Mengenal Manfaat Obat Lasgan dan Aturan Pakainya

  • Januari 3, 2022

Masalah pencernaan memang seringkali mengganggu aktivitas. Banyak masalah pencernaan yang terjadi pada tubuh manusia, seperti luka pada dinding lambung atau tukak lambung atau luka pada usus 12 jari. 

Untuk masalah ini ada beberapa obat yang bisa diambil untuk mengatasinya, namun biasanya merupakan obat keras yang memerlukan lampiran resep dokter. Salah satunya adalah obat Lasgan kapsul.

Berikut manfaat serta dosis dan aturan pakai obat Lasgan.

Manfaat Lasgan

Lasgan merupakan obat kapsul produksi Lapi Laboratories yang termasuk dalam kelas terapi gastrointestinal dan hepatobiliary systems. Obat ini dikemas dalam bentuk strip yang terdiri dari 10 tablet. Harganya berkisar mulai dari Rp20.000 per 1 stripnya. 

Kandungan dari Lasgan yaitu zat aktif lansoprazole dengan komposisi 30 mg per kapsul. Indikasi atau manfaat dari obat Lasgan, meliputi:

  • Mengobati luka pada dinding lambung

Luka pada dinding lambung atau tukak lambung umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), maupun penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen sodium dalam jangka panjang. 

Luka ini bisa diperburuk dengan stress dan makanan pedas, tapi bukan menjadi penyebab utamanya. Gejalanya dapat berupa sakit perut dengan rasa terbakar, perasaan kenyang, kembung atau bersendawa, intoleransi terhadap makanan berlemak, maag, dan mual.

  • Mengobati luka pada dinding usus 12 jari (duodenum)

Selain luka pada dinding lambung, luka pada dinding usus 12 jari atau dikenal dengan tukak duodenum juga dapat diobati. Luka ini juga disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Helicobacter pylori, atau H. pylori. Bakteri dapat menyebabkan lapisan duodenum meradang dan terbentuknya bisul.

Faktor lain seperti merokok, minum banyak alkohol atau stress dapat meningkatkan kemungkinan untuk terkena tukak duodenum menurut Health Direct, tapi ini tidak sekuat infeksi bakteri H.Pylori.

Gejalanya pun sama dengan tukak lambung, seperti memiliki rasa sakit di perut, gangguan pencernaan, merasa sangat kenyang dan kembung setelah makan, mual, dan menurunkan berat badan.

  • Menurunkan kelebihan produksi asam lambung

Ada sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan asam lambung tinggi dan seringkali menyebabkan kelebihan produksi hormon gastrin. Hormon gastrin ini bekerja dengan memberi tahu perut untuk memproduksi lebih banyak asam lambung.

Pemicu kelebihan dari produksi hormone gastrin hingga kenaikan asam lambubng ini dapat berupa sindrom Zollinger-Ellison, infeksi bakteri H.Pylori, obstruksi saluran keluar lambung, dan gagal ginjal kronis. 

Dosis dan Aturan Pemakaian Obat Lasgan

Karena merupakan obat keras, maka penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk atau resep dokter yang telah diberikan. Dalam kemasan, dosis yang dapat diambil berkisar:

  • Untuk penderita tukak lambung: 1 kali sehari 1 kapsul, selama 8 minggu
  • Untuk penderita tukak usus 12 jari: 1 kali sehari 1 kapsul, selama 4 minggu

Kedua dosis dianjurkan untuk penggunaan pada orang dewasa bukan anak-anak. Dosis anak-anak bisa didasarkan pada usia dan berat badan, tapi setelah diresepkan dokter. Kapsul ini dapat diminum saat perut kosong atau sebelum makan atau minimal 30 menit hingga 60 menit sebelum makan di pagi hari. Apabila Anda diberi dosis 2 kali sehari Anda bisa meminumnya di pagi dan malam hari saat perut kosong.

Jangan menambah dosis atau minum obat ini lebih sering dari yang telah diarahkan dokter. telan obat secara utuh dan jangan menghancurkan atau mengunyah kapsul. Jika Anda kesulitan untuk minum kapsul, konsultasikan pada dokter dan apoteker untuk cara terbaik meminumnya, atau mungkin dokter Anda akan menyediakan bentuk lain atau obat lainnya.

Obat Lasgan adalah obat keras yang biasanya diresepkan untuk mereka yang menderita tukak lambung atau tukak duodenum. Di dalamnya terdapat zat aktif lansoprazole yang meredakan gejala kenaikan asam lambung, membantu penyembuhan tukak lambung, mengobati gejala penyakit GERD, membasmi Helicobacter pylori, dan untuk mengobati kondisi hipersekresi seperti Sindrom Zollinger-Ellison.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*