Miconazole obat kurap panu

Miconazole

  • Desember 17, 2020

Jika Anda mengalami infeksi jamur seperti kutu air dan panu, Anda sebaiknya coba obat miconazole. Ada berbagai merek obat miconazole yang dapat Anda gunakan di Indonesia, beberapa di antaranya adalah Daktarin, Kalpanax-K, Mycozol Cream, dan Vaslone.

Miconazole merupakan obat yang dapat Anda peroleh melalui resep dokter. Anda dapat memperoleh obat tersebut dalam kemasan bubuk, gel, krim, atau salep. Obat tersebut juga dapat digunakan oleh pasien di segala usia.

Dosis Obat Miconazole

Karena miconazole dapat memberikan efek yang berbeda bagi setiap orang, setiap orang yang ingin menggunakan obat tersebut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Berikut adalah dosis yang sebaiknya digunakan jika Anda mengalami kondisi sebagai berikut:

  • Kandidiasis orofaring

Khusus orang dewasa dan anak yang berusia di atas 2 tahun, dosis yang digunakan adalah sebanyak 20 mg/g miconazole gel oral yang dioleskan dengan kadar 2,5 mL sebanyak 4 kali sehari. Khusus anak yang berusia di antara 4 hingga 24 bulan, dosis yang digunakan adalah sebanyak 20 mg/g miconazole gel dengan kadar 1,25 mL sebanyak 4 kali sehari.

  • Kandidiasis usus

Obat miconazole dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak yang berusia di atas 4 bulan jika mereka memiliki kandidiasis usus. Dosis yang digunakan adalah sebanyak 20 mg/g miconazole gel oral sebanyak 4 kali sehari.

  • Kandidiasis vulvovaginal

Obat miconazole dapat digunakan oleh orang dewasa dalam bentuk tablet jika mereka memiliki kandidiasis vulvovaginal. Dosis yang dapat digunakan adalah sebanyak 100 mg sekali sehari selama 1 hingga 2 minggu.

  • Infeksi jamur kulit

Obat miconazole dalam bentuk krim atau salep dapat digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa jika mereka mengalami infeksi jamur kulit. Obat tersebut perlu dioleskan ke bagian tubuh yang terinfeksi 2 kali sehari selama 2 hingga 6 minggu.

  • Infeksi jamur kuku

Obat miconazole dalam bentuk krim dapat digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa jika mereka mengalami infeksi jamur kuku. Obat tersebut perlu dioleskan ke bagian tubuh yang terinfeksi sebanyak 1 hingga 2 kali sehari.

Efek Samping Obat Miconazole

Seperti obat lain, obat miconazole oral dapat menimbulkan efek samping berupa sakit kepala, nyeri perut, diare, mual, dan muntah. Obat miconazole oles dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi, rasa terbakar, kulit mengelupas, dan pembengkakan pada kulit.

Jika Kondisi Anda Memburuk

Jika kondisi Anda memburuk, Anda sebaiknya hubungi dokter. Sebelum Anda bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  • Apakah Anda memiliki riwayat medis?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter dapat menentukan pengobatan yang lebih tepat untuk Anda.

Cara-Cara untuk Mencegah Infeksi Jamur

Selain pengobatan, Anda juga sebaiknya gunakan bahan-bahan alami untuk mengurangi risiko infeksi jamur. Contoh-contoh bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah minyak kelapa dan tea tree oil.

Berikut adalah cara-cara lain untuk mengurangi risiko infeksi jamur:

  • Batasi jumlah gula yang dikonsumsi.
  • Mengenakan pakaian yang longgar.
  • Jangan menggunakan antibiotik jika tidak dibutuhkan.

Kesimpulan

Obat miconazole merupakan salah satu cara untuk mengatasi infeksi jamur. Anda perlu menggunakan obat miconazole dalam dosis yang dianjurkan dokter. Selain itu, Anda perlu waspadai efek samping yang mungkin bisa terjadi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa tanyakan ke dokter tentang obat miconazole.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*