Makanan Wajib Dihindari oleh Penderita Penyakit Diabetes

  • Desember 23, 2021

Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan selama Anda menjalani gaya hidup yang sehat dan berobat secara teratur. Anda bisa memulainya dengan memilih aktivitas fisik yang menyehatkan seperti berolahraga maupun menghindari pantangan. Mengupayakan hidup sehat bagi penderita penyakit diabetes tentu saja membutuhkan pengorbanan. Anda harus mengendalikan diri untuk tidak sembarangan memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Apabila gaya hidup tidak diatur dengan baik, maka akan berakibat pada kondisi kesehatan yang memburuk. Itulah sebabnya penting bagi penderita untuk menjaga kesehatan dengan mematuhi pantangannya. Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari para penderita diabetes? Berikut ulasannya!

penyebab diabetes

Makanan Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Penyakit diabetes menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dan juga bisa menimbulkan resistensi insulin. Untuk mencegah dan mengatasinya, penderita harus menghindari makanan yang terlalu manis dan mengutamakan konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah. Menjaga pola makan penting dengan tujuan mengontrol berat badan serta menurunkan tekanan darah demi menghindari risiko penyakit jantung, dan lain-lain. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari makanan dan minuman berikut:

  • Soda. Hindari minuman kemasan berkarbonasi karena kandungan gulanya sangat banyak. Anda wajib berhenti konsumsi minuman bersoda.
  • Makanan olahan dari gula. Makanan olahan dari gula biasanya berubah menjadi kue kering, donat, cake, hingga permen.
  • Produk susu olahan. Contohnya adalah es krim, keju, hingga krim roti.
  • Karbohidrat yang diolah menjadi makanan. Misalnya, roti putih, keripik, atau pasta.
  • Makanan dengan kandungan lemak jenuh. Contoh: butter, dressing salad, mayones, dan semua produk roti.
  • Makanan olahan lainnya seperti daging olahan, makanan kemasan, dan jus buah.

Selain menghindari makanan dan minuman di atas, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan berikut:

Sayuran Hijau

Contoh sayuran hijau yang mudah ditemukan adalah bayam, brokoli, bok choy, kol, kale, serta sawi hijau. Sayuran tersebut dapat dipadukan dengan bahan makanan lainnya yang mengandung protein seperti tahu dan ayam. Meski sama-sama sayur, namun sebaiknya Anda menghindari konsumsi sayuran yang diawetkan, misalnya acar atau sayur yang diolah dengan banyak saus, keju, dan mentega.

Kacang-kacangan dan Kacang Kenari

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat yang membantu Anda saat menjalankan diet. Selain itu, kacang-kacangan juga bermanfaat mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah. Sedangkan dengan mengonsumsi kacang kenari, maka efek yang ditimbulkan adalah kadar gula menjadi normal. Kacang kenari juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Telur

Selain murah dan mudah dijangkau, telur ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah bagi penderita diabetes 2. Sensitivitas insuin juga turut meningkat dan bisa meredakan peradangan. Itulah sebabnya telur sering dimanfaatkan penderita penyakit diabetes sebagai makan utama. Anda bisa menyajikannya dengan cara direbus.

Ikan

Beberapa jenis ikan yang aman dan dianjurkan bagi penderita diabetes adalah ikan tout, haring, tuna, sarden, makarel, dan salmon. Beberapa jenis ikan tersebut mengandung lemak polysaturated dan monosaturated yang dipercaya mengendalikan kadar gula dalam darah. 

Gandum Utuh

Penderita diabetes juga membutuhkan asupan serat dengan cara mengonsumsi gandum utuh yang didapatkan dari roti gandum, quinoa, beras cokelat, dan pasta gandum. Makanan tinggi serat akan mempermudah tubuh untuk mencerna sehingg kadar gula dalam darah cenderung stabil. 

Itulah makanan pantangan dan makanan yang dianjurkan bagi penderita penyakit diabetes. Memang betul diabetes tidak bisa disembuhkan, namun dengan memerhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh, Anda masih bisa mengupayakan kehidupan yang sehat dan bugar. Selamat mencoba!

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*