Manfaat Kentang untuk Wajah Sangat Banyak, Ini Cara Membuat Maskernya

  • Desember 31, 2021

Pernahkah Anda mendengar manfaat kentang untuk wajah? Nah, kentang disebut-sebut bisa membuat kulit wajah jadi lebih cerah, menghilangkan jerawat, hingga mengurangi munculnya tanda penuaan kulit wajah. 

Beragam Manfaat Kentang untuk Wajah

Ternyata kentang tidak hanya bisa dimakan karena mengandung karbohidrat, tapi ada juga berbagai manfaat kentang untuk wajah sebagai masker alami yang menggiurkan. 

Berikut ada beberapa manfaat kentang untuk kulit yang perlu Anda diketahui.

  • Bisa mencerahkan kulit wajah
  • Mengobati jerawat pada kulit wajah
  • Mampu menyamarkan bekas jerawat
  • Meningkatkan produksi kolagen karena mengandung vitamin C
  • Mencegah terjadinya penuaan dini di kulit
  • Mengatasi area bawah mata yang menghitam

Cara Membuat Masker Wajah Alami dari Kentang

Sebenarnya belum ada satu studi pun yang membuktikan bahwa kentang memiliki manfaat sebagai masker wajah. Namun jika memang tertarik mendapatkan berbagai manfaat kentang untuk wajah, maka bisa mencoba berbagai cara berikut ini.

  1. Masker dari kentang dan lemon

Untuk mendapatkan manfaat kentang, Anda bisa mencoba mencampur kentang dengan perasan lemon. 

Campuran kedua bahan ini bisa berguna sebagai astringent yang berguna membantu mengurangi minyak berlebih di wajah, membuka pori-pori wajah yang tersumbat, serta meratakan warna kulit. 

Cara membuatnya mudah saja. Pertama, siapkan 2 sendok teh jus kentang, 2 sendok teh perasan lemon, dan juga 1/2 sendok teh madu. Campuran madu ini hanya opsional saja. 

Kemudian, campurkan jus kentang dan air perasan lemon terlebih dahulu hingga merata. Kemudian, baru masukkan madu ke dalamnya. Jika kulit Anda iritasi dengan air lemon, maka bisa ditambah beberapa tetes air.

Masker kentang tinggal dioleskan di permukaan wajah hingga leher. Namun, pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya. Diamkan lebih kurang 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

  1. Masker kentang dengan madu

Anda juga bisa mencoba membuat masker wajah dari campuran kentang dan madu. Campuran ini diyakini bisa membuat kulit wajah jadi tampak lebih cerah dan bersinar.

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan jus kentang 3 sendok makan dan madu 2 sendok makan. Campurkan kedua bahan ini hingga merata. 

Jika sudah, maka aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan lebih kurang selama 10-15 menit lamanya atau hingga masker mengering. Bilas wajah dengan air bersih.

  1. Masker wajah dari kentang dan tomat

Ternyata Anda juga bisa membuat masker dari campuran kentang dan tomat. 

Masker ini disebut bisa melawan radikal bebas karena kaya akan antioksidan. Selain itu juga disebut bisa membasmi bakteri di kulit dan bakteri penyebab jerawat.

Adapun cara membuat masker dari kentang dan tomat ini mudah. Anda membutuhkan masing-masing 1 sendok makan jus tomat, jus kentang, dan madu. Takarannya 1:1:1.

Kemudian, campurkan jus kentang dan jus tomat dalam satu wadah terlebih dahulu secara merata. Lalu masukkan madu, aduk kembali.

Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu aplikasikan masker ke wajah secara merata. Tunggu masker mengering atau selama 15-20 menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih.

  1. Masker kentang dengan stroberi

Manfaat kentang untuk wajah juga bisa didapat dengan mencampurkannya dengan stroberi. Masker wajah ini diyakini bisa mengurangi tanda penuaan di kulit. Apalagi stroberi mengandung vitamin C yang tinggi dan asam folat. 

Cara membuat masker kentang dan stroberi ini juga mudah, yaitu dengan menghaluskan 1 buah kentang dan 2 buah stroberi menggunakan blender. Lalu campurkan 1/2 sendok teh madu dan aduk hingga rata. 

Jika sudah, aplikasikan masker ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu masker selama 15-20 menit setelah dioleskan. Lalu, bilas wajah hingga bersih menggunakan air bersih.

Itulah beberapa cara membuat masker dari kentang untuk mendapatkan berbagai manfaat kentang untuk wajah yang bisa dicoba.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*