Mengenal Manfaat Squalane Oil untuk Kulit

  • Desember 10, 2021

Kulit memang perlu kandungan melembapkan sehingga tetap terhidrasi. Salah satu kandungan pelembap yang bisa digunakan adalah squalane oil. 

Squalane oil ini meniru minyak alami kulit sehingga jadi emolien yang sangat baik. Sumber minyak ini dari buah zaitun, tebu, dan dedak padi.

Apa Itu Squalane Oil?

Squalane umumnya didapat dari hati hiu dan juga berbagai jenis tanaman. Akan tetapi, sekarang sudah jarang ekstraksi dari hati hiu untuk mendapatkan squalane ini karena memiliki efek buruk untuk lingkungan.

Sehingga sekarang sebagai alternatif, squalane diekstraksi dari minyak zaitun, minyak biji gandum atau biji padi, serta tebu. 

Sebenarnya, secara alami tubuh manusia sendiri memproduksi squalane. Namun, akan mulai berkurang seiring bertambahnya usia. 

Squalane oil dapat membantu menghidrasi kulit

Kandungan emollient pada squalane  bisa melapisi kulit dan juga melembapkan kulit. Apalagi minyak ini dapat menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan residu dan lengket di kulit. 

Mengenal Beragam Manfaat Squalane Oil untuk Kulit

Squalane oil ini tak diragukan lagi memiliki banyak manfaat bagi kulit. Selain merawat kulit, minyak ini juga bisa merawat kesehatan rambut. 

Berikut manfaat squalane oil jika digunakan secara rutin.

  1. Menjaga kelembapan kulit

Salah satu manfaat squalane oil adalah menjaga kelembapan dan juga mencegah agar tidak terjadi kekeringan kulit. 

Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah tanda kulit sehat. Sehingga kulit terasa lembap dan tidak kering.

  1. Melindungi kulit dari UVA dan UVB

Squalane oil akan melembapkan dan melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Sehingga, skincare yang mengandung squalane oil akan membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. 

Namun, tentu saja kamu tetap perlu menggunakan sunscreen yang mengandung SPF dan PA+++.

  1. Membuat kulit lebih cerah

Skincare yang mengandung squalane oil juga diyakini bisa membuat kulit terlihat lebih sehat dan tidak kering. Selain membantu hidrasi kulit, minyak ini juga membantu membuat kulit jadi lebih cerah.

Adanya antioksidan dalam squalane oil bisa melawan kerusakan yang terjadi di kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen. 

Selain itu, manfaatnya juga bisa menghaluskan kulit tanpa membuatnya lengket dan berminyak.

  1. Meregenerasi sel kulit yang rusak lebih cepat

Skincare yang mengandung bahan ini ternyata cukup efektif menjaga kesehatan kulit dalam mencegah dan mengatasi penuaan.

Jadi squalane oil bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan serta mempercepat regenerasi sel kulit yang rusak.

  1. Menjaga produksi minyak dalam kulit

Kulit berjerawat atau berminyak bisa diperbaiki dengan minyak yangs atu ini. Bahkan squalane oil aman untuk semua jenis kulit, lho. 

Jadi minyak pelembap ini akan meresap dengan cepat ke dalam kulit sehingga mampu menghidrasi sekaligus menutrisi kulit. Bahkan bisa menjaga produksi minyak pada kulit.

  1. Mencegah kerusakan rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit saja, tapi minyak ini juga bagus untuk melembapkan rambut. Rambut yang rutin menggunakan squalane oil akan meningkatkan kilau rambut serta mencegah terjadinya kerusakan. 

Cukup menggunakan beberapa tetes squalane oil ke telapak tangan, lalu pijat ke rambut sebelum keramas. 

Cara Menggunakan Squalane Oil

Agar hasil dari penggunaan squalane ini maksimal, maka perlu diketahui cara yang benar menggunakannya.

  • Bisa gunakan langsung di wajah dengan meneteskan 2-3 minyak ke telapak tangan dan aplikasikan di wajah dan leher. Pijat dengan lembut agar membantu menyerap dengan sempurna. Bisa juga dicampur dengan eye cream atau moisturizer agar hasilnya lebih maksimal.
  • Jika digunakan di rambut, maka aplikasikan di bagian ujung rambut. Ini akan membuat rambut jadi berkilau dan sedikit mengempis. Bisa juga dicampur beberapa tetes dengan hair mask kamu.
  • Jika ingin digunakan untuk perawatan tubuh, maka bisa dengan meneteskan minyak di telapak tangan, kemudian aplikasikan di area tubuh yang kering atau butuh dilembapkan. Bisa digunakan juga setelah sun care dengan cara yang sama. 

Itulah beberapa manfaat dan cara menggunakan squalane oil untuk menjaga kesehatan kulit serta rambut. Apakah kamu tertarik untuk mencoba minyak yang satu ini?

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*