menurut beberapa penelitian, jus cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih pada beberapa orang. Banyak orang juga lebih menyukai rasa manis jus cranberry dibandingkan dengan air putih biasa. Namun, hindari meminum jus cranberry yang mengandung pemanis tambahan. 

  • Menghindari alkohol dan kopi

Peran paling penting ginjal adalah untuk menyaring zat-zat dan racun berbahaya. Baik alkohol dan kafein dapat membuat ginjal untuk bekerja dengan lebih keras. Hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan infeksi. Alkohol dan antibiotik juga tidak boleh dicampur. Untuk itu, hindari minum alkohol saat proses perawatan infeksi ginjal masih berlangsung. 

  • Minum probiotik

Probiotik memiliki manfaat besar dalam merawat infeksi ginjal. Ini dikarenakan probiotik dapat menjaga bakteri sehat di dalam tubuh, meskipun antibiotik akan membunuh bakteri jahat dan baik. Probiotik juga dapat membantu ginjal dalam memproses zat-zat pembuangan. Semakin baik ginjal berfungsi, semakin efektif pula perawatan yang Anda lakukan. 

  • Konsumsi vitamin C

Vitamin C merupakan sebuah antioksidan yang kuat yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari stres oksidatif, yang secara otomatis dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Vitamin C juga dapat mencegah luka pada ginjal saat infeksi ginjal akut terjadi, serta meningkatkan enzim di dalam ginjal. 

Infeksi ginjal merupakan sebuah kondisi serius yang membutuhkan perawatan cepat dari tenaga medis profesional. Obat ginjal untuk infeksi ini biasanya berupa antibiotik. Pengobatan rumahan dapat dilakukan sebagai perawatan sampingan atau tambahan untuk membantu mengatasi gejala infeksi ginjal, namun konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan alternatif apapun. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*