manfaat berenang

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Apa Saja?

  • Desember 2, 2021

Berenang merupakan olahraga yang dilakukan dengan menggerakkan anggota badan berupa kaki tangan pada permukaan air.

Karena tempatnya adalah permukaan air, olahraga ini bisa dilakukan di kolam renang, sungai, danau, dan laut, dengan berbagai gaya.

Dewasa ini, olahraga air ini cukup digemari bukan karena sebagai cara untuk menyintas atau menyelamatkan diri saat terjadi musibah kapal tenggelam di laut dan sungai serta untuk mempermudah evakuasi saat banjir, namun juga karena ada banyak manfaat yang bisa diberikan untuk tubuh.

Lalu apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini!

Menjaga kesehatan otot dan tulang

Bagi Anda yang ingin tetap sehat pada otot dan tulang, olahraga air ini dapat menjadi salah satu solusinya.

Ini karena renang adalah olahraga yang memungkinkan semua anggota badan bergerak di dalam air yang agak berat sehingga butuh perjuangan untuk bisa melintasinya. Otot trisep Anda akan meningkat karena olahraga ini.

Menyehatkan jantung dan paru-paru

Renang merupakan olahraga yang cukup tepat bagi Anda yang ingin menyehatkan dua organ tubuh penting bagi pernapasan dan aliran darah, yaitu jantung dan paru-paru.

Keduanya juga merupakan organ pernapasan yang vital dan bisa sering terdampak penyakit kronis.

Dengan renang aliran udara ke paru-paru menjadi lebih baik saat pernapasan relaksasi bahkan lebih bagus daripada berlari

Selain itu, tekanan darah dalam tubuh Anda turun dan lebih terkontrol, dan pernapasan dengan sendirinya menjadi lebih panjang dan teratur.

Menurunkan berat badan

Sebenarnya menurunkan berat badan bisa dengan berbagai macam olahraga seperti berlari dan bersepeda.

Namun ternyata dari kedua olahraga di atas berenang merupakan olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Ini karena renang adalah olahraga yang melintasi permukaan air yang tentu saja berat, dan harus menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Meredakan stres

Apabila Anda sedang stres, sebaiknya renang saja karena ternyata olahraga air ini dapat meredakan stres yang Anda punya.

Dampaknya juga Anda akan merasa relaks karena adanya otot yang mengalami peregangan dan disertai dengan ternik pernapasan untuk mendapat oksigen.

Meninggikan badan

Selain olahraga basket dan voli, renang juga dapat meninggikan badan secara tidak langsung. Ini karena olahraga air ini mengandalkan kekuatan fisik seluruh anggota tubuh.

Karena manfaatnya yang demikian olahraga air ini sangat cocok bagi anak-anak di masa tumbuh-kembang mereka.

Meningkatkan keseimbangan 

Renang juga bisa membantu Anda belajar meningkatkan keseimbangan karena sifat olahraga ini yang menggerakkan seluruh anggota badan.

Hasilnya juga adalah otot-otot perut dan punggung bawah berkembang serta serat otot dan ligamen meregang.

Menurunkan risiko terkena diabetes

Jika Anda ingin mencegah dari diabetes, langkah paling mudah sebenarnya adalah melakukan olahraga renang.

Diketahui renang dapat membakar sebanyak 900 kalori selama 30 menit dan 3 kali sehari dalam seminggu.

Jumlah seperti itu selain menurunkan lemak sangat banyak juga cukup menghindarkan diri dari diabetes.

Membuat awet muda

Tentu ini yang Anda inginkan apalagi jika sampai tua. Ini karena pengaruh renang itu sendiri terhadap tubuh dan organ-organnya seperti pembuluh darah dan jantung.

Selain itu, otot-otot dan tulang-tulang yang ada menjadi kuat dan tidak lemah. Jika Anda renang secara aktif akan membuat Anda 20 tahun lebih muda.

Mencerdaskan otak

Ini karena berenang memperlancar aliran darah sehingga mencerdaskan otak, dan ini berhubungan dengan tekanan air pada rongga dada.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*