Manfaat dan Cara Menggunakan Conditioner untuk Rambut Kering

  • September 29, 2021

Conditioner pada umumnya sering digunakan usai mencuci rambut. Sementara sampo dibuat khusus untuk membersihkan keringat, sel kulit mati, dan produk rambut, conditioner untuk rambut kering akan membuat rambut jadi lebih lembut dan mudah diatur, serta melindungi batang rambut dari kerusakan.

Pada umumnya, sampo sering menggunakan bahan kimia yang kasar saat digunakan untuk membersihkan rambut. Tak hanya itu saja, rambut yang baru saja dicuci menggunakan sampo cenderung menjadi lebih kering, kusam, dan sulit ditata.

Conditioner untuk rambut kering dapat membantu melembapkannya

Conditioner untuk rambut kering biasanya mengandung alkohol lemak, humektan, dan minyak untuk membuat rambut menjadi lebih lembut dan fleksibel. Beberapa produk juga ada yang terdapat protein yang berfungsi untuk mengikat sementara ujung rambut yang bercabang dan beberapa produk ada yang memiliki zat pengental yang membuat rambut terasa lebih penuh atau bervolume.

Saat memilih produk conditioner untuk kulit kering, sangat penting untuk memilih jenis yang tepat untuk rambut dan jenis kulit Anda. Hal ini karena bahan atau formula yang menyusun produk yang berbeda juga dapat menawarkan manfaat yang berbeda dan memiliki potensi efek samping yang berbeda pula.

Cara Menggunakan Conditioner Rambut

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan conditioner untuk rambut kering.

  • Cuci rambut Anda atau keramas di kamar mandi, bilas semua produk sampo yang masih ada di rambut.
  • Gunakan jumlah conditioner yang direkomendasikan pada petunjuk penggunaan yang ada di botol.
  • Kemudian, oleskan produk conditioner untuk rambut kering secara merata di ujung rambut Anda. untuk rambut yang panjang, sebarkan dari tingkat dagu ke bawah. Anda juga perlu mengingat bahwa Anda tidak boleh mengaplikasikan produk conditioner langsung ke kulit kepala Anda.
  • Gunakan jari Anda atau sisir bergigi jarang melalui ujung rambut untuk mengaplikasikan conditioner.
  • Biarkan produk conditioner menempel di rambut Anda sejenak, biasanya harus didiamkan selama 1 menit.

Cara Memilih Conditioner yang Tepat untuk Rambut 

Saat memilih conditioner untuk rambut kering, pertimbangkan jenis rambut dan rutinitas penataan rambut. Rambut dengan tekstur yang berbeda akan membutuhkan bahan conditioner yang berbeda untuk merawat rambut dengan baik. Dan jika Anda mengeringkan rambut setiap hari atau sering diwarnai, juga akan membutuhkan kelembapan ekstra.

Memilih Conditioner untuk Rambut Diwarnai

Jika rambut Anda sudah diwarnai atau dikeriting, maka rambut akan mengalami kerusakan lebih. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan shampo dan conditioner yang cocok untuk rambut yang diwarnai. Anda juga bisa meminta rekomendasi produk conditioner dari salon tempat Anda mendapatkan perawatan rambut.

Memilih Conditioner untuk Rambut Bertekstur

Beberapa orang memiliki batang rambut yang lebih tebal daripada yang lain. Jika hal ini menimbulkan masalah, Anda perlu mencari produk conditioner yang lebih kuat yang akan menyembuhkan dan melindungi rambut dengan lebih baik.

Memilih Conditioner untuk Rambut Keriting

Rambut keriting rentan menjadi lebih kering. Jika Anda memiliki jenis rambut yang keriting, itu artinya Anda perlu lebih rajin mengoleskan produk conditioner secara merata di rambut Anda. Gunakan sisir bergigi jarang di kamar mandi, dan diusapkan ke rambut setelah menggunakan conditioner.

Efek Samping Menggunakan Conditioner

Seharusnya menggunakan produk conditioner untuk rambut kering tidak memiliki efek samping. Akan tetapi, jika kulit Anda rentan timbul jerawat, sebaiknya tarik rambut Anda ke atas dengan jepit rambut saat Anda menggunakan conditioner. Cegah produk conditioner untuk menempel di kulit wajah Anda. Meskipun reaksi jarang terjadi, Anda perlu memperhatikan jika produk conditioner untuk rambut kering berisiko untuk mengiritasi kulit kepala Anda. Risiko yang bisa timbul berikutnya adalah membuat reaksi seperti sensasi terbakar di mata atau hidung Anda.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*