Macam-Macam Hobi bagi Penderita Tuna Daksa

  • September 21, 2020

Tuna daksa adalah kondisi yang terjadi saat seseorang memiliki kelainan dalam pertumbuhan anggota tubuh. Hal ini menyebabkan penderita mengalami cacat fisik, umumnya pada area tulang dan sendi otot, namun memiliki fungsi penginderaan yang masih baik.

Bagi penderita tuna daksa, beberapa kegiatan mungkin tidak bisa dilakukan seperti orang-orang dengan kondisi fisik yang normal. Meski begitu, tetap ada cara bagi Anda untuk bisa menghibur diri dengan melakukan berbagai macam hobi.

Hobi yang bisa dijalani oleh penderita tuna daksa

Ketika Anda mengalami tuna daksa, Anda mungkin merasa sulit melakukan kegiatan yang menghibur. Tapi, jangan sampai kelainan fisik tersebut menghambat Anda untuk melakukan hobi.

Berikut ini beberapa rekomendasi hobi yang bisa dilakukan oleh penderita tuna daksa:

  • Hippotherapy

Hippotherapy merupakan salah satu hobi yang bisa sekaligus menjadi latihan terapi fisik bagi penderita tuna daksa. Kegiatan ini merupakan strategi pengobatan terapi fisik, wicara, dan bahasa yang memanfaatkan gerakan kuda.

Strategi hippotherapy telah lama menjadi strategi rehabilitas terintegrasi yang sampai saat ini masih dikembangkan. Ketika menunggangi kuda, seseorang akan dilatih untuk memiliki postur yang benar dengan memperhatikan berbagai struktur fungsi tubuh. Hal ini bisa menjadi terapi yang baik bila Anda memiliki kelainan fisik pada area tubuh tertentu.

Anda bisa menjalani hippotherapy sekaligus menikmati hobi menunggangi kuda. Ini bisa menjadi hobi baru yang menyehatkan bagi Anda. 

  • Mendaki gunung

Mendaki gunung termasuk salah satu aktivitas yang memicu tubuh Anda untuk berolahraga. Bagi penderita tuna daksa, kegiatan ini juga bisa menjadi hobi baru yang menyehatkan.

Akan tetapi, tidak semua gunung aman untuk ditanjaki oleh penderita tuna daksa. Beberapa tempat wisata gunung menyediakan fasilitas dan peralatan khusus untuk pendaki gunung yang menyandang disabilitas.

Tidak hanya mendaki gunung, Anda juga bisa melakukan hobi memanjat tebing. Pastikan untuk melakukan aktivitas panjat tebing di tempat yang menyediakan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.

  • Scuba diving

Scuba diving merupakan salah satu jenis hobi sekaligus olahraga yang banyak digemari orang. Para penderita tuna daksa pun bisa melakukan kegiatan ini untuk menghibur diri dengan cara yang aman.

Ketika menyelam, tubuh Anda akan menjadi lebih ringan untuk digerakkan. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menumpu beban tubuh akibat adanya kecacatan fisik.

Anda bisa menemukan pilihan tempat-tempat eksotis yang aman dan menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Saat ini, banyak tempat wisata yang sudah menyediakan fasilitas tersebut.

  • Berkebun

Sekilas, berkebun kedengarannya klise, namun aktivitas ini bisa juga menjadi hobi yang aman dan menyehatkan bagi penderita tuna daksa. Anda bisa memanfaatkan lahan untuk menanam berbagai jenis tanaman, baik di luar maupun di dalam ruangan.

Menurut penelitian, berkebun mampu memberikan sensasi rasa puas ketika tanaman berhasil tumbuh dengan baik. Hal ini membantu Anda untuk memperbaiki suasana hati dan kondisi mental yang mungkin terdampak dengan kekurangan pada bagian fisik Anda.

Pilihlah jenis tanaman yang kira-kira dapat tumbuh dengan baik di lingkungan tempat tinggal Anda. Lakukan dengan sabar dan sambil menikmati supaya kegiatan berkebun bisa menjadi hobi yang menghibur.

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dicoba oleh penderita tuna daksa sebagai hobi baru. Bila Anda tidak yakin kegiatan apa yang cocok dengan Anda, cobalah semua jenis kegiatan sampai Anda menemukan yang benar-benar Anda sukai.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*