Manfaat hingga Aturan Pakai Dramamine Tablet 50 Mg

  • Januari 14, 2022

Bagi Anda yang memiliki keluhan sakit kepala hingga mual dalam perjalanan, penanganan pertamanya ialah dengan meminum obat. Salah satu obat yang direkomendasikan dalam kasus tersebut adalah Dramamine Tablet 50 Mg. 

Perlu diketahui bahwa Dramamine mengandung zat aktif Dimenhydrinate. Fungsi utamanya, mencegah hingga mengobati mual dan pusing yang disebabkan mabuk perjalanan. Obat ini juga termasuk dalam kelas obat yang disebut antihistamin yang mana bisa mencegah masalah dengan keseimbangan tubuh. 

Lalu, apa saja manfaat serta aturan pemakaian saat mengonsumsi obat tersebut? Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini. 

Manfaat mengonsumsi Dramamine 

Karena Dramamine mengandung zat aktif dimenhydrinate, kegunaannya lebih efektif dalam mencegah dan mengobati mabuk perjalanan serta mual dengan kondisi tertentu. Kondisi yang dimaksud seperti pembedahan, radiasi, dan kemoterapi.  

Selain itu, Dimenhydrinate juga terkadang digunakan untuk mengobati penyakit Meniere (kondisi telinga bagian dalam yang mengakibatkan pusing parah atau vertigo, kehilangan keseimbangan, telinga berdenging, dan gangguan pendengaran) dan masalah telinga bagian dalam lainnya. 

Bagaimana seharusnya obat ini digunakan? 

Hadir berupa tablet dan tablet kunyah, Dramamine bisa dikonsumsi untuk diminum dengan atau tanpa makanan. Pemakaian dosis pertama harus diminum 30 menit hingga 1 jam sebelum Anda bepergian atau memulai aktivitas lainnya. Fungsinya, mencegah mabuk perjalanan. 

Berikut ini dosis serta aturan pemakaiannya sesuai usia. 

– Orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua dari usia 12 tahun biasanya dapat mengonsumsi dimenhidrinat setiap 4 hingga 6 jam sesuai kebutuhan untuk mencegah atau mengobati mabuk perjalanan. 

– Anak-anak berusia di bawah 12 tahun dapat diberikan obat Dramamine setiap 6 hingga 8 jam sesuai atyran pemakaian serta kebutuhan dalam mencegah dan mengobati mabuk perjalanan. 

– Lebih lanjut, ikuti petunjuk pada kemasan dengan hati-hati. Selain itu, tanyakan ke dokter ataupun apoteker gunaan lebih detailnya.

– Ambil dimenhydrinate persis seperti yang diarahkan. Jangan sekali-kali mengonsumsi obat ini dengan dosis yang asal. Misalnya, mengambil kurang atau melebihi aturan pemakaian. 

– Jangan memberikan dimenhydrinate kepada anak-anak di bawah usia 2 tahun kecuali dokter Anda telah memberi tahu Anda untuk melakukannya. Sebab, kematian dapat terjadi akibat penyalahgunaan antihistamin pada anak-anak yang masih sangat kecil.

– Jangan menggunakan obat ini tanpa saran dokter jika Anda sedang hamil karena akan berdampak pada bayi dalam kandungan Anda. 

– Tidak diketahui apakah dimenhydrinate masuk ke dalam ASI atau apakah itu dapat membahayakan bayi yang menyusui.  Jangan menggunakan obat ini tanpa anjuran dokter jika Anda sedang menyusui bayi. 

Karena itu, dalam mengonsumsi Dramamine, bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko penggunaan obat ini untuk kondisi Anda. 

Kondisi medis yang harus diperhatikan sebelum minum obat Dramamine 

Anda tidak boleh menggunakan Dramamine jika Anda alergi terhadapnya. Untuk itu, tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah aman bagi Anda untuk menggunakan obat tersebut. 

Ada pula beberapa kondisi medis yang harus diperhatikan apabila Anda ingin mengonsumsi obat ini seperti berikut. 

– penyakit hati atau ginjal

– masalah buang air kecil

– penyakit jantung, tekanan kejang

– riwayat kejang

– penyumbatan di saluran pencernaan

– tiroid yang terlalu aktif

– glaukoma

– asma 

– bronkitis 

– emfisema 

– hingga gangguan pernapasan lainnya

Aturan minum obat Dramamine 

Untuk mengonsumsi obat Dramamine, terdapat benerapa hal yang harus Anda perhatikan seperti berikut ini. 

– Gunakan onat tersebut persis seperti aturan pada kemasan ataupun yang diresepkan oleh dokter Anda. 

– Minumlah Dramamine mulai 30 hingga 60 menit sebelum bepergian untuk mencegah mabuk perjalanan. 

– Anda dapat mengonsumsi dimenhidrinat dengan atau tanpa makanan.

-Tablet kunyah harus dikunyah sebelum Anda menelannya.

– Jika Anda memerlukan pembedahan, beri tahu ahli bedah sebelumnya jika Anda telah mengonsumsi dimenhydrinate dalam beberapa hari terakhir.

– Simpan pada suhu yang jauh dari kelembaban dan panas atau suhu di bawah 30°C.

Apa yang terjadi jika melewatkan satu dosis? 

Karena dimenhydrinate digunakan saat dibutuhkan, Anda mungkin tidak berada dalam jadwal pemberian dosis. Jika sudah waktunya untuk mengonsumsi obat tersebut tapi terlewat, gunakan dosis yang terlewat segera.  

Selain itu, jangan berlebihan dalam menggunakan obat tersebut karena bisa mengakibatkan overdosis. Gejala overdosis mungkin termasuk kantuk yang ekstrem, lekas marah, pupil melebar, halusinasi, atau kejang.  

Pada anak-anak, overdosis dapat menyebabkan lekas marah atau gelisah diikuti dengan kantuk yang parah. Karena itulah selalu tanyakan pada dokter ataupun apoteker dalam penggunaan serta dosis yang benar agar tidak mengakibatkan hal buruk terjadi. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*