Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Herbal Tea Secara Rutin

  • April 30, 2021

Meminum teh atau kopi mungkin sudah menjadi kebiasaan sebagian orang di dunia, termasuk di Indonesia. Bagi Anda yang gemar meminum teh, mungkin Anda bisa mulai mencoba beralih ke herbal tea yang lebih bermanfaat bagi kesehatan. 

Sebagian besar teh herbal dibuat dari bahan-bahan alami atau natural. Hal ini membuat teh herbal menjadi lebih kaya akan beragam manfaat. 

Apa saja manfaat mengonsumsi herbal tea

Manfaat dari setiap jenis teh herbal mungkin berbeda-beda, tergantung pada bahan alami yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan teh. Namun, secara garis besar, berikut ini manfaat umum yang bisa Anda dapatkan: 

  • Mencegah penyakit kronis

Ada beberapa penyakit kronis yang umum menyerang orang-orang seiring bertambahnya usia. Contohnya seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, maupun diabetes.

Seluruh penyakit kronis ini bisa dihindari dengan rutin mengonsumsi teh herbal. Hal ini bisa terjadi karena teh herbal dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan itu efektif untuk menangkal radikal bebas, mencegah tubuh Anda terserang penyakit. 

Secara khusus, bila Anda ingin mendapatkan manfaat ini dari teh herbal, Anda bisa mencoba meminum teh herbal dari dari tanaman hibiscus atau kembang sepatu, serta teh rooibos

  • Melancarkan sistem pencernaan

Pola makan yang buruk rentan membuat Anda mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Bila hal ini terjadi, salah satu cara mengatasinya adalah meminum herbal tea

Teh herbal mampu menyerap gas yang terkumpul di sistem pencernaan Anda, serta meningkatkan aliran darah ke seluruh saluran pencernaan. Ini juga akan berdampak pada berkurangnya radikal bebas yang berbahaya di sistem pencernaan Anda. 

Anda bisa merasakan manfaat ini bila secara khusus meminum teh herbal dari kandungan jahe serta tanaman chamomile. Melalui kedua jenis teh herbal ini, saluran pencernaan Anda akan bekerja dengan lebih baik dalam menyerap nutrisi yang sehat.

  • Merangsang fungsi otak

Teh herbal jenis apa pun mampu bekerja dengan baik untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Otak akan mendapatkan nutrisi dan oksigen dengan lebih maksimal, sehingga kemampuan fungsi otak Anda pun akan meningkat.

Namun, Anda tidak bisa merasakan manfaat ini hanya dengan sekali saja meminum teh herbal. Sebaiknya, konsumsilah teh herbal secara rutin dan teratur untuk bisa merasakan peningkatan pada fungsi otak Anda. 

Teh herbal dari jahe juga bisa menjadi salah satu jenis teh herbal yang memberikan manfaat ini. Selain itu, manfaat ini juga bisa didapatkan dari teh lemon balm.

  • Mengendalikan stres

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis herbal tea mampu mengendalikan serta mencegah stres? Salah satu contohnya adalah teh hijau.

Di dalam teh hijau, terdapat kandungan asam amino yang disebut theanine. Kandungan ini sering digunakan sebagai bahan dasar suplemen untuk mengatasi depresi, gangguan kecemasan, serta meredakan stres.

Mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa membantu Anda untuk mengelola stres dengan lebih baik. Bukan hanya teh hijau, teh herbal dari chamomile juga bisa berperan dalam memberikan efek ini. 

Masih ada banyak lagi manfaat dari mengonsumsi teh herbal secara rutin dan teratur. Semua manfaat itu bisa Anda rasakan jika Anda mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi teh dari bahan alami. Terkadang, herbal tea bisa memiliki rasa yang kurang mengenakkan. Namun, hindari menambahkan pemanis tambahan atau bahan-bahan lainnya dalam teh herbal untuk mempertahankan nutrisi yang diberikan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*