Mengenal Manfaat dan Tips Memilih Susu Ibu Hamil yang Bagus

  • Agustus 20, 2021

Masa kehamilan merupakan periode penting dalam perjalanan pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu hamil sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi agar janin tumbuh dengan optimal. Salah satu yang dianjurkan adalah mengonsumsi susu ibu hamil yang bagus

Susu ibu hamil yang dimaksud adalah yang mengandung berbagai nutrisi lengkap di dalamnya sehingga bisa memenuhi kebutuhan ibu dan janin dalam kandungan. Memang, apa saja sih manfaat dari susu ibu hamil? Simak selengkapnya berikut ini.

Susu ibu hamil yang bagus mengandung berbagai nutrisi

Mengenal Manfaat Minum Susu Ibu Hamil yang Bagus

  1. Susu sebagai sumber kalsium

Kalsium memang sangat diperlukan saat hamil untuk memenuhi kebutuhan janin akan mineral. Kalsium yang dibutuhkan oleh wanita hamil yang berusia di atas 19 tahun adalah sebanyak 1000 mg. Sedangkan wanita hamil yang belum berusia 19 tahun setidaknya membutuhkan 1300 kalsium per harinya. 

  1. Mencegah berat bayi rendah saat lahir

Dalam susu ibu hamil yang bagus tentu mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk mencegah rakhitis neonatal dan mencegah berat badan bayi saat lahir rendah. Satu porsi susu ibu hamil mengandung 115 – 124 IU, sedangkan kebutuhan vitamin D harian adalah 400 IU.

  1. Menguatkan rahim

Protein punya peran yang tak kalah pentingnya. Selain memasok makanan pada janin, protein juga membantu menguatkan rahim, meningkatkan pasokan darah, dan jaringan payudara. 

Ibu hamil setidaknya membutuhkan 65 gram protein per harinya. Sedangkan satu gelas susu ibu hamil mengandung 8,22 gram protein.

  1. Mencegah dehidrasi

Susu ibu hamil yang dikonsumsi juga bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga dapat mencegah bahaya dehidrasi. 

  1. Mencegah terjadinya masalah lambung

Selama masa kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami masalah lambung hingga pencernaan. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan minum susu ibu hamil karena bersifat antacid.

  1. Mencegah anemia

Ibu hamil yang rutin konsumsi susu yang mengandung asam folat dan vitamin seimbang bisa mencegah terjadinya anemia megaloblastik. Asam folat ini diyakini akan membantu proses pembentukan sel otak janin dan mencegah ibu mengalami anemia. 

  1. Membantu pembentukan sel darah merah

Susu ibu hamil biasanya juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya anemia pada ibu. Selain itu, zat beso juga membantu proses pembentukan sel darah merah janin saat berada dalam kandungan,

  1. Membantu pertumbuhan tulang janin

Kalsium yang tercukupi akan membantu proses pembentukan gigi dan tulang janin. Kandungan kalsium dalam susu ibu hamil memang tinggi sehingga juga dapat mencegah osteoporosis pada ibu hamil selama masa kehamilan.

Cara Memilih Susu Ibu Hamil yang Tepat

Perlu diketahui bahwa, susu ibu hamil yang bagus adalah susu yang di dalamnya terkandung nutrisi lengkap. Nutrisi ini penting untuk menjaga kondisi kesehatan kehamilan Anda.

Nutrisi yang penting dalam susu hamil adalah kalsium, protein, kalium, fosfor, AHA, DHA, asam folat, dan vitamin lainnya. Susu hamil juga sebaiknya mengandung piridoksin atau B6. Sebab, makanan dan minuman dengan kandungan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Piridoksin ini akan membantu menghilangkan mual selama kehamilan. 

Tips memilih susu untuk ibu hamil adalah pastikan susu sudah dipasteurisasi. Maksudnya, susu sudah melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi yang tujuannya untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan susu yang mentah dapat membahayakan kesehatan kehamilan Anda.

Beberapa Rekomendasi Susu Ibu Hamil yang Bagus

Jika Anda masih bingung memilih mana susu ibu hamil yang bagus yang dapat dikonsumsi, maka berikut ada beberapa pilihannya:

  • Prenagen Mommy
  • Lactamil Pregnasis
  • SGM Bunda
  • Lovamil
  • Friso Gold Mum
  • Anmum Materna
  • SUN Ibu
  • Frisian Flag Mama
  • Enfamama A+
  • Vidoran Ibunda Milk

Itulah berbagai manfaat dan beberapa rekomendasi susu ibu hamil yang bagus untuk Anda. Pilihlah susu yang mengandung nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan Anda dan janin.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*