Manfaat Telur Salmon, Benarkah Bisa Bikin Pintar?

  • Februari 11, 2021

Ada banyak manfaat telur salmon untuk kesehatan. Hal ini karena telur salmon mengandung omega-3 sebanyak 3,5 kali lipat dari salmon itu sendiri. 

Selain kandungan omega-3, telur salmon juga kaya akan nutrisi penting dan juga rendah kalori. Mengonsumsi telur salmon mampu mengurangi risiko terkena peradangan hingga penyakit jantung. 

Telur salmon dan kandungannya

Telur salmon merupakan salah satu makanan yang paling sehat yang sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu. 

Telur salmon biasanya memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari ukuran 5 mm hingga 1 cm. Telur salmon terbaik biasanya memiliki tekstur yang lebih keras. 

Kandungan dalam telur salmon yang bagus untuk tubuh diantaranya mengandung antioksidan, vitamin B12, C, E, dan D, serta mengandung folat, tiamin, dan selenium. Selain itu, telur salmon juga dikenal dengan kandungan asam lemak sehat seperti omega-3, omega-6, omega-7, dan omega-9.

Berikut informasi kandungan nutrisi pada telur salmon dalam satu sendok makan.

  • Kalori sebanyak 20
  • Protein sebanyak 3 gram
  • Lemak sebanyak 1 gram
  • Karbohidrat 0 gram
  • Serat sebanyak 0 gram
  • Gula sebanyak 0 gram
  • Mengandung kalium
  • Vitamin A
  • Vitamin B12
  • Vitamin C

Selain karena putrinya yang berlimpah, orang suka mengonsumsi telur salmon juga karena rasanya yang enak. 

Mengonsumsi telur salmon bisa bikin pintar?

Otak sendiri membutuhkan DHA (Docosahexanoic acid)(, yakni merupakan senyawa asam lemak omega-3  yang memiliki peran penting dalam perkembangan organ tubuh sejak di dalam kandungan. Kandungan DHA sendiri ada di dalam makanan alami seperti ASI, beberapa jenis ikan salah satunya yakni telur salmon yang mengandung asam lemak omega-3 yang baik. 

Berdasarkan penelitian, disebutkan bahwa DHA sangat diperlukan untuk pertumbuhan otak manusia sejak di dalam kandungan. Telur salmon sendiri mengandung DHA dalam bentuk fosfolipid yang menurut beberapa penelitian memiliki manfaat yang lebih bagus dibandingkan dengan bentuk DHA lainnya. 

Fungsi DHA yang ada di dalam telur salmon penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan fungsi saraf. Jika tubuh kekurangan DHA saat masih di dalam kandungan maka bisa menyebabkan gangguan mental seperti ADHD atau ketidakmampuan belajar. Kekurangan DHA juga bisa berisiko mengalami demensia. 

Selain itu, telur salmon juga memiliki kandungan vitamin D, kolin, tembaga, dan selenium yang cukup tinggi. Penelitian menunjukkan jika kandungan kolin bisa membantu kinerja kognitif serta mencegah kecemasan. Kolin sangat penting untuk otak yang sehat dan berfungsi dengan baik. Telur salmon juga memiliki 65,5 mcg selenium per 100 gr yang penting untuk kinerja motorik, koordinasi, memori, dan juga kognisi. 

Manfaat telur salmon untuk kesehatan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika telur salmon memiliki nutrisi yang penting dan juga rendah kalori. Tak heran jika para ahli merekomendasikan telur salmon sebagai makanan sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan beberapa manfaat telur salmon yang kaya akan omega-3. Berikut beberapa di antaranya:

Mengurangi risiko terkena penyakit

Telur salmon dikenal dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Hal ini baik untuk mengurangi kemungkinan risiko terkena penyakit jantung. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan jika mengonsumsi telur salmon satu kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung secara signifikan.

Janin berkembang dengan sehat

Asam lemak omega-3 yang ada di dalam telur salmon juga bisa membantu untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. Dokter biasanya menganjurkan wanita hamil untuk mengonsumsi makanan laut, di antaranya telur salmon sebanyak 8-12 ons per minggu. 

Mengurangi peradangan

Beberapa penelitian juga menunjukkan jika rutin mengonsumsi telur salmon yang kaya akan Omega-3 bisa mengurangi peradangan yang terjadi. Kandungan omega-3 nya bisa mengurangi nyeri. 

Sebagai antioksidan

Telur salmon kaya akan antioksidan serta mengandung vitamin A, C, dan E. Fungsi antioksidan sendiri melindungi sel dari stres oksidatif yang bisa terjadi karena radikal bebas seperti sinar UV, merokok, polusi udara, peradangan, hingga pola makan yang tidak sehat. 

Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Kandungan asam lemak omega-3 pada telur salmon disebut mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Setidaknya konsumsi telur salmon satu kali dalam seminggu.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*