Normalkah Jika Demam Anak Naik Turun?

Normalkah Jika Demam Anak Naik Turun?

  • Januari 11, 2021

Demam adalah saat suhu tubuh anak Anda lebih tinggi dari biasanya. Suhu tubuh normal sekitar 37,4ºC tapi bisa bervariasi sepanjang hari. Pada anak-anak, suhu lebih dari 38ºC menunjukkan demam, namun tidak selalu menunjukkan penyakit serius. Lalu bagaimana jika demam anak naik turun?

Pada umumnya demam yang membahayakan anak Anda perlu mencapai sekitar 42ºC, yang bahkan bisa merusak otak mereka. Namun hal ini sangat langka. Ketika demam, suhu tubuh anak Anda akan naik dan turun setiap empat jam, berjam-jam atau lebih. Hal ini adalah cara alami tubuh mereka untuk melawan infeksi, sehingga sebenarnya Anda tidak perlu khawatir.

Demam bisa menjadi hal yang sangat menakutkan bagi orang tua, terutama bagi para ayah dan ibu yang baru. Setiap anak pada akhirnya akan mengalami demam, tidak peduli seberapa berhati-hati Anda sebagai orang tua dan penting bagi orang tua untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi.

Demam adalah bagian dari respons tubuh untuk membantu melawan infeksi. Banyak virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi suka berkumpul pada suhu tubuh, tetapi tidak bekerja dengan baik saat suhu semakin tinggi. Jadi, tubuh melepaskan bahan kimia alami untuk menjadikan demam naik turun dalam upaya membunuh sebanyak mungkin kuman tersebut.

Anak-anak cenderung mengalami demam dan terkadang demam tinggi, bahkan dengan flu biasa karena tubuh mereka melihat kuman ini untuk pertama kali atau kedua kalinya. Akibatnya, mereka memberikan respons yang kuat untuk mencoba dan melawan kuman tersebut melalui demam yang mungkin naik turun.

Sebenarnya tidak selalu perlu untuk mengobati demam. Mungkin Anda disarankan untuk memberikan obat pada anak Anda seperti parasetamol atau ibuprofen, untuk membuat anak Anda lebih nyaman. Hal ini dianjurkan jika anak Anda sengsara atau merasa kesakitan, bukan mengobati demam itu sendiri. Demam tidak berbahaya dan membantu tubuh anak Anda melawan infeksi.

Kapan Anda tidak perlu mengkhawatirkan demam anak Anda, bahkan ketika suhu naik turun? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Demam kurang dari lima hari jika tingkah laku anak Anda relatif normal. Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda terus bermain-main dan makan serta minum secara normal. (Namun anak ANda mungkin tampak lebih lelah dari biasanya).
  • Suhu hingga 39ºC jika anak Anda berusia 3 bulan hingga 3 tahun, atau hingga 39.5ºC jika anak Anda lebih besar. Temperatur ini termasuk umum, tetapi tidak selalu mengkhawatirkan.
  • Demam ringan jika bayi atau anak Anda baru saja diimunisasi. Hal ini bisa menjadi normal jika berlangsung kurang dari 48 jam.

Kapan Anda harus khawatir tentang demam anak Anda? Anda disarankan untuk menghubungi dokter jika:

  1. Bayi di bawah usia 3 bulan mengalami demam. Demam mungkin satu-satunya respons bayi Anda terhadap penyakit serius. Pada bayi baru lahir, suhu tubuh yang rendah juga bisa menjadi tanda penyakit serius. Hubungi dokter anak Anda jika suhu rektal bayi Anda turun di bawah 36.5ºC.
  2. Demam anak Anda berlangsung lebih dari lima hari. Dokter anak Anda mungkin perlu menyelidiki lebih lanjut untuk penyebab yang mendasari.
  3. Demam anak Anda lebih tinggi dari 40ºC .
  4. Demam anak Anda tidak turun dengan pereda demam.
  5. Anak Anda tidak bertindak sendiri, sulit untuk bangun, atau kurang minum. Bayi yang tidak mengompol setidaknya empat popok per hari dan anak yang lebih tua yang tidak buang air kecil setiap delapan hingga 12 jam dapat mengalami dehidrasi yang berbahaya.
  6. Anak Anda baru saja diimunisasi dan memiliki suhu di atas 38.5ºC  atau demam selama lebih dari 48 jam.
  7. Anda khawatir. Jika Anda tidak nyaman dengan suhu atau penyakit anak Anda, hubungi dokter Anda untuk mendiskusikannya.

Demam yang naik turun pada anak termasuk hal yang sangat normal terjadi, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda mengalaminya. Jika anak Anda mengalami demam, Anda disarankan untuk mengobservasi anak selama 48 jam sebelum membawanya ke dokter.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*