Lakukan Rapid Swab Antigen, Perhatikan Hal Ini

  • Juli 16, 2021

Pandemi Covid 19 belumlah usai. Bahkan saat ini, Indonesia disebut-sebut tengah memasuki gelombang kedua yang lebih signifikan, yang terpantau dari terus naiknya kasus positif harian terkait infeksi virus corona baru ini. Dalam datang Kementerian Kesehatan, per 3 Juli 2021 kemarin, kasus positif harian di nusantara kembali mencapai rekor di angka 27.913 kasus positif. 

Jumlah kasus positif yang terus meningkat, salah satunya karena diimbangi tes yang makin marak. Selain PCR, saat ini masyarakat pun tengah “menggandrungi” rapid swab antigen untuk mengecek ada tidaknya infeksi virus corona baru dalam tubuh mereka. 

Tes swab antigen dinilai memiliki keakuratan yang cukup baik dan bisa dijadikan sebagai alternatif selain swab PCR untuk melihat status ada tidaknya Covid 19 dalam tubuh seseorang. Pasalnya, tes ini dapat mendeteksi protein spesifik dari virus corona SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab Covid-19. Namun sebelum melakukan tes rapid swab antigen, perhatikan hal-hal berikut ini, ya.

Jangan Lakukan Sendiri 

Saat ini penjual yang mendagangkan alat tes rapid swab antigen sudah bertebaran di mana-mana. Anda mungkin tertarik untuk membelinya dan melakukan tes sendiri di rumah. Bagaimanapun, hanya dengan membeli alat, harga yang harus Anda bayarkan menjadi lebih murah. Namun, jangan sekali-sekali berpikir demikian. Melakukan tes rapid swab antigen dengan memasukkan alat usap ke lubang hidung sendiri sangat tidak dsarankan. Melakukan tes sendiri seperti itu bukan hanya bisa berpengaruh kepada hasil alat tes. Efek sampingnya adalah risiko iritasi dan peradangan pada saluran napas Anda bisa terjadi. 

Lakukan di Tempat Terpercaya 

Sekarang sudah banyak lokasi yang menyediakan layanan tes rapid swab antigen, mulai dari klinik, rumah sakit, bahkan toko-toko yang terlihat di pinggir jalan pun banyak yang menawarkan jenis tes ini. Namun, bijaklah dalam memilih lokasi untuk melakukan rapid swab antigen. Melakukan tes di klinik resmi, laboratorium, juga rumah sakit lebih dianjurkan. Di tempat-tempat terpercaya tersebut, tes dilakukan oleh tenaga profesional. Di samping, higienitas alat tes pun lebih bisa dipercaya. Anda tidak mau bukan mengalami kasus alat tes swab antigen bekas seperti yang ramai beberapa waktu lalu? 

Waktu Tepat Lakukan Tes 

Tes rapid swab antigen dinilai lebih cepat mendeteksi ada tidaknya virus corona baru dalam tubuh Anda karena tes ini melihat protein spesifik dari virus tersebut. Anda bisa melakukan tes rapid swab antigen kapan saja apabila menemukan gejala yang mengarah pada infeksi Covid 19. Namun waktu yang paling tepat melakukan tes ini di luar gejala adalah 3—4 hari setelah Anda berkontak cukup erat dengan seseorang yang diketahui positif Covid 19. 

Mendeteksi Fase Akut 

Status negatif pada hasil rapid swab antigen bukan menunjukkan sudah tidak adanya virus corona baru di tubuh Anda. Alat ini hanya mendeteksi fase akut virus. Jadi, jika virus di tubuh Anda sudah mati atau sangat lemah sehingga infeksinya menjadi sangat minim dan tidak bisa mampu menularkan kepada yang lain, hasil dari rapid swab antigen biasanya negatif.

Konfirmasi dengan Swab PCR 

Tes rapid swab antigen punya spesifitas yang sangat baik di kisaran 90 persen. Hanya saja, sensitivitas alat tes ini justru hanya berkisar 50 persen. Jadi, ada kemungkinan ketika hasil tes menunjukkan negatif atau positif, kondisi yang sebenarnya terjadi pada diri Anda adalah yang sbealiknya. Karena itu, penting untuk tetap melakukan tes swab PCR untuk hasil yang lebih akurat. 

Batasan Harga Maksimal 

Saat ini sudah banyak tempat yang menjajakan tes rapid swab antigen dengan harga terjangkau. Namun di tempat-tempat terpercaya sekalipun, masih ditemukan harga swab antigen yang terbilang tinggi. Untuk urusan biaya ini, pemerintah sendiri telah menetapkan harga maksimal untuk tes rapid swab antigen adalah Rp250 ribu di Pulau Jawa dan Rp275 ribu di luar Pulau Jawa. Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran No HK.02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan per tanggal 18 Desember 2020. 

*** 

Memahami langkah dan cara tes rapid swab antigen bisa sangat menentukan status kondisi Anda terkait infeksi virus corona baru. Jangan sampai terbuang dengan harga terlalu murah ataupun ikut teman, karena rapid swab antigen yang terbaik adalah tes yang dilakukan tepat waktu oleh tenaga profesional yang tepat pula. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*