Merek Beras Putih yang Beras Berkualitas

  • November 10, 2021

Berbagai daerah berlomba menanam padi yang terbaik. Dan berharap harganya bagus ketika musim panen tiba. Bahkan tidak sedikit hasil panen mereka yang sudah diolah menjadi beras  dipasarkan berbagai merek beras putih dengan berbagai slogan. 

Merek berat putih sengaja dipasarkan, sebab beras (nasi) menjadi konsumsi pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Ada yang bertuliskan pulen, berkualitas terbaik dll.

Beras putih terbaik

Memilih kualitas beras pada merk beras Putih

Untuk memilih beras yang berkualitas dan layak dikonsumsi memang tidak mudah. Sehingga harus bisa membedakan mana beras yang aman untuk dikonsumsi dan mana beras yang mengandung bahan kimia seperti pemutih.

1, Memperhatikan Warna

Yang perlu diperhatikan memilih beras putih dan berkualitas adalah warna beras. Mengingat saat ini sangat banyak beras yang dicampur dengan berbagai pemutih. Beras yang berkualitas biasanya memiliki warna yang bening dan agak sedikit kekuningan.

2. Perhatikan Teksturnya

Beras yang memiliki kualitas yang bagus biasanya memiliki tekstur yang kuat sehingga tidak mudah patah bahkan saat ditekan. Begitu juga sebaliknya, beras yang sangat mudah hancur itu menunjukkan bahwa beras tersebut tidak layak untuk digunakan atau dikonsumsi. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat apakah beras tersebut tepat atau tidak untuk dikonsumsi.

3. Tidak Menempel Saat Diremas

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih beras putih yang sehat adalah beras tidak menempel di tangan ketika diremas. Beras menempel ketika diremas menunjukkan beras tersebut memiliki kandungan pelicin.

4. Amati Penampakan Beras

Perhatikan butiran beras, apakah produk baru ataukah produk lama. Selain itu juga, lihat apakah di terdapat bekas tepung atau tidak ketika ditaruh di tangan, jika kedua tanda itu ada, maka beras tersebut merupakan produksi lama. 

5. Tidak Berkutu

Harus dipastikan ketika membeli beras tidak ada kutu di dalamnya. Pada umumnya, beras yang ada kutu menandakan beras tersebut sudah lama yang tentunya kurang bersih dan kurang baik untuk dikonsumsi. 

6. Membeli di Toko Terpercaya

Selain memastikan bahwa beras yang dibeli tidak berkutu, cara lain untuk mendapatkan beras putih yang baik yakni membeli merk beras putih di toko terpercaya. Selain aman juga berasnya benar-benar terjamin. Dan yang terpenting lagi usahakan berasnya masih dalam kondisi baru. Terlebih lagi jika beras itu diberikan untuk bayi. 

7. Cium Aroma Beras

Memilih beras putih dan berkualitas tinggi adalah dengan mencium aroma beras. Kadang ada yang berbau wangi buatan dan hindarilah. Ada juga yang berbau apek, itu pertanda beras juga sudah lama dan tidak begitu enak dikonsumsi.  Karena itu, pilihlah beras yang aroma wanginya biasa dan tidak berbau apek.

8. Berhati-hatilah dengan Harga Murah

Ada beragam harga beras ditawarkan di  pasaran. Umumnya semakin berkualitas beras putih, maka semakin mahal harga yang ditawarkan dan rasanya juga semakin enak. 

Karena itu, berhati-hatilah bila menemukan beras berkualitas tapi ditawarkan murah. Dikhawatirkan, beras tersebut sudah lama dan tentunya tidak enak dan kurang baik untuk dikonsumsi. 

9. Gigit untuk Menguji Kualitas

Beras yang memiliki kualitas bagus, ketika digigit akan cenderung keras dan tidak mudah rapuh. Beras seperti ini juga memiliki rasa enak dan pulen.

Sementara beras rapuh itu  cenderung memiliki banyak air dan tidak bertahan lama. Mudah apek dan didatangi kutu. 

10. Bersih dan Tidak Bercampur Kotoran

Cara lain mendapatkan berat putih dan berkualitas tinggi adalah dalam keadaan bersih dan tidak bercampur kotoran apapun. Karena beras bersih kesehatannya lebih terjamin dan tentunya rasanya lebih enak dan pulen. 

Itulah 10 tips memilih beras putih yang berkualitas dan tidak mengandung kotoran apapun, seperti batu kerikil, gabah atau lainnya.

Intinya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memilih beras. Sebab dengan beras yang berkualitas, keluarga akan semakin sehat dan terjaga.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*